Lampu pada kendaraan bermotor mempunyai banyak fungsi. Tidak hanya sebagai penerang namun juga digunakan sebagai alat komunikasi dengan sesama pengendara. Sama dengan komponen lain yang mengalami kemajuan, saat ini teknologi lampu pada kendaraan bermotor juga semakin canggih.

Bagi Anda pemilik mobil pasti tahu jika saat ini semakain tren menggunakan lampu LED. Ya, apakah kalian salah satu pengguna Lampu LED untuk mobil? Lampu LED untuk mobil diklaim mempunyai banyak keunggulan. Walupun tentu pasti diikuti oleh kekurangannya juga.

Bahkan saking populernya lampu jenis ini makin marak diaplikasi pabrikan mobil dan motor tidak hanya untuk jadi lampu utama, namun juga untuk lampu rem dan sein. Untuk itu artikel kali ini kita akan membahas mengenai lampu LED untuk mobil dari segi kelebihan dan kekurangan.

Lampu LED Untuk Mobil

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari lampu LED, ada baiknya kita mengenal apa itu lampu LED. Lampu Light-emitting Diode (LED) merupakan lampu semikonduktor yang dapat memancarkan cahaya ketika ada arus listrik mengalir. Pada awalnya, teknologi LED digunakan pada perabotan rumah tangga. Kemudian pabrikan Jepang memberikan gambaran bahwa teknologi LED bisa dipasang sebagai lampu depan mobil.

Baca Juga: Penyebab Mesin Mobil Mati Saat Injak Kopling

Keunggulan Lampu LED Untuk Mobil

Banyak pabrikan yang memilih lampu LED untuk mobil dikarenakan cahayanya yang elbih terang. Hal ini merupakan salah satu keunggulan dari lampu LED. Eitz, namun jangan salah sebab masih banyak kelebihan lampu LED untuk mobil. Apa saja keunggulan lampu LED untuk mobil?

Lampu LED Untuk Mobil
Lampu LED Untuk Mobil (Sumber Gambar: Google)

Lebih Tahan Lama

Kelebihan lampu LED untuk mobil adalah usia pakai yang lama atau lebih awet apabila dibandigkan dengan lampu bohlam. Tentu saja ini menjadi keuntungan tersendiri. Sebab, nda tak perlu repot untuk mengganti bohlam lampu secara berkala layaknya pada lampu konvensional lainnya.

Wah, berapa lama kira- kira lampu LED dapat bertahan? Lampu LED dikaliam mmapu bertahan untuk pemakaian hingga 5 tahun lebih. Tentu saja hal ini lebih unggul daripada lampu bohlam. Dimana lampu bohlam yang usia pakainya jauh lebih rendah dibandingkan dengan LED.

Dimensi Lebih Kompak

Ukuran yang ringkas dimana menjadikan dimensi lampu jenis ini menjadi lebih kompak merupakan kelebihan dari lampu LED untuk mobil selanjutnya. Salah satu alasannya adalah karena LED ini menggunakan diode untuk menghasilkan cahaya.

Penggunaan diode ini juga tidak menghasilkan panas, sehingga membuat mika atau kaca lampu menjadi lebih awet dan tidak cepat gosong. Selain itu ukuran lampu LED untuk mobil juga mempunyai ukuran yang lebih kecil. Sehingga lebih ringkas dan simple apabila dibandingkan dengan lampu lainnya seperti bohlam.

Kelebihan lampu LED pada mobil lainnya adalah ukurannya yang lebih ringkas atau simpel dibanding bohlam. Hal ini berpengaruh pada desain lampu pada mobil modern yang terlihat lebih cantik, efisien dan kompak.

Lampu LED Untuk Mobil
Lampu LED Untuk Mobil (Sumber Gambar: Google)

Namun, tidak usah khwatir karena ukuran lampu LED yang kecil. Sebab, meskipun ukuran lampunya lebih kecil, tetapi cahaya yang dihasilkan akan jauh lebih terang. Selain itu teknologi LED menawarkan pancaran sinar lebih terang dengan jangkauan lebih jauh.

