Laptop Chromebook: Ketahui Kelebihan & Kekurangannya Yuk!

Laptop chromebook pada dasarnya hampir sama dengan laptop pada umumnya. Namun, ada beberapa fungsi yang tidak ada di laptop chromebook. Nah, hal ini sangat penting diketahui sebelum Anda memutuskan untuk membeli laptop jenis ini.

Okay. Sebelum kita membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari laptop yang satu ini, ada baiknya jika kita bahas mengenai apa itu Crome book. Jadi, Chromebook merupakan jenis komputer baru yang dirancang untuk membantu penggunanya menyelesaikan berbagai hal dengan cepat dan mudah.

Chromebook menjalankan sistem operasi yang disebut Chrome OS, yang mirip dengan Windows atau Mac OS X, tapi berdasarkan platform Linux.

Untuk semua maksud dan tujuan, Chromebook terlihat seperti laptop tradisional. Chromebook lebih cepat, aman dan mendukung banyak pengguna. Kebanyakan Chromebook memiliki layar 11.6 inci, namun versi layar 13 dan 14 inch juga tersedia pada Chromebook.

Perlu diketahui untuk Chromebook ditujukan untuk penggunaan normal, seperti bekerja, belajar, dan hiburan. Oleh karenanya, spesifikasi minimum laptop yang menjalankan Chrome OS pun terbilang sangat rendah.

Jadi bagi Anda yang memang sering menghabiskan waktunya di browser Chrome dan selalu terhubung ke jaringan internet, laptop ini sangat cocok dijadikan pilihan. Selain itu, laptop ini juga cocok untuk Anak-anak bermain game-game ringan dan sesuai usianya yang telah disediakan Google di Chrome OS.

Kelebihan Laptop Chromebook

Ada beberapa kelebihan Chromebook yang dapat dijadikan pertimbangan. Dimana kelebihan ini tentu dapat memasimalkan tugas Anda yang dikerjakan menggunakan laptop. Apa saja kelebihan dari laptop jenis ini?

Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Kemudahan Pengoperasian

Kelebihan yang pertama dari laptop Chromebook adalah kemudahannya dalam mengoperasikannya. Laptop jenis ini memiliki tampilan antarmuka yang sederhana. Sehingga, pengguna pemula tidak akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikannya.

Dan bagi Anda yang sudah terbiasa dengan tampilan maupun aplikasi berbasis Crome, maka hanya membutuhkan sedikit penyesuaian karena tampilan antarmuka dan pengoperasiannya tak jauh berbeda.
Jadi, untuk mengoperasikan Chrome OS, tidak diperlukan spesifikasi teknis yang tinggi. Beberapa orang bahkan memanfaatkan sistem operasi itu untuk menghidupkan kembali laptop-laptop lawas.

Chromebook pun demikian dimana umumnya mempunyai spesifikasi yang biasa saja.

Baca Juga: Mengetahui Fungsi Water Jacket & Penyebab Kerusakannya

Memiliki Aplikasi Android

Kelebihan dari Laptop Chromebook yang selanjutnya adalah aplikasi- aplikasi Android yang sudah terpasang. Ya, seperti yang diketahui bahwa Google merupakan pengembang Chrome OS merupakan pendukung native untuk melakukan hal tersebut.

Untuk Pemasang aplikasi Android di Chromebook pun sangat mudah karena Google telah memasukkan layanan Play Store ke dalamnya. Sehingga, akan beragam juga aplikasi yang tersedia. Jadi, Anda hanya tinggal memilih layanan mana yang sering kamu gunakan.

Laptop Chromebook
Laptop Chromebook (Sumber Gambar: Google)

Akan tetapi, tidak semua aplikasi Android di Chrome OS telah dioptimalkan untuk berjalan di layar yang lebih besar. Mungkin saja, ada beberapa masalah tentang skala layar ketika menjalankan aplikasi Android di laptop.

Menawarkan Kinerja Yang Lebih Cepat

Kelebihan selanjutnya dari Laptop Chromebook adalah kemampuan kinerjanya. Ya, tidak perlu takut mengenai kemampuan yang satu ini, Chromebook justru termasuk tipe laptop yang menawarkan kinerja lebih cepat. Kenapa bisa begitu?

Hal ini karena Chrome OS memang tergolong cukup ringan dibanding Windows maupun MacOS. Jika sumber daya komputer pada umumnya harus menangani sangat banyak proses, untuk Chromebook hanya mengerjakan tugas dari aplikasi Chrome dan pengoperasian web. Tentu kinerjanya bisa lebih cepat karena proses pun minimal.

Harga Yang Lebih Murah

Wah, tentu harga yang lebih murah menjadi kelebihan yang merak. Ya, mengingat belakangan ini harga laptop semakin tinggi. Anda dapat membeli Chromebook premium dengan harga di atas Rp 5 jutaan dengan spesifikasi lebih tinggi, desain terbaik, bodi yang tipis, dan kinerja yang lebih cepat.

Sementara untuk laptop Windows, biasanya akan mengeluarkan uang sekitar sekitar Rp 4 juta – 5 jutaan untuk mendapatkan laptop terbaru. Ya, tentu saja spesifikasinya cenderung biasa saja untuk penggunaan yang normal.

Laptop Chromebook
Laptop Chromebook (Sumber Gambar: Google)

Kekurangan Laptop Chromebook

Laptop Chromebook tetaplah memiliki sisi kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan juga sebelum membelinya. Apa saja kekurangan dari laptop yang satu ini? Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk kekurangan dari laptop Chromebook.

Harus Terkoneksi Internet

Yups, kekurangan laptop Chromebook yang pertama adalah harusnya ada koneksi internet. Ya, tenu hal ini akan merepotkan bagi yang mengalami kesulitan internet. Apabila pengguna tidak terhubung ke internet atau jaringannya lambat, berarti banyak aplikasi yang tidak akan berfungsi.

Hal ini termasuk layanan Google yang butuh akses ke internet. Belum lagi, kalau pengguna menyimpan data-data pentingnya di Google Drive. Otomatis, untuk mengakses data tersebut, mereka harus terus terkoneksi internet.

Laptop Chromebook
Laptop Chromebook (Sumber Gambar: Google)

Penyimpanan Terbatas

Kekurangan selanjutnya adalah kemampuan menyimpannya yang terbatas. Penyimpanan Chromebook umumnya juga sangat terbatas sehingga kamu yang memerlukan ruang lebih luas dapat memanfaatkan layanan cloud seperti Google Drive atau menambahkan kartu memori eksternal.

Karena kemampuan menyimpannya yang kecil, maka tidak disarankan untuk Bermain game dengan Chromebook. Spesifikasinya yang cukup rendah, laptop jenis ini bakal kesulitan untuk menangani game-game berat meski hanya versi seluler.

Kompabilitas Terbatas

Kekurangan dari laptop jenis ini adalah kompabilitas yang terbatas. Jadi untuk aplikasi komputer yang biasa berjalan di Windows maupun MacOS mungkin akan sulit ditemukan.

Chromebook juga tidak mengizinkan memasang aplikasi dari pihak ketiga untuk membuat ekosistemnya lebih aman dan nyaman ketika digunakan. Semua aplikasi web maupun Android di Chromebook akan terdistribusi melalui saluran resmi milik Google, termasuk Chrome Web Store maupun Play Store di dalamnya.

Baca Juga: Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci? Ini Penyebabnya

Meskipun begitu, kita tetap bisa mencari alternatif lain misalnya menggunakan versi Android dari aplikasi terkait. Beberapa platform ternama kabar baiknya sudah membawa produk mereka ke versi seluler meskipun fitur-fiturnya lebih terbatas.

Ya, itulah kelebihan dan kekurangan laptop chromebook yang dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum memutuskan untuk membelinya. Ya, bagi Anda yang memang pekrjaannya dapat di dukungan oleh chromebook, tidak ada salahnya mencoba laptop jenis ini. Mengingat harganya yang lebih murah. Bukankah menjadi keuntungan tersendiri?

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.