Selain membeli bekas, membeli motor secara kredit juga dapat menjadi alternatif ketika anggarannya terbatas. Saat ini sistem kredit motor juga sudah sangat mudah dan cepat prosesnya.

Bahkan sistem kredit saat ini juga memiliki penawaran menarik lainnya. Maka tidak heran jika saat ini banyak orang memilih sistem kredit untuk mewujudkan memiliki kendaraan impian. Tidak hanya motor baru yang meyediakan sistem kredit, namun juga motor bekas juga ada yang dijual dengan sistem kredit.

Namun perlu diperhatikan dan dipertimbangkan ketika Anda memutuskan untuk membeli kendaraan motor secara kredit. Sebab, kredit akan tidak baik untuk keuangan Anda jika salah memperhitungkannya. Jika salah memperhitungkannya, maka akan menjadi boomerang untuk Anda sendiri.

Berikut adalah ulasan mengenai kesalahan ketika melakukan kredit motor. Ulasan berkut adalah hal- hal yang mumum dan kurang dipertimbangkan oleh kreditor.

Kredit Motor

Memilih sistem kredit guna mewujudkan memiliki kendaraan yang diimpikan adalah hak setiap orang. Namun, perlu diperhatikan beberapa hal agar hal ini tidak menjadi bomerang. Berikut adalah hal- hal yang harus dihindari ketika Anda memutuskan untuk melakukan kredit kendaraan.

Tidak Menghitung Keuangan

Saat memutuskan untuk sistem kredit motor sebaiknya ketahui betul mengenai kemampuan keuangan pribadi. Hitung dan pertimbangkan dengan sungguh- sungguh. Perhatikan pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya. Sebab, Anda juga harus membayar bunga setiap bulannya untuk kredit yang diambil.

Kesalahan Saat Kredit Motor (Sumber Gambar: Google)
Kesalahan Saat Kredit Motor (Sumber Gambar: Google)

Belum lagi jika Anda terlambat membayar, maka bunga akan bertambah besar. Jika, Anda salah perhitungan hal ini akan menyusahkan bukan?. Perhitungan keuangan yang ideal itu sebesar 30% dari gaji untuk cicilan. Jadi, apabila setelah dihitung biaya untuk cicilan motor melebihi dari 30%, maka pilihan lain yaitu anda harus mengganti jenis motor atau bisa dengan memilih uang muka yang lebih besar sehingga angsuran perbulan akan lebih sedikit. Hal itu bisa dilakukan untuk meminimalisir kesalahan dalam pengeluaran anda.

Jadi, jangan anggap remeh hal ini. Pastikan bahwa keuangan Anda juga siap walupun menggunakan sistem kredit. Jangan sampai mengambil kredit untuk motor malah akan menimbulkan masalah.

Salah Menentukan Lama Pembayaran

Kesalahan selanjutnya dalam kredit motor adalah salah dalam menentukan lama pembayaran. Sebenarnya, besaranya pembayaran setiap bulan juga harus melihat kemampuan keuangan Anda. Namun, ketika memilih pembayaran yang paling panjang jangka waktunya juga salah. Lebih tepatnya tidak dianjurkan.

Alangkah lebih baik apabila Anda mempertimbangkan jenis motor, dana untuk kredit motor, dan jangka pelunasan saat diawal. Jangan udah tergiur dengan penawaran yang ada di brosur. Dimana biasanya mereka menawrakan uang muka yang kecil serta jangka waktu angsuran yang cenderung lama.

Hal ini apabila dilihat secara sekilas tentunya akan menjadi tawaran yang menarik. Tetapi sebenarnya hal tersebut dapat merugikan anda nantinya. Meskipun cicilan yang terasa ringan, tetapi bunga akan lebih banyak dan mengakibatkan hutang semakin menumpuk. Jadi hal yang perlu diperhatikan adalah jumlah bunganya, bukan kecilnya angsuran.

Pembayaran cicilan bulanan harus dilakukan sebelum atau pada saat tanggal pembayaran yang sudah Anda tentukan di awal. Jangan sampai Anda telat membayar cicilan bulanan karena setiap keterlambatan membayar akan dikenakan denda. Tentunya biaya denda ini akan membuat hutang Anda semakin besar. Jadi sangat penting untuk memperhatikan kapan Anda harus membayar cicilan bulanan dan cari tahu terlebih dahulu berapa besar biaya denda jika terjadi keterlambatan.

Tidak Menanyakan Asuransi

Karena salah satu alasan mengambil kredit motor adalah untuk meringankan anggaran maka keberadaan asuransi sangat terabaikan. Padahal asuransi merupakan hal yang penting untuk motor yang akan Anda beli.

Jadi, apabila hal buruk terjadi, setidaknya anda sudah merasa aman karena adanya asuransi. Kita tidak tahu hal apa yang akan terjadi. Tetapi kita juga harus waspada. Musibah atau hal buruk bisa saja terjadi seperti pencurian atau kecelakaan.

Jadi, asuransi akan menguntungkan Anda apabila ada hal uruk yang terjadi. Hal ini juga dilakukan untuk mencegah hal buruk semakin buruk. Biaya asuransi juga kan terasa murah apabila anda memperhatikan keselamatan. Namun, kita juga harus waspada. Musibah atau hal buruk bisa saja terjadi seperti pencurian atau kecelakaan.

Kurang Tepat Memilih Lembaga Leasing

Sebelum memutuskan untuk kredit motor Anda harus memastikan bahwa leasing yang dipilih telah tepat. Jadi, pilih dengan teliti perusahaan lising yang mempunyai kredibiitas baik. Cari informasi dengan seksama kredibilitas perusahaan itu, akan lebih baik jika Anda memilih perusahaan leasing yang terdaftar di Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI). Selain itu, pilihlah lebih dari satu perusahaan leasing yang punya reputasi baik dan punya banyak kantor cabang.

Selain itu, Anda juga jangan malas mencari perbandingan harga antara dealer yang ada, karena bisa saja di salah satu dealer memberi kesempatan untuk memperbesar DP dan bernegosiasilah selalu untuk mendapatkan tagihan bulanan terendah. Selain itu, Jangan segan-segan browsing mencari informasi terkait reputasi leasing-leasing yang sedang memberi penawaran pada Anda.

Jangan juga pilih leasing yang memberi penalti yang tidak masuk akal atas keterlambatan pembayaran Anda. Untuk itu, bacalah baik-baik setiap poin perjanjian dan tanyakan sedetail mungkin. Jangan sampai Anda menyesal nantinya.

Baca juga: 7 Tips Merawat Motor Injeksi Agar Mesin Awet

Tidak Tahu Kapan BKPB Bisa Diambil

Umumnya, BPKB atau Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor akan diberikan kepada Anda setelah urusan administrasi sudah diselesaikan. Tapi tidak jarang ada perusahaan leasing yang mempersulit proses pemberian BPKB ini. Jadi sebaiknya Anda harus mengetahui dengan jelas kapan dan bagaimana Anda akan menerima BPKB motor Anda.

Biasanya Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor akan diberikan setelah anda selesai mengurus administrasi terakhir. Tetapi ada juga perusahaan yang mempersulit proses tersebut. Jadi sebaiknya anda harus memperhatikan tentang kapan BPKB itu bisa diambil.

Sekarang anda dapat kredit motor dengan cara yang mudah dan tidak memberatkan. Apabila anda belum mempunyai dana sebesar harga motor yang diidam-idamkan, anda bisa melakukan alternatif lain yaitu dengan cara kredit motor Honda murah sehingga proses untuk anda membayar terasa lebih ringan. Tetapi jika anda tidak teliti dalam melangkah, banyak risiko yang bisa terjadi jika anda kredit motor. Maka dari itu, ada hal-hal yang harus anda perhatikan sebelum pengajuan kredit motor.

Itulah 5 hal yang sering menjadi kesalahan saat melakukan kredit motor. Jangan terlalu cepat dalam memutuskan suatu hal. Anda harus berpikir ulang sebelum menyesal dengan apa yang anda pilih. Jangan sampai anda langsung terpengaruh dengan tawaran-tawaran menarik dari perusahaan sebelum anda mengetahui kebenarannya.Cari tahu tentang model , spesifikasi, atau hal- hal lain yang akan menjadi kebutuhan anda nantinya.

Selain itu, pastikan bahwa kendaraan motor yang akan Anda beli sesuai dengan anggaran yang telah Anda hitung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *