Kredit Mobil Baru atau Beli Cash Mobil Bekas. Lebih Baik Yang Mana?

  • by
  • 6 min read

Saat ini memiliki kendaraan seperti hal yang sangat diperlukan oleh sebagian dari kita. Namun, bagi orang yang terkendala dengan biaya. Apakah lebih baik kredit mobil baru atau beli cash mobil bekas?

Namun sebelum memutuskan apakah akan kredit mobil baru atau beli cash mobil bekas tentu ada banyak pertimbangan yang perlu Anda pikirkan dengan matang. Karena kedua metode itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk itu ada baiknya sebelum memutuskan Anda mengetahui keuntungan dan kerugian membeli mobil menggunakan kredit maupun cash. Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas mengenai keutungan dan kekurangan dari kredit mobil baru atau beli cash mobil bekas.

Kredit Mobil Baru atau Beli Cash Mobil Bekas

Tidak hanya bagi orang yang keuangannya terbatas, namun sebagian orang pasti ada pertimbangkan sebelum memutuskan membeli mobil. Ya, salah satunya adalah cara pembayarannya. Sehingga akan membeli secara kredit mobil baru atau beli cash mobil bekas juga pasti pernah terlintas ketika akan membeli mobil.

Berikut adalah keuntungan dan kerugian dari membeli secara kredit mobil baru atau beli cash mobil bekas secara engkap untuk Anda.

Kredit Mobil Baru

Bagi sebagian besar orang, membeli mobil secara tunai mungkin mustahil. Mengeluarkan puluhan hingga ratusan juta rupiah bukan perkara mudah. Kalau dana tidak mencukupi, hanya fasilitas kredit dari bank atau perusahaan leasing solusinya. Yang akan kita bahas pertama adalah keuntungan dan kekurangan ketika melakukan kredit mobil baru. Berikut ulasan lengkapnya.

Kredit Mobil Baru
Kredit Mobil Baru (Sumber Gambar: Google)

Keuntungan Kredit Mobil Baru

Mobil baru merupakan idaman siapapun, terlebih untuk model-model terbaru saat ini yang dihadirkan Agen Pemegang Merek (APM) kerap telah mengadopsi berbagai fitur modern demi menunjang keselamatan hingga kenyamanan berkendara.

Terkait:  Nyetir Mobil Matik di Tanjakan? Simak 4 Tipsnya Agar Aman

Ya, fitur- fitur yang disematkan pada mobil baru tidak hanya mengikuti perkembangan teknologi, namun juga akan menunjang kenyamanan dan keselamatan kalian. Selain itu, performa mesin juga masih prima. Dikarenakan masih baru, sehingga dipastikan komponen belum ada masalah.

Pemilihan mobil baru yang akan dibeli secara kredit terkadang membingungkan, namun berikut keuntungan dan kerugian yang harus Anda pahami. Keuntungan apabila membeli mobil baru selain fitur modern dan jenis mobil adalah keluaran terbaru, adanya jaminan sevis berkala.

Tentu layanan servis ini tidak akan Anda dapatkan ketika membeli mobil bekas meskipun cash. Akan ada banyak tawaran untuk berbagai komponen dalam servis rutin tersebut. Seperti perawatan gratis, oli gratis, garansi suku cadang dan lain sebagainya.

Bahkan ketika Anda membeli mobil baru maka ada bisa jadi hanya menyiapkan budget bahan bakar selama jangka waktu tertentu, sedangkan biaya service dan lainnya telah ditanggung.

Kerugian Kredit Mobil Baru

Ketika keuntungan membeli mobil baru secara kredit Anda akan mendapatkan fitur mobil terbaru dan juga gratis servis berkala, namun tetap saja ada kerugian kredit mobil baru. Tentu saja kerugiannya adalah waktu angsuran. Dimana Anda juga akan dibebani untuk menyisihkan anggaran setiap bulannya.

Dimana, besarnya tergantung kesepakatan. Semakin kecil cicilan yang dibayarkan, maka semakin lama juga waktu untuk lunasnya. Meskipun sudah tahu dan menjadi kewajiban, tentu hal ini juga mebuat kita kefikiran untuk membayar kredit. Bayangkan, jika Anda bisa melunasi mobil dalam waktu jangka 3 tahun keatas. Wah, tentu selama tiga tahun Anda akan ada beban juga bukan?

Kerugian selanjutnya dalam membeli mobil baru secara kredit adalah efeknya terhadap harga jual. Dimana dapat dipastikan akan terjadi penurunan harga atau depresiasi saat akan dijual kembali.

Terkait:  Tips Membeli Mobil Bekas Secara Tepat dan Tidak Menguras Kantog

Dalam mempertimbangkan membeli mobil baru, pastikan tipe hingga mereknya cukup diminati orang banyak, yang setidaknya hal ini dapat cukup mempertahankan depresiasi yang terjadi tidak terlalu tinggi.

Anda juga perlu memperkirakan bahwa mobil tersebut masih dicari banyak orang saat akan menjual kembali mobil tersebut, saat cicilannya telah lunas. Salah satu kunci yang dapat dilakukan untuk mempertahankan nilai jualnya adalah perawatan mobil yang baik.

Kredit Mobil Baru
Kredit Mobil Baru (Sumber Gambar: Google)

Mobil Bekas Tapi Cash

Ketika Anda menghindari sistem kredit dikarenakan tidak ingin pusing, namun uangnya tidak cukup untuk membeli mobil baru, maka membeli mobil bekas dapat menjadi opsi. Ya, sama dengan membeli mobil baru namun kredit, membeli mobil bekas namun cash juga mempunyai keuntungan dan kerugian yang harus Anda pertimbangkan.

Berikut adalah ulasan lengkapnya mengenai keuntungan dan kerugian dalam membeli mobil bekas namun cash.

Keuntungan Membeli Mobil Bekas Secara Cash

Keuntungan yang pertama tentu saja pada harganya. Ya, Anda dapat mendapatkan mobil yang Anda inginkan dengan harga dibawah harga baru. Apalagi jika Anda dengan teliti memilih mobil bekas. Memastikan setiap komponen dalam mobil bekas. Tentu Anda akan mendapatkan mobil bekas dengan kondisi mirip dengan mobil baru.

Keuntungan lain dari membeli mobil bekas secara cash adalah, Anda dipastikan terbebas dari beban angsuran bulanan, hingga bunga dan denda yang mungkin ada jika terlambat membayarnya. Tanpa melakukan cicilan, beragam kebutuhan lainnya dapat terpenuhi atau bahkan juga Anda dapat menabung kembali untuk membeli mobil yang lebih tinggi ‘kasta’nya dibanding mobil bekas saat ini.

Kerugian Membeli Mobil Bekas Secara Cash

Setelah mengetahui keuntungannya, sekarang kita akan membahas mengenai kerugiannya. Dimana kekurangan tersebut tentu saja akan berhubungan dengan performa mesin dari mobil tersebut.

Terkait:  Merawat Ban Mobil: Tips Mudah Melakukannya

Ya, hal ini beraitan dengan masa pakai. Tidak hanya perfoma mesin yang mungkin menurun, namun juga kenyamanan di dalam mobil pun dapat berkurang. Dimana, jika kerusakannnya semakin parah maka jatuhnya akan merugikan.

Kredit Mobil Baru
Kredit Mobil Baru (Sumber Gambar: Google)

Dimana biaya perbaikan juga akan mahal. Selain itu, waktu akan hilang untuk perbaikan. Sehingga, ketika akan membeli mobil bekas Anda harus teliti dan sabar. Bahkan jika bisa Anda membawa teman yang paham mengenai otomotif untuk membantu memilih mobil bekas yang berkualitas.

Dalam memilih mobil bekas, usahakan tidak lebih dari 10 tahun pemakaian. Pastikan juga komponen hingga spare partnya mudah didapatkan dengan harga yang tidak mahal. Bayangkan, mobil bekas yang Anda beli memang murah, tetapi ternyata harga spare partnya melambung tinggi, bahkan sangat sulit dicari. Ini kerugian yang paling besar bagi anda.

Baca Juga: Cara Memakai Sabuk Pengaman Mobil dengan Tepat & Aman

Selain perfoma mobil bekas yang menurun, konsumsi bahan bakarnya juga kerap menjadi tidak efisien. Jadi rasanya Anda akan rugi apabila membeli mobil bekas tanpa memperhatikan banyak hal.

Ya, itulah ulasan mengenai keuntungan dan kerugian membeli mobil baik kredit mobil baru atau beli cash mobil bekas. Jadi, pertimbangakan kerugian dan keuntungan tersebut. Selain itu Anda dapat meminta saran dari teman yang paham dengan dunia otomotif teruta mobil. Sehingga, dapat memberikan pandangan baru dan menghilangkan keraguan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *