Lantai Carport Batu Alam! Sederhana tapi Eksentrik!

Lantai Carport Batu Alam
Desain Lantai Carport Batu Alam

Perencanaan membuat lantai carport batu alam sangat diperlukan bagi anda yang menginginkan lantai carport nya lebih eksentrik.

Banyak pemilik rumah membutuhkan garasi atau carport tetapi tidak semua memiliki lahan yang cukup untuk mewujudkannya. Akibatnya ruang garasi pun berpindah ke halaman depan.

Dengan memberi kesan pada lantai carport dan menambahkan teduhan secukupnya, terciptalah fasilitas dengan fungsi yang lebih kurang mirip garasi (carport) tetapi tidak harus menyediakan lahan khusus.

Lantai Carport Batu Alam

Fasilitas ini biasa dikenal dengan sebutan “Lantai Carport” meski sebutan carport sudah cukup familiar biasanya dengan menggunakan batu alam koral sikat atau berpaduan granit dengan batu koral sikat.

Tidak sedikit yang lebih mengenal sebutan kanopi untuk atap atasnya, pergola serta berbagai sebutan lainnya meski sesungguhnya yang dimaksudkan adalah lantai carport.

Lantai carport adalah bagian penting yang harus anda perhatikan pada waktu membuat bangunan carport. Selain konsep lantai, sesuatu yang sangat utama adalah bahan yang dipakai untuk lantai carport.

Ada beberapa macam bahan yang dipakai dalam membuat lantai carport mulai dari beton cetak hingga keramik. Namun tiap-tiap material mempunyai kesan serta keunggulan kualitas yang tidak sama.

Jika Anda ingin menggunakan bahan untuk penutup lantai carport, pastikan atasnya bertekstur tidak halus (kasar), sehingga tidak licin saat terkena air.

Selain itu, pilih material yang mempunyai daya tahan yang kuat karena berfungsi menahan beban kendaraan (mobil) yang berat.

Selanjutnya, anda harus perhatikan adalah dari segi perawatannya. Pilih yang perawatannya yang mudah dan tidak mudah kotor seperti lantai carport batu alam.

Bila warna batu alam sudah mulai kusam anda bisa mengcoatingnya lagi maka corak warna batu alam akan lebih tajam dan mengkilat.

Carport sering diartikan sebagai garasi sementara. Mengupas pada asal katanya dalam bahasa inggris, carport dapat diartikan sebagai sebuah ruang tempat memarkir mobil.

Pada prinsipnya, beberapa pengertian tersebut mengacu pada pengertian lantai carport batu alam sebagai pilihan untuk memperindah tempat garasi yang berfungsi untuk menyimpan kendaraan.

Mobil bukanlah kuda yang membutuhkan kandang, sehingga tidak membutuhkan tempat perlindungan yang rumit. Sehingga adanya lantai carport sudah lebih dari cukup memberi perlindungan pada mobil.

Beberapa pengguna membutuhkan carport sebagai tempat parkir sementara sebelum mobil dimasukkan ke garasi pada malam hari jadi batu alam koral sikat sangat cocok untuk pilihan lantainya.

Untuk perpaduan lantai carport batu alam bisa mengkombinasikan koral sikat dengan batu alam lainnya misalnya batu andesit, batu kali, batu marmer atau batu lempengan acak.

Faktor biaya juga menjadi pertimbangan lain untuk memutuskan dalam memilih desain lantai carport batu alam mulai dari atapnya hingga lantainya.

Kontruksi carport bisa dibuat lebih sederhana daripada garasi, biaya pembuatannya dapat ditekan seminimal mungkin semuanya tergantung anda.

Seiring perkembangan dikota dengan keterbatasan lahan seperti halnya rumah minimalis dengan keterbatasan lahan, keberadaan carport semakin populer.

Apakah Fungsi Dari Lantai Carport Batu Alam?

Lantai Carport Batu Alam
Lantai Carport Batu Alam

Meski diakui jika dibandingkan dengan garasi fungsi carport memberikan perlindungan yang lebih terbatas karena desain ruangnya yang terbuka.

Ruang yang tengah terbuka tersebut dimaksudkan agar dapat memberikan sirkulasi udara yang lebih cukup.

Jika ada kerusakan mobil lantai carport batu alam juga dapat dipakai sebagai alternative space yang dapat dipakai sebagai tempat bengkel darurat.

Ada pula fungsi lainnya dari carport adalah dapat menahan panas matahari agar tidak langsung memasuki rumah.

Seperti teras, teduhan yang menghasilkan atap carport bisa berfungsi sebagai ruang antara yang dapat digunakan untuk menurunkan suhu udara luar sebelum memasuki rumah.

Beberapa fungsi tambahan dari carport sebagai ruang bermain anak jadi usahakan jangan sampai lantai carport kondisi licin karena ini akan sangat berbahaya bagi si kecil.

Jadi pilihan yang tepat adalah menggunakan lantai carport batu alam sebagai pilihan untuk lantai carport, garasi, teras atau halaman rumah anda.

Namun carport juga sebagai tempat pertemuan seperti arisan, pertemuan keluarga, atau kegiatan lainnya.

Meski bersifat insidental fungsi-fungsi tambahan ini harus diperhitungkan ketika merencanakan pembuatan carport, sehingga keberadaan carport nantinya dapat bermanfaat untuk kegiatan lainnya.

Elemen Penyusun Carport

Jika selama ini ada anggapan bahwa carport tidak dibatasi dinding karena fasilitas ini merupakan garasi darurat, pada kenyataannya tidaklah demikian.

Sejak adanya carport memang tidak hanya diperuntukkan sebuah bangunan yang ruangnya tertutup.

Berbeda dengan arti sebuah garasi yang diartikan sebagai bangunan tambahan untuk menyimpan kendaraan roda empat. Namun arti dari carport tidak mengacu pada bangunan yang cenderung tertutup.

Batasan ruang carport bisa dipahami dengan mengenali elemen penyusun ruangnya. Secara garis besar, ruang carport terbentuk atas tiga elemen utama yaitu lantai carport, penyangga dan atap.

Elemen lantai carport ini menerima beban yang cukup besar berat dari mobil jadi anda harus teliti dalam membuatnya jangan asal-asalan.

Pondasi atau cor harus benar-benar kuat, namun jika anda berniat memasang lantai carport batu alam dengan perpaduan batu granit atau andesit untuk kekuatannya bisa direkomendasikan.

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, fungsi lain dari lantai carport ini juga biasanya terdapat aktifitas lainnya misalnya membersihkan dan mencuci mobil. Bahkan kadang servis ringan kendaraan juga di lakukan pada ruang carport.

Selain elemen lantai dan atap yang merupakan elemen utama, terdapat pula elemen penyangga yang berfungsi secara struktural. Elemen ini biasanya berupa dinsing atau tiang.

Seiring perkembangan teknologi dalam pengetahuan struktur dan dunia konstruksi, elemen penyangga ini tidak selalu berupa dinsing atau tiang.

Lebih jauhnya mengenai struktur atap carport yang bisa dipakai adalah temperad atau galvalum sebagai pilihan.

Meskipun tersusun dari tiga elemen utama (atap, penyangga dan lantai carport) namun bentuk carport lebih banyak ditentukan oleh elemen atapnya.

Bentuk atap carport memberi bentuk dari tampilan carport secara keseluruhan karena ukuran dan letaknya yang lebih dominan terlihat dari elemen lainnya.

Bisa dikatakan bahwa atap merupakan elemen utama pembentuk sebuah carport yang mendominasi dari tampilan sebuah carport.

Jadi tidak heran apabila keindahan dan keserasian sebuah tampilan carport sebagian besar ditentukan oleh keindahan atapnya dan lantainya.

Untuk itu eksplorasi dan inovasi pada tampilan atap serta lantai carport terus dilakukan.

Keindahan carport mencerminkan keindahan tampilan sebuah rumah karena letaknya di depan atau disamping rumah. Keindahan tersebut dapat dicapai karena peran dari atap dan lantai carport.

“Baca Juga : Tips Memilih Material Lantai Garasi Mobil Yang Tepat & Pas!

Keserasian merupakan aspek satu kesatuan desain dengan rumah induk untuk itu memilih atap dan lantai carport batu alam akan menghadirkan carport yang unik dan cantik.

Semoga artikel diatas dapat menjadi solusi bagi anda yang saat ini sedang membutuhkan desain lantai carport batu alam untuk rumah minimalis anda. Sekian & Terimakasih. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.