Hemat Daya

Kelebihan terakhir dari lampu LED untuk mobil adalah hemat daya. Lampu jenis ini membutuhkan daya lebih sedikit jika dibandingkan dengan lampu halogen dan HID. Hal inilah yang membuatnya difavoritkan oleh pabrikan untuk digunakan sebagai lampu utama hingga lampu kabut.

Kekurangan Lampu LED untuk Mobil

Setiap ada kelebihan tentu ada kekurangan. Begitupula ketika Anda memilih lampu LED untuk mobil, maka Anda harus siap pula dengan kekurangan dari lampu ini. Apa saja kekurangan lampu LED untuk mobil?

Harga Mahal

Dengan berbagai kualitas yang ditawarkan maka tidak heran jika lampu LED untuk mobil Anda akan lebih mahal dibandigkan dengan lamu mobil yang lain. Tidak hanya harga lampunya yang lebih mahal, namun biaya perbaikan lampu jika mati juga lebih mahal.

Perlu diketahui bahwa lampu LED tidak seperti lampu konvensional yang ketika mati dapat langsung diganti bohlamnya. Pada beberapa tipe rangkaian, memiliki konstruksi lebih rumit dan mahal untuk diperbaiki.

Jadi, bagai Anda yang ingin upgrade ke lampu LED, harga pasaran aftermarketnya yang berkualitas memang masih mahal dan membutuhkan teknik khusus dalam pemasangannya.

Lalu berapa harga lampu LED dipasaran? Sebagai perbandingan, lampu bohlam ukuran H4 dengan kapasitas 60 watt misalnya dibanderol seharga Rp30-40 ribu per pcs. Maka lampu LED H4 dengan kapasitas 60 watt bisa memiliki banderol 2 kali lipat, atau Rp100 ribuan per pcs.

Lampu LED Untuk Mobil
Lampu LED Untuk Mobil (Sumber Gambar: Google)

Kurang Terang Saat Hujan

Kekurangan selanjutnya dari lampu LED adalah kurang terang saat hujan. Dapat diikatakan bahwa sinar putihnya kurang ampuh untuk menembus cuaca tertentu. Cuaca yang dimaksud adalah cuaca hujan.

Ya, cahaya putih dari LED dinilai kurang optimal dalam memberikan pencahayaan pada saat hujan dan kabut. Hal ini ternyata terjadi karena cahaya yang dihasilkan lampu LED mobil lebih putih, sehingga agak bias ketika hujan. Sehingga, seringkali cahaya LED ini malah membaur dengan air hujan di jalan.

Berbeda dengan lampu halogen yang justru akan lebih terang ketika digunakan saat malam hari di kondisi hujan. atau kabut. Untuk itu, optimalkan penggunaan lampu kabut Anda. Jadi, untuk membelah gelap saat hujan lebat cahaya LED ini kurang bisa diandalkan.

Baca Juga: Cara Membersihkan Filter Udara Motor dengan Benar

Panas di Bagian Dalam

Kekurangan terakhir dari lampu LED untuk mobil adalah panas pada bagian dalam. Pada lampu bohlam biasanya bagian yang panas ada di bagian kaca yang melindungi kawat. Sedangkan lampu LED yang lebih panas akan ada di bagian mesin atau dekat dengan kabel. Beberapa produsen ada yang menyediakan heatsink atau fan untuk pendingin agar lampu tidak cepat rusak.

Ya, beberapa hal diatas adalah info mengenai lampu LED yang terpasang pada mobil Anda. Umumnya mobil yang bawaan pabriknya sudah memakai lampu LED akan lebih baik penerangannya dibandingkan dengan LED yang dipasang menggantikan halogen bawaan mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *