Cegah Kulit Jok Motor Pecah- Pecah: Yuk Simak Tipsnya!

Kulit jok motor yang pecah- pecah tentu akan membuat tidak nyaman ketika diduduki. Selain itu kulit jok sepeda motor pecah- pecah juga tidak enak dipandang. Ya, walaupun bodi motor kinclong, namun jika kulit jok motor pecah- pecah tetap saja ada yang dirasa kurang.

Mungkin kulit jok motor mengalami pecah- pecah karena usianya yang sudah tua atau telah lama digunakan. Namun, jika Anda merawat kulit jok motor dengan penar, apsti usianya akan lebih lama.

Jadi, ketika kulit jok motor pecah- pecah maka kemungkinan perawatan yang diberikan kurang sesuai atau kurang tepat. Nah, meskipun jok motor juga memiliki masa pakai, ada baiknya tetap dilakukan pencegahan agar tidak cepat rusak.

Sehingga, masa pakai akan lebih lama. Sebab, kulit jok motor tidak hanya berpotensi pecah- pecah namun juga berpotensi mengalami kepudaran warna.

Cegah Kulit Jok Motor Pecah- Pecah

Jok sepeda motor umumnya dilapisi kulit supaya nyaman untuk diduduki. Kulit yang dipakai pun beragam jenisnya, tapi pada dasarnya terbagi 3, yaitu kulit sintetis, domba dan kulit sapi.

Nah, dari tiga jenis itu kulit sintetis adalah yang paling sering dipakai namun kulit inilah yang paling rentan rusak. Kulit jenis ini umumnya hanya bisa bertahan kurang lebih 4 tahun, tergantung pemakaian.

Ada beberapa cara untuk mencegah kulit jok motor pecah- pecah, loh. Sehingga, usia jok kalian lebih panjang. Yuk, simak artikel berikut ini.

Perawatan kulit sintetis sebetulnya tidak sulit. Anda cukup memakai lotion khusus kulit jok motor yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Anda hanya tinggal rutin mengoleskannya, setiap satu atau dua bulan sekali. Kenapa sih harus dengan lotion?

Lotion khusus jok motor ini diperlukan karena kulit sintetis mudah kering. Ketika ia sudah kering maka akan pecah-pecah. Pemakaian lotion dilakukan supaya kulit jok tetap lembab dan lentur sehingga tidak mudah retak atau pecah.

Kulit Jok Motor Pecah- Pecah
Kulit Jok Motor Pecah- Pecah (Sumber Gambar: Google)

Anda harus tahu bahwa kulit sintetis butuh kelembaban supaya polyurethan-nya di dalamnya tidak kering. Polyurethan adalah sejenis karet yang biasa dipakai untuk dibuat menjadi bahan kulit sintetis.

Jadi, Anda harus rutin mengoleskannya satu hingga dua bulan sekali. Untuk kulit asli, perawatan dengan lotion ini tetap diperlukan untuk menjaga kelembapannya. Bedanya, Anda dapat menggunakan mink oil dari lemak untuk merawat kulit jok asli.

Penyebab Kulit Jok Motor Pecah- Pecah

Nah setelah mengetahui cara merawat kulit jok motor agar tidak pecah- pecah, maka selanjutnya Anda perlu menghindari beberapa hal yang dapat membuat kulit jok motor pecah- pecah.

Ada beberapa hal yang dapat membuat kuit jok motor Anda mengalami pecah- pecah. Bahkan hal tersebut terkadang merupakan kebiasaan Anda dalam keseharian. Yuk, cek apa saja sih yang menjadi penyebab kulit jok motor mengalmi pecah- pecah.

Berikut adalah ulasan engkapnya untuk Anda.

Memarkirkan Motor Di Bawah Terik Matahari Langsung

Salah satu penyebab kulit jok motor pecah- pecah adalah sinar matahari langsung yang mengenai jok motor. Ya, hal ini akan terjadi ketika Anda sering memarkirkan motor Anda dibawah teriknya sinar matahari.

Dimana jika hal ini dilakukan secara terus menerus dan dalam waktu yang lama maka dapat menyebabkan kulit jok motor pecah- pecah. Nah, untuk itu hindarilah untuk parkir di ruang terbuka. Apalagi jika harus dilakukan dalam waktu yang lama.

Sebab motor yang sering terkena terik matahari secara langsung tidak hanya menyebabkan kulit jok motor pecah- pecah, namun juga banyak masalah lainnya yang akan muncul. Diantaranya warna jok juga akan memudar dan terlihat lebih kusam.

Selain itu, jika sering terkena sinar matahari secara langsung maka akan membuat warna bodi motor juga memudar dan kusam. Dikarenakan terlalu banyak efek buruk dari motor yang sering terkena sinar matahri secara langsung maka mulai sekarang hindari lah untuk parkir tanpa atap.

Baca Juga: Jangan Asal Ganti Head Unit Mobil, Perhatikan Hal ini Sebelum Ganti!

Motor Parkir di Tempat Banyak Kucing

Penyebab kulit jok motor pecah- pecah yang selanjutnya adalah hewan bernama kucing. Ya, kucing ini juga dapat menyebabkan jok motor pecah- pecah karena kebiasannya yang suka mencakar benda- benda di sekitarnya.

Biasanya hewan peliharan seperti kucing paling suka nangkring di tas jok motor dan akan mengasah kuku ke lapisan kulit jok. Hal itu bisa melukai kulit jok, mulai dari lecet bahkan sobek sampai berlubang.

Jadi, maka hindarilah jok sebagai tempat nangkring kucing. Ya, awalnya hanya di cakar lalu robek dan lama- lama sobeknya semakin besar.

Kulit Jok Motor Pecah- Pecah
Kulit Jok Motor Pecah- Pecah (Sumber Gambar: Google)

Motor di Biarkan Langsung Kena Hujan

Penyebab kulit jok sepeda motor pecah- pecah adalah langsung terkena air hujan. Hal ini akan terjadi jika saat musim hujan. Dimana air ini akan merembes dan menyebabkan busa jok basah. Padahal hal ini jika terkjadi secara sering maka dapat menyebabkan kulit jok pecah- pecah.

Jadi dari kondisi kulit jok yang sudah reta-retak tadi. Terus kerap dibiarkan terkena siraman hujan langsung, entah karena meneduh atau memang sedang parkir. Nah, airnya bisa langsung merembes ke dalam busa jok. Saat digunakan bagian celana akan basah.

Kulit Jok Motor Pecah- Pecah
Kulit Jok Motor Pecah- Pecah (Sumber Gambar: Google)

Modifikasi Jok

Penyebab terakhir kulit jok motor pecah- pecah adalah modifikasi jok. Jadi, jok yang dimodifikasi dengan memangkas biar lebih tipis berdampak buruk pada tampilan jok. Hal tersebut bakal mengakibatkan jok enggak bakal awet karena busanya menipis.

Nah, buat kami yang pengin jok motornya awet coba deh hilangkan kebiasaan yang sudah dijelaskan di atas.

Nah, itulah cara merawat dan penyebab kuit jok motor pecah- pecah. Hindarilah penyebab kulit jok motor pecah- pecah dan lakukan cara merawatnya agara jok motor awet. Selain jok motor pecah- pecah hindari juga penyebab agar jok motor tidak kusam dan pudar.

Baca Juga: Komponen Untuk Menghilangkan Karat Pada Motor: Langsung Kinclong!

Ya, jangan sampai kulit jok motor pecah- pecah sebab kalian pasti dak akan nyaman ketika duduk diatas jok. Belum lagi jika hujan, maka jok akan basah dan tambah tidak nyaman.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *