Skip to content

Langkah- Langkah Mudah Membersihkan Karburator

Langkah Mudah Membersihkan Karburator – Meskipun saat ini sudah semakin banyak produk sepeda motor yang menggunakan injeksi, namun masih ada loh produk motor yang menggunakan karburator. Selain itu, masih banyak juga produk lama yang menggunakan karburator namun masih digunakan untuk kendaraan sehari- hari.

Nah, apakah Anda masih memiliki motor dengan karburator? Jika iya, jangan lupa untuk mendapatkan perawatan. Sebab, fungsi karburator pada motor snagatlah penting. Sebab, jika karburator rusak maka dapat mengakibatkan masalah pada mesin.

Salah satu cara merawatnya adalah dengan membersihkan karburator. Bahkan langkah mudah membersihkan karburator dapat Anda lakukan sendiri dirumah. Jadi, Anda dapat meluangkan wkatu dan menghemat uang untuk perawatnnya.

Langkah Mudah Membersihkan Karburator

Fungsi karburator adalah untuk mencampur udara dan bahan bakar guna diledakkan dalam ruang pembakaran. Istilah sederhananya, karburator merupakan komponen penting untuk jantung mekanis.

Namun tenang saja, seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa ada langkah mudah memebrsihkan karburator. Jadi, mari kita bahas menegnai langkah mudah dalam membersihkan karburator yang bahkan Anda dapat melakukannya sendiri di rumah.

Baca Juga: Membersihkan Mesin Mobil: Bagimana Cara Yang Benar?

Cuci Bersih Sepeda Motor

Cuci bersih sepeda motor Anda merupakan langkah mudah membersihkan karburator yang pertama kali harus Anda lakukan. Cuci bodi motor secara menyeluruh. Kenapa harus dicuci dulu sebelum membersihkan karburator?

Langkah Mudah Membersihkan Karburator
Langkah Mudah Membersihkan Karburator (Sumber Gambar: Google)

Jadi, fungsinya adalah untuk menghilangkan lumpur, pasir, dan residu aspal yang menempel di dekat mesin. Pastikan bodi motor dibersihkan secara efektif. Mungkin untuk beberapa bodi motor perlu untuk melepas sadel dan fairing untuk memastikan pembersihan yang efektif.

Sehingga, pembersihan terjadi secara menyeluruh.

Melepaskan Filter Udara

Langkah mudah membersihkan karburator yang selanjutnya adalah dengan melepaskan filter atau saringan udara. Ya, lepaskan filter karburator yang menempel pada mulut karburator. Biasanya, filter udara yang biasanya berada di belakang atau di dalam kotak udara. Lepaskan dan bersihkan dengan pembersih filter atau udara bertekanan.

Bersihkan area penyegelan untuk menghilangkan sisa pasir, kotoran atau minyak. Langkahnya adalah, lepaskan koneksi atau selang apa pun. Nah untuk membantu pemasanga maka agar Anda tidak lupa posisi berbagai komponen, Anda coba mengambil beberapa foto untuk mengingat posisi.

Setelah komponen tersebut terlepas, bersihkan filter karburator dengan cara menyemprotkan cairan pembersih. Lalu keringkan filter karburator sebelum memasangnya.

Hal tersebut penting dilakukan agar menghindari air yang masuk atau menempel pada karburator, sehingga pembakaran akan terganggu karena adanya campuran air. Apabila masih terdapat air, nantinya mesin akan memunculkan gejala brebet yang tentunya menggangu kenyamanan saat berkendara.

Selain menyemprotnya dengan udara bertekanan tinggi, Anda juga dapat membersihkan filter karburator pakai kuas untuk membantu melepas kerak yang menempel. Tapi pastikan dulu, semua baut yang menempel telah terlepas agar proses pembersihan berjalan lancar. Anda juga wajib menghindari bulu kuas tersangkut pada baut.

Langkah Mudah Membersihkan Karburator
Langkah Mudah Membersihkan Karburator (Sumber Gambar: Google)

Lalu Anda dapat menyemprotkan cairan pembersih karburator yang banyak dijual. Terutama untuk menjangkau daerah yang sulit dilalui kuas.

Membersihkan Jet Karburator

Membersihkan jet karburator merupakan langkah mudah membersihkan karburator yang selanjutnya. Jadi, sebenarnya Anda dapat membersihkan karburator dengan membukarnya. Dimana Anda dapat menggunakan kompresor angin yang terkadang cukup jika penyumbatannya tidak parah.

Dengan bantuan udara dan bahan bakar terkompresi, sebagian besar minyak dan residu bahan bakar dapat dihilangkan dari jet. Setelah selesai, bersihkan juga baki atas dan pelampung dengan hati-hati.

Selain jet karburator, bersihkan juga komponen lainnya yang serupa. Sebab, membersihkan komponen ini tidak kalah penting. Komponen yang dimaksud seperti mangkuk karburator, pelampung beserta jarumnya, komponen lainnya.

Tenang, caranya juga modah kok. Yaitu dengan membuka karburator dengan melepas seluruh baut-baut pengikat, termasuk tutup karburator, katup choke, dan kran bensinnya. Gunakan obeng atau kunci yang sesuai.

Lepaskan mangkuk karburator, pelampung beserta jarumnya dan komponen kecil lainnya. Hanya saja kamu harus terus berhati-hati dan teliti karena komponennya terbilang kecil ditambah terdapat beberapa karet pelindung yang rentan.

Setelah komponen-komponen karburator terlepas, letakkan dalam wadah yang berisi cairan pembersih. Selebihnya komponen-komponen tadi dapat Andabersihkan dengan menyeka menggunakan kuas halus atau kipas seperti memebrsihkan jet karburator diatas.

Membersihkan Membran Karburator

Langkah mudah membersihkan karburator yang selanjutnya adalah dengan membersihkan membran karburator. Jadi, pada bagian bawah karburator ada membran tipis (diafragma) dengan pegas.

Nah jangan sampai Anda melewatkan bagian ini dalam membersihkannya. Bersihkan bagian area ini dengan bantuan udara bertekanan dan bahan bakar (bensin). Setelah itu, Anda dapat merakit kembali semuanya dan mengendarai sepeda Motor kamu untuk uji coba.

Langkah Mudah Membersihkan Karburator
Langkah Mudah Membersihkan Karburator (Sumber Gambar: Google)

Perhatikan Pemasangan Kembali Komponen Karburator

Langkah mudah membersihkan karburator yang terakhir adalah memperhatikan pemasangan komponen karburator ke tempat semula. Sebelum komponen-komponen karburator dipasang, atur dulu tinggi pelampung bensin menggunakan jangka sorong atau stigmat.

Setelah itu, rakit kembali semua elemen-elemen karburator yang sudah dilepas dan dibersihkan tadi, lalu pasang kembali ke mesin. Jadi, tahap terakhir ini Anda harus menyetel kembali karburatornya. Caranya pun cukup sederhana.

Setel kondisi langsam saat mesin dalam keadaan hidup. Lebih lanjut putar sekrup stasioner hingga putaran mesin idle. Setelah itu atur sekrup angin, Caranya dengan menutup terlebih dahulu ke arah berlawanan jarum jam.

Baca Juga: Apa Sih Perbedaan Mesin Bensin dan Mesin Diesel?

Lalu buka kembali dengan memutarnya searah jarum jam sampai mesin berada dalam putaran yang tinggi. Terakhir, lakukan penyetelan sekrup angin lagi sampai benar-benar mendapatkan kondisi langsam sesuai rekomendasi pabrikan motor atau keinginan masing-masing sesuai kebutuhan.

Ini juga salah satu kelebihan dari karburator. Mudah untuk diatur berdasar preferensi pemilik motor.

Itulah langkah mudah membersihkan karburator motor yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Nah, jangan sampai lupa untuk rutin membersihkan komponen yang satu ini. Sebab, akan banyak masalah yang terjadi jika karburator bermasalah.

Misalnya motor susuah dihidupkan, selain itu tarik dan laju motor juga menjadi maksimal. Nah, lebih baik mencegah sebelum hal ini terjadi dan merusak mood Anda dalam mejalani hari karena motor bermasalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.