Desain Lamborghini Huracan Avio 2018 Terinspirasi Italian Air Force Academy

Lamborghini Huracan Avio

Gebrakan produk berkecepatan tinggi selalu ditorehkan oleh Lamborghini. Salah satunya adalah Lamborghini Huracan Avio 2018 yang melakukan World Premiere-nya di Geneva Motor Show 2016.

Supercar ini dibuat dengan strategi pemasaran Limited Edition yang dibatasi hanya 250 unit saja.

Di antara model yang lain, Lamborghini Huracan Avio 2018 adalah model Limited Edition pertama dari jajaran keluarga Huracan.

Nama Avio sendiri berangkat dari kata ‘Aviation’ yang merujuk pada hal yang berbau penerbangan khususnya Italian Air Force alias pasukan udara Italia.

Lamborghini Huracan Avio 2018 Kental Dengan Nuansa Aviation

Memang tidak dipungkiri, tema Aviation semacam ini sudah pernah ditemukan pada model-model Lamborghini sebelumnya. Sebut saja, Lamborghini Reventon yang terinspirasi dari Fighter Jet F-22 Raptor.

Adapun Lamborghini Veneno yang hanya dijual sembilan unit saja, menerapkan tema serupa. Bahkan untuk membuktikan keseriusannya, peluncuran Veneno juga dilakukan di Aircraft Carrier yang bersandar di Abu Dhabi, Uni-Emirat Arab.

Jujur, kami tersenyum melihat fakta ini dan bergumam, “Bukanlah Lamborghini namanya, apabila mereka tidak melakukan sesuatu di luar nalar dan membuat masyarakat internasional berdecak kagum.”

Dengan hadirnya, Lamborghini Huracan Avio 2018 diharapkan dapat mendulang kesuksesan serupa dengan pendahulunya. Di sisi lain, latar belakang ini menjadi salah satu esensi karismatik Lamborghini ketimbang pesaing lainnya.

EKSTERIOR LAMBORGHINI HURACAN 2018

Sisi eksterior Lamborghini Huracan Avio 2018, Anda akan disuguhkan banyak hal yang terinspirasi dari tema Aviation. Secara garis besar, perubahan pada Avio lebih ditekankan pada konsep visual yang mana terdapat warna Pearlescent sebagai pemanis eksteriornya.

Seri Lamborghini Huracan Avio 2018 tersedia dalam lima pilihan warna Matte untuk bodinya yakni Grigio Vulcano, Verde Turbine, Gigio Nibbio, Blu Grifo dan Grigio Falco.

Eksterior Depan

Lamborghini Huracan Avio

Seperti generasi Huracan lainnya, Avio menggunakan desain eksterior yang lebih menekankan performa aerodinamis.

Memang produk besutan Lamborghini sangat unggul dalam hal kecepatan dan desain aerodinamis nya. Hal ini bisa kita amati dari hadirnya lekukan tegas pada sisi Bonnet dan beberapa lubang ventilasi pada bemper depan.

Masalah pencahayaan, Huracan Avio menerapkan lampu LED Projector yang dikombinasikan dengan lampu Daytime Running Light (DRL) berbentuk huruf Y.

Di sisi lain, sama dengan model lainnya, Bonnet depannya bukan menjadi tempat mesin namun merupakan ruang bagasi yang bisa dibuka secara otomatis dengan Remote Key.

Eksterior Samping

Desain Lamborghini Huracan Avio 2018 Terinspirasi Italian Air Force Academy 1

Sisi samping juga tak luput dari siluet bodi aerodinamis. Pada Fender belakang misalnya, terdapat salah satu ruang ventilasi udara untuk memanfaatkan konsep aerodinamis. Sehingga, turbulensi udara ketika berada di kecepatan tinggi dapat teralirkan dengan sempurna.

Sebagai pemanis, peleknya menggunakan desain Black Glossy Pirelli P-Zero berukuran 245/30 ZR20. Adapun pada sisi pintu juga terdapat logo “L-G3” sebagai penunjuk identitas Lamborghini yang dimulai sejak tahun 1963.

Pada sisi Fender juga terdapat logo bertuliskan “LP610-4” sebagai penunjuk kepada kecepatan 610 PS dengan 4 empat penggerak roda.

Hal yang di sayangkan pada Avio terletak pada konsep pintunya yang belum menggunakan konfigurasi Dihedral atau yang sering kali dikenal dengan sebutan Butterfly Doors.

Meski ada sedikit kekurangan, Pihak Lamborghini menutupi kekurangan pada Avio dengan menerapkan konfigurasi otomatis untuk membuka pintunya lewat Remote Key.

Eksterior Belakang

Lamborghini Huracan Avio

Menelisik bagian belakang, Avio menerapkan desain LED Stop Lamp yang dapat berpendar agresif di malam hari. Hal tersebut juga didukung dengan sensor parkir yang disematkan pada sisi tengah yang memudahkan Anda melakukan parkir.

Sebagai pemanis, Twin Double Muffler berlapis Chrome juga dihadirkan sehingga mampu memberi kesan elegan bagi pengamatnya.

Di sisi lain, hal yang cukup menarik perhatian adalah raungan mesin yang dihasilkan oleh Muffler ini. Ibarat suara senapan AK-47, Anda akan menjadi pusat perhatian ketika menginjak pedal gasnya.

INTERIOR LAMBORGHINI HURACAN AVIO 2018

Semua hal pada interior Lamborghini Huracan Avio 2018 didominasi oleh warna hitam untuk memunculkan nuansa agresif pada atmosfer kabinnya.

Fitur fitur tersebut juga dirancang mirip Cockpit pesawat yang memudahkan pengendara dalam mengakses semua kelebihan mobil satu ini.

Dashboard

Lamborghini Huracan Avio

Lini dashboard dikemas cukup elegan dengan perpaduan Soft Touch dan Aluminium. Adapun jahitan Orange Stitching ditampilkan sebagai penegas siluet dashboardnya sehingga memberi kesan modis dan tentunya dapat menambah kepercayaan diri pengendara.

Di sisi paling atas terdapat dua fitur penyejuk dan panel multimedia yang dapat diatur lewat beberapa saklar yang disematkan di lini tengahnya. Dashboard Huracan Avio didesain mirip Cockpit dengan segala utilitasnya

Setir

Merambah ke sisi setir, desainnya cukup mirip dengan model-model sebelumnya yakni palang tiga dengan berbagai fitur menarik seperti lampu dim, lampu sein dan Wiper.

Adapun di balik kemudinya terdapat Tachometer Digital yang mampu menampilkan informasi penting seputar mobil layaknya tangki bensin, temperatur mesin dan Odometer.

Kursi

Perubahan paling mencolok dapat ditemui pada sisi kursinya. Bahan kursinya dirancang khusus dengan Laser khas bentukan Alcantara yang dihias apik dengan logo L63 mirip dengan sisi eksteriornya.

Dengan spesifikasi tersebut, pihak Lamborghini sangat menjamin akan kenyamanan Anda meskipun berada di kecepatan tinggi sekalipun.

Tak lupa juga, kami informasikan bahwa Lamborghini Huracan Avio memiliki kapasitas kursi dua orang layaknya mobil Roadster lainnya.

Kursi Lamborghini ini menggunakan bahan Alcantara dengan logo L63 sebagai penguat pesan sejarahnya

FITUR LAMBORGHINI HURACAN AVIO 2018

Lamborghini Huracan Avio

Lalu bagaimana dengan fitur Lamborghini Huracan Avio 2018? Apakah ada yang baru? Jika dibanding dengan model sebelumnya, sebenarnya tak ada pembaruan sama sekali selain tampilan visual pada eksterior dan interiornya.

Fitur Keselamatan

Selain menyajikan fitur keselamatan standar, Avio juga menghadirkan teknologi Electronic Stability Control (ESC) untuk memberikan kestabilan lebih ketika berkendara di area licin.

Fasilitas tersebut tersedia pada tuas yang berfungsi mengaktifkan pengaturan suspensi yang bisa anda konfigurasikan sesuai medan jalan yang hendak dilewati.

Semisal jalanan buruk, Anda bisa mengaktifkan suspensi untuk tampil lebih tinggi dan lentur. Beberapa fitur keselamatan Lamborghini Huracan Avio 2018 bisa Anda aktifkan pada tuas di sisi samping kursi pengendara.

Racikan beberapa aspek seperti All Wheel Drive (AWD) yang bisa dikontrol otomatis serta Dual Clutch Transmission menjadikan Avio cukup nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Lamborghini ingin menyuguhkan pengalaman berkendara tak terlupakan bagi pengendara avio. Racikan teknologi seperti ini dinamai Lamborghini Doppia Frizione (LDF).

Fitur Hiburan

Di sisi samping pengendara terdapat beberapa tombol menarik yang bisa mengatur Air Conditioning (AC) dan pengaturan Speedometer Full TFT.

Pada panel Speedometer-nya Anda bisa mengoperasikan banyak hal menarik di sana seperti audio, Driver Assist, radio dan navigasi.

Dari sisi ini, anda akan merasakan kenyamanan dengan tampilan kabinnya yang memang benar-benar dirancang mirip Cockpit pesawat. Seakan Anda bisa mengatur segala utilitas dengan mudah karena didesain cukup dekat dengan pengendara.

MESIN

Lamborghini Huracan Avio 2018

Urusan operasi mesin Lamborghini Huracan Avio 2018, tampaknya tak perlu kita ragukan lagi.

Hal tersebut terlihat pada Logo eksteriornya yang bertuliskan “LP610-4” menunjukkan kecepatan mesinnya dalam ukuran daya kuda inggris atau Cheval Vapeur (CV) yakni sebesar 610.

Daya sebesar itu dihasilkan dari mesin berkapasitas 5.204 cc V10. Bayangkan saja, mobil ini mampu meraih kecepatan 0-100 Km/Jam dalam kurun waktu 3,2 detik.

Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi Dual Clutch LDF 7 tingkat kecepatan, sehingga torsi maksimumnya mampu mencapai angka 560 Nm atau setara 6.500 Rpm.

Tentu bukan hal main-main untuk dikendarai dalam kota dengan kecepatan tinggi. Setidaknya membutuhkan kelihaian bagi Anda untuk menjinakkannya.

Merasa tertarik? Operasi mesin Lamborghini Huracan Avio 2018 menggunakan kapasitas 5.204 cc V10

SPESIFIKASI

Supaya Anda semakin mengenal lebih detail dari model Limited Edition ini, berikut kami lampirkan spesifikasi Lamborghini Huracan Avio 2018.

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi 4.459 mm x 1.924 mm x 1.165 mm

Berat Kosong 1.422 Kg

Jarak Pijak Depan 1.668 mm

Jarak Pijak Belakang 1.620 mm

Jarak Pijak Terendah 125 mm

MESIN

Tipe Mesin 5.2 Liter V10

Kapasitas Silinder 5.204 cc

Daya Maksimum 610 CV / 8.250 Rpm

Torsi Maksimum 560 Nm / 6.500 Rpm

Sistem Transmisi 7 Tingkat Percepatan Dual Clutch LDF

Akselerasi 0-100 Km/Jam 3,2 Detik

Akselerasi 0-200 Km/Jam 9,9 Detik

Kecepatan Maksimum 325 Km/Jam

HANDLING

Suspensi Depan Aluminum Double-Wishbone

Suspensi Belakang Aluminum Double-Wishbone

Rem Depan 6 Piston Calipers

Rem Belakang 4 Piston Calipers

Sistem Kemudi Rack & Pinion dengan Tilt dan Power Steering

Ukuran Ban 245/30 R20 (Ban Depan) & 305/30 R20 (Ban Belakang)

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar Bensin

KELEBIHAN & KEKURANGAN LAMBORGHINI HURACAN AVIO 2018

Tentu dalam setiap halnya akan ada sisi baik dan buruk. Begitu juga pada mobil satu ini, berikut ini kelebihan dan kekurangan Lamborghini Huracan Avio 2018.

KELEBIHAN

  • Unsur Limited Edition tentu memberi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya
  • Atmosfer interior menggunakan tema Aviation yang memberi atmosfer mirip Cockpit pesawat
  • Performa mesin masih sangat mengagumkan setara dengan model Huracan sebelumnya

KEKURANGAN

  • Limited Edition tentu beriringan dengan harganya yang terpaut mahal
  • Perubahan hanya ada pada aspek visual eksterior dan interior, belum ada pembaruan pada segi fitur maupun performa
  • Mode bukaan pintu belum didukung konfigurasi Dehidral layaknya model Sports lainnya

HARGA LAMBORGHINI HURACAN AVIO 2018

Lalu berapa dana yang harus Anda persiapkan untuk mobil mewah satu ini? Sebagai informasi, Importir Umum yakni Prestige Motorcars memiliki produk ini yang tersedia hanya satu unit saja dan ditawarkan dengan banderol Rp. 12.000.000.000

KESIMPULAN

Lamborghini Huracan Avio 2018 di Indonesia hanya tersedia dalam satu unit saja yang dipasarkan lewat Prestige Motorcars. Memang jumlahnya yang hanya 250 unit di seluruh dunia, Indonesia mendapatkan satu unit saja.

“Baca Juga : Lamborghini Huracan Performante Spyder 2018! Peraih Supercar of the Year!

Jadi jika Anda tertarik dengannya, Anda bisa berkunjung ke Showroom tersebut. Jujur model ini memperlihatkan sisi historis Lamborghini dengan jelas terlihat dari hadirnya logo-logo ikoniknya.

Yup, Demikian tadi ulasan tentang Lamborghini Huracan Avio 2018 yang membawa anda ke nuansa berada di dalam cockpit Italian Air Force. Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi anda. Sekian & Terimakasih. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.