Skip to content

Macam- Macam Pilihan Rantai SSS

Bagi Anda yang termasuk pembalap atau setidaknya penyuka motor sport pasti sudah tidak sing lagi dengan rantai SSS. Ya, rantai SSS merupakan produk yang telah digunakan oleh banyak pembalap. Bahkan ada banyak macam pilihan rantai SSS, loh.

Sebab, performanya sudah tidak diragukan lagi untuk mendukung performa dilintasan. Namun, apakah rantai ini hanya digunakan untuk motor sport? Oh, tentu saja tidak. Produk rantai ini juga bisa loh digunakan untuk motor sehari- hari.

Banyak pilihan rantai SSS yang ada diapsaran. Sehingga dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan juga harganya. Jadi, jangan khawatir ya sebab rantai ini bunyak banyak pilihan untuk motor yang digunakan sehari- hari.

Pilihan Rantai SSS

Rantai SSS merupakan gir set tanpa tanding di Indonesia sekarang. Dimana merk ini digunakan dari semua jenis balap motor Indonesia yang motornya pakai gir dan rantai. Apalagi saat ini banyak pilihan rantai SSS dan juga banyak harganya.

Baca Juga: 4 Penyebab Pecah Ban Mobil Saat Berkendara: Yuk Lebih Waspada!

Selain itu, produk SSS memang sudah terbukti kualitasnya, di ajang balap pun rantai dan gir SSS sudah tidak asing lagi, karena sebagian besar menggunakan produk dari SSS.

Namun, produk rantai dari SSS memiliki berbagai macam tipe, mulai dari yang standar sampai yang paling mahal atau bahkan paling sesuai untuk motor balap atau motor yang digunakan sehari- hari.

Wah, mari baca artikel berikut sampai selesai. Kita bahas secara tuntas mengenai macam- macam pilihan rantai SSS. Mengingat banyak sekali tipe yang disediakan dari pilihan rantai SSS ini.

Rantai SSS Standar (STD)

Pilihan rantai SSS yang pertama bernama rantai SSS standar (STD). Rantai standard merupakan seri dasar dari SSS, dengan harga yang terjangkau. Anda dapat membelinya juga melalui E- commerce dengan harga sekitar Rp 70- 100 ribuan saja.

Tipe standar, merupakan rantai SSS yang termurah. Di Bukalapak harganya mulai Rp73 ribu. Soal kelebihan, produk ini paling ringan dibanding rantai SSS lain. Kualitasnya bisa disetarakan dengan rantai-rantai original versi pabrikan motor, tapi punya harga yang lebih murah.

Dimana rantai ini memiliki kwalitas yang tidak kalah dengan OEM, seri ini sangat cocok untuk penggantian dan penggunaan sehari-hari. Sedangkan untuk pilihan warnanya cuma satu, persis warna besi dan agak gelap.

Pilihan Rantai SSS
Pilihan Rantai SSS (Sumber Gambar: Google)

Rantai SSS Solid Bush (SB)

Pilihan rantai SSS yang selanjutnya adalah rantai SSS Solid Bush (SB). Solid bush disini memiliki arti sebagai bushing rantai terbuat dari pelat besi utuh yang dapat meningkatkan performa agar tidak mudah molor.

Di samping itu, rantai SSS SB juga menggunakan konstruksi sealess bushing yang mencegah keausan lebih cepat. Produk yang dikembangkan tetap mengutamakan durability. Teknologinya Solid Bushing yang digunakan pada seri SB.

Tetap tangguh dan tentu saja murah dari tiga tingkatan yang di atas. Kuat terhadap keausan karena konstruksi seamless bushing. Alhasil, rantai jenis ini jauh lebih kuat dan tahan lama jika dibanding yang standar.

Cocok untuk dipakai motor offroad sekalipun. Kelebihan lain adalah warna rantai SSS SB lebih mengilap dengan balutan kelir emas, menjadikan tampilannya mewah. Harga dari produk yang satu ini adalah sekitar Rp160 ribuan.

Rantai SSS HSB

Rekomendasi rantai SSS yang selnajutnya adalah tipe HSB. Pilihan rantai SSS ini bandrol dengan harga yanh lebih mahal lagi, dimana harganya sekitar Rp 200 ribuan dipasaran. Namun, dengan harga tersebut tentu untuk kualitas tidak usah diragukan lagi.

Nama HSB artinya selain mendapat teknologi solid bush, juga memiliki fitur heavy duty yang punya pelat dinding lebih tebal. Cocok dipakai untuk motor-motor jenis sport sekalipun. Rantai ini sangat digemeri di drag bike dan para pengebut jalanan.

Sebaba HSB mmeiliki warna-warninya yang menggoda. Ukurannya yang tipis 415 adalah spesial. Kecil-kecil tapi kuat dan tahan lama menyalurkan tenaga motor yang sudah pada dikorek. Fokus HSB untuk penggunaan rantai yang membutuhkan kekuatan ekstra (heavy duty) dari penggunaan biasa.

Itu tadi, motor-motor yang sudah dikorek dari standarnya yang memakai. Konstruksi pelat rantai yang lebih tebal. Selain itu rantai ini juga memiliki pilihan ukuran. Dimana ukuran rantai tersedia 415 dan 428.

Dimana untuk ukran 415 memiliki banyak pilihan warna. Yaitu ada merah, biru, hijau, kuning, oranye, ungu dan kombinasi merah muda – putih.

Pilihan Rantai SSS
Pilihan Rantai SSS (Sumber Gambar: Google)

Rantai SSS HSBT

Pilihan rantai SSS yang selanjutnya adalah HSBT. Dapat dikatakan jika rantai ini snagat cocok untuk motor balap. Jadi apabila Anda mencari rantai untuk motor balap dan berperforma tinggi, SSS HSBT bisa jadi pilihan.

Rantai yang satu ini tentu sudah mengaplikasikan teknologi heavy duty dan solid bush, juga memiliki special grease. Fitur terakhir tersebut merupakan gemuk spesial bawaan yang mampu memaksimalkan pelumasan rantai.

Jadi, rantai ini sudah bersama pelumas jenis gemuk atau grease khusus. Pelumasnya tahan lama dan tetap satu kesatuan dengan rantai. Soal daya tahan, jangan ditanya lagi ya. Sebab rantai ini tergolong sangat kuat. Ada beberapa ukuran untuk rantai ini, yaitu 415, 428 dan 520.

Warna yang tesedia gold dan silver untuk ukuran 415 saja. Untuk ukuran 415 atau rantai paling kecil, mampu menyalurkan tenaga 40 dk milik sport 250 spek balap. Ya, rantai yang sangat ringan namun ampuh. Rantai yang satu ini dibandrol dnegan harga sekutar Rp 220 ribuan.

Pilihan Rantai SSS
Pilihan Rantai SSS (Sumber Gambar: Google)

Rantai SSS RO

Yang terakhir dari pilihan rantai SSS adalah RO. Dapat dikatakan bahwa rantai ini adalah pilihan rantai SSS yang paling mahal. Dimana rantai yang satu ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 425 ribuan.

Tentu saja hal ini akan sebanding dengan kulitas yang ditawarkan. Dimana rantai SSS RO punya kelebihan menggunakan seal O-ring. Pelindung ini terletak di antara pelat rantai, berfungsi sebagai karet pemisah yang menjaga pelat agar tidak saling bergesekan.

Baca Juga: Motor Karburator Terbaru di Indonesia: Yuk Simak Rekomendasi Terbaik!

Seal tersebut juga mampu menyimpan pelumas di dalamnya, sehingga bagian dalam rantai tidak mudah kering. Alhasil rantai ini jadi tahan lama meski dipakai bekerja keras. Rantai SSS RO pun cocok digunakan untuk motor touring yang diajak berkendara jarak jauh.

Itulah pilihan rantai SSS, Jenis mana yang telah Anda gunakan untuk motor Anda? Nah mulai sekarang jangan sampai salah pilih dalam membeli rantai SSS, cermati tipe rantai yang dibutuhkan.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *