Lexus RX270! Produk Lexus Termurah!

Lexus RX 270
Lexus RX 270

Memiliki mobil apalagi sekelas Lexus RX270 adalah impian sebagian orang karena untuk memilikinya memang membutuhkan budget yang luar biasa.

Lexus RX270 adalah SUV terlaris dari produsen yang masih di bawah bendera Toyota Motor Corporation ini.

Harga fantastis, Desain futuristik, dan spesifikasi dapur pacu yang gahar sudah menjadi ciri khas dari produk Lexus.

Mungkin anda tidak terlalu akrab dengan brand Lexus RX, dibandingkan dengan Toyota Harrier.

Padahal, Lexus RX dan Toyota Harrier adalah sama saja. Walau Lexus RX muncul lebih dahulu di Negeri Sakura, namun pada kenyataannya Toyota Harrier lebih disukai di Tanah Air.

Detail Lexus RX270

Dan yang akan ditampilkan di sini adalah Lexus RX270, yang merupakan varian ‘entry level’, dan tingkatannya di bawah Lexus RX350.

Namun, menurut catatan Toyota Astra Motor – Lexus Indonesia, Agen Pemegang Merek Lexus, Lexus RX270 sudah dipesan sebanyak 120 unit sebelum diluncurkan.

Walau kelengkapan fiturnya tak selengkap RX350, namun RX270 tak bisa dipandang sebelah mata. Di bagian interior, jok yang terbungkus kulit berkualitas dan sebuah sunroof akan menyambut lima penumpangnya.

Selain itu, monitor di dashboard memberikan informasi pengendaraan yang akurat, lengkap dengan sistem navigasi yang juga akurat. Bahkan, hingga jalan yang tak bisa dilalui pun bisa ditampilkan di layar navigasi.

Selain itu, hadir pula ‘cruise control’ yang mudah dioperasikan, serta AC ‘dual zone’. Desain dashboard-nya tak berbeda dengan Lexus RX350, bahkan panel kayu yang menambah kesan mewah tetap dihadirkan di sini.

Lingkar kemudi dilengkapi tombol-tombol yang mempermudah pengoperasian audio dan telepon genggam.

Desainer Lexus membangun bentuk Lexus RX270 ini berdasarkan filosofi ‘L-finese’, sebuah filosofi desain yang mengutamakan eleganitas (intriguing elegance), kesederhanaan, dan kerapihan.

Lampu depan yang menyipit telah dilengkapi teknologi adaptive yang pancaran cahayanya bisa menyesuaikan dengan sudut kemudi.

Bentuk lampu depan itu dipadu dengan fender yang menggelembung, serta desain bumper yang melancip ke depan, sehingga mampu memberikan kesan futuristik. Inilah SUV yang paling ‘manis’ jika dilihat dari luar.

Di bagian buritan, tampak susunan lampu yang juga khas Lexus, dengan penutup lampu transparan. Terdapat deretan lampu LED yang mengeluarkan pendar cahaya sesuai peruntukkannya.

Spoiler belakang selain berfungsi sebagai peranti aerodinamika, juga berfungsi menyembunyikan wiper dan antena, memberikan kesan yang bersih dan rapi.

Lexus RX270 dibekali dengan SmartAcces, atau biasa dikenal dengan ‘keyless entry system’, di mana pengunci pintu bisa terbuka tanpa perlu menekan tombol pada remote ataupun memutar kunci.

Tekan tombol ‘start/stop’, maka mesin 2,7 liter empat silinder ini akan menderu halus. Inilah salah satu perbedaan dengan versi RX350, di mana RX350 mengaplikasi mesin V6 3,5 liter.

Dapur Pacu Lexus RX270

Mesin yang digunakan oleh Lexus RX270 adalah mesin empat silinder berkapasitas 2.652 cc berkode 1AR-FE.

Dapur pacu tersebut memuntahkan daya maksimum 185 PS pada putaran 5.800 rpm dengan torsi maksimum 252 Nm pada 4.200 rpm.

Lexus seolah membuat mobil ini untuk tidak mengeluarkan suara apapun selain audio.

Bahkan, kaca jendela akan mengurangi kecepatan naiknya menjelang jendela tertutup, demi keselamatan dan mengurangi bunyi. Namun, saat mobil berjalan, suara ban tetap mengintrusi kabin.

Bidang pandang cukup luas mengingat ukuran kaca depan yang luas dan juga pengaturan kursi yang fleksibel, namun tetap saja mobil terasa lebar, yakni berdimensi 4.770 x 1.885 x 1.720 mm.

Selain itu, suspensi MacPherson di depan dan ‘multi link’ di belakang akan turut menjaga kestabilan serta kenyamanan bagi pengendara dan penumpangnya.

Ditambah dengan VDIM (Vehicle Dynamics Integrated Management). Sesuai namanya, fitur ini mengatur dinamika kendaraan, sehingga mobil bisa lebih mudah dikendalikan.

Cara kerjanya adalah sensor akan menghitung berbagai hal, mulai dari putaran roda, tekanan rem, dan pergerakan bodi mobil.

Setelah itu, VDIM akan menyesuaikan ABS, EBD, vehicle stability control (VSC), kontrol traksi, hingga ‘power steering’, untuk segera menyesuaikan dengan keadaan.

Alhasil, selain pengereman lebih responsif, pengendalian jadi lebih akurat untuk sebuah SUV yang tinggi.

Harga Lexus RX270

Harga Lexus RX270 di Indonesia saat ini berada di kisaran hampir Rp 1 M atau tepatnya Rp 930 juta.

Hingga kini versi terbarunya mobil ini masih identik dengan kemewahan baik ditilik dari segi harga maupun fitur-fitur yang diusung olehnya.

Lexus RX270 sendiri dirilis setahun lalu oleh pihak pabrikan bersamaan dengan beberapa mobil Lexus terbaru lainnya.

Dan sampai saat ini Lexus RX270 adalah satu-satunya SUV buatan Lexus yang menggunakan sistem penggerak roda depan, sebab RX350 dan RX450H masing-masing mengadopsi sistem penggerak empat roda (AWD).

Transmisi yang digunakan oleh Lexus RX270 juga berbeda dengan transmisi milik sang kakak RX350 meski rasionya disetting sama.

Transmisi pada Lexus RX270 adalah transmisi U760E yang belum dilengkapi dengan direct downshift control seperti milik RX350.

Sebagai SUV mewah tentu faktor kenyamanan merupakan salah satu syarat yang tak bisa ditawar, dan Lexus sangat menyadari hal tersebut. Karenanya bantingan suspensi SUV mewah ini terasa sangat lembut.

Menariknya tak seperti mobil lain dengan bantingan lembut yang umumnya mengalami banyak gejala body roll ternyata kondisi ini tak ditemukan pada Lexus RX270.

Dan berbeda dengan umumnya mobil mewah yang lebih memberi prioritas pada kenyamanan penumpang dan acapkali melupakan preferensi pengemudi.

Lexus berusaha keras untuk mengakomodir keduanya. Salah satu bukti adalah handling yang masih mampu menyumbangkan fun to drive bagi pengemudi tanpa mengurangi kenyamanan penumpang di dalamnya.

Bicara soal handling, meski menggunakan sistem penggerak roda depan namun suspensi yang digunakan sama persis seperti yang dipakai juga oleh RX350.

Namun bagaimanapun bobotnya yang mencapai 1.950 kg atau nyaris 2 ton tetap tak bisa ditutupi, pada kecepatan tinggi gejala body roll masih tetap terasa dan itu sebenarnya merupakan kondisi wajar untuk sebuah SUV.

Sebagai mobil keluarga performa mesinnya cukup baik, bahkan saat dimuati penumpang penuh sekalipun.

Namun jika itu masih dirasa belum cukup maka boleh dipertimbangkan RX350F Sport yang mengusung dapur pacu enam silinder.

Sekali lagi sebagai mobil keluarga, lebih-lebih dengan memperhatikan kondisi lalu lintas di Indonesia rasanya performa Lexus RX270 sudah lebih dari cukup bagi sebagian besar orang.

Fitur Interior Lexus RX270

Bagian interior Lexus RX270 pun banyak mengalami ubahan jika dibanding pendahulunya, lingkar kemudi tiga jari yang digunakan oleh versi facelift ini tampak lebih menarik dan serasi dengan bagian kabin lainnya.

Soal fitur serta detil rasanya tak perlu dibahas karena apa yang ditampilkan pada website resmi Lexus sudah lebih dari cukup untuk menjelaskan segala kemewahan yang ada di dalamnya.

Antara lain adalah EMV, HID, perangkat audio premium dengan 12 speaker, power tilt & telescopic steering coloumn with memory dan masih ada segudang fitur serta teknologi lainnya.

Soal akomodasi tak perlu ditanyakan lagi, kabinnya sangat lapang dan masih disempurnakan lagi dengan pintu belakang yang bisa dibuka dengan lebar sehingga akses keluar maupun masuk bisa dilakukan lebih mudah.

Soal kelegaan kabin, Lexus RX270 adalah salah satu yang paling luas di kelasnya.

Untuk performa Lexus RX270 tentunya masih unggul SUV mewah lainnya seperti BMW X3 yang performanya lebih baik meski kabinnya tak selega Lexus.

Baca Juga : “Desain Baru Mobil Lexus RX 2019! Tawarkan Fasilitas Super Mewah!

Bagi Anda yang benar-benar ingin tampil beda rasa-rasanya Lexus RX270 merupakan pilihan yang lebih tepat.

Demikian tadi ulasan tentang Lexus RX270 yang dapat dipaparkan untuk anda, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda. Sekian & Terimakasih. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.