Skip to content

Kopling Mobil: Pengertian dan Cara Menggunakannya

Kopling mobil merupakan perangkat mekanik yang hanya terdapat di mobil transmisi manual. Ya, hal inilah yang membedakan cara pengoperasian antara mobil transmisi manual dan mobil transmisi otomatis.

Meskipun sering mendengar perangkat mekanik yang satu ini, namun sayangnya masih banyak orang yang belum tahu bagimana cara mengoperasikannya. Ya, maklum saja sebab banyak orang yang lebih memilih menggunakan mobil transmisi otomatis.

Sehingga, mereka tidak pernah megoperasikan kopling mobil. Artikel ini akan membahas mengenai cara untuk menggunakan kopling mobil dengan benar. Jadi, kalian akan paham mengenai komponen yang satu ini.

Apa Kopling Mobil?

Peranan kopling pada sebuah mobil sangatlah besar. Sebab, tanpa adanya komponen ini, maka mobil tidak akan bisa diatur tingkat kecepatan mesinnya.. Kopling merupakan perangkat mekanik yang memulai dan memberhentikan transmisi kekuatan, terutama dari drive shaft ke driven shaft.

Pada aplikasi ter sederhananya, kopling menghubungkan dan memutus hubungan antara dua shaft yang berotasi. Dimana kopling mempunyai fungsi sebagai komponen yang menghubungkan atau memutuskan putaran mesin yang menuju sistem transmisi. Tujuannya agar roda belakang dapat bergerak.

Kopling Mobil
Kopling Mobil (Sumber Gambar: Google)

Fungsi Kopling Mobil

Selain fungsi yang telah disebutkan diatas, masih ada beberapa fungsi dari kopling itu sedniri. Berikut adalah ulasan mengenai fungsi kopling mobil secara lengkap.

Memutus dan Menyambung Tenaga Mesin ke Roda

Fungsi lain dari kopling adalah untuk memutus dan menyambung tenaga mesin ke roda melalui transmisi.

Mengangkat mesin

Kopling pada kendaraan roda empat berperan untuk mengangkat engine pada saat mobil akan bergerak. Hal ini akan mengakibatkan pergerakan mobil yang lebih halus dan lancar.

Mempermudah Pindah Gigi

Fungsi lain dari kopling adalah mempermudah performa kendaraan saat kamu memindahkan. Perpindahan ini akan menjadi lebih halus saat mobil mulai berjalan atau digunakan.

Membantu Menghentikan Mobil Tanpa Mati Mesin

Fungsi lain dari kopling adalah mmebantu menghentikan mobil tanpa harus mematikan mesin mobil. Dengan adanya kopling, kalian dapat menghentikan mobil tanpa perlu mematikan mesin. Saat kendaraan sedang berada di jalanan macet atau lampu merah, hal ini sangat berguna.

Mendongkrak Performa Kendaraan

Kopling mobil juga berfungsi untuk mendogkrak performa kendaraan, loh. Jadi, komponen yang satu ini dapat menigkatkan performa kendaraan dan mesin agar dapat bekerja maksimal. Misalnya salah satunya adalah performa rem mobil.

Dengan adanya kopling dapat berfungsi untuk meningkatkan performa rem kendaraan, terutama saat pengemudi perlu mengerem mendadak atau dalam kondisi darurat.

Cara Menggunakan Kopling Mobil

Dikarenakan saat ini banyak orang yang lebih memilih menggunakan mobil transmisi otomatis, maka tidak heran jika banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara menggunakan kopling mobil.

Berikut adalah ulasan mengenai cara menggunakan kopling mobil yang baik dan benar. Selamat menyimak!

Kopling Mobil
Kopling Mobil (Sumber Gambar: Google)

Cara Menggunakan Saat di Tanjakan

Ada bebera cara yang perlu Anda perhatikan ketika akan melewati jalanan yang menanjak. Pertama ketika Anda berhenti di sebuah tanjakan dan ingin melaju kembali, maka Anda bisa memanfaatkan rem tangan.

Pastikan Anda tidak memakai tenaga kopling. Hal ini dilakukan agar posisi mobil bisa terjaga dengan sangat baik. Apa yang terjadi jika Anda menggunakan kopling?

Hal ini akan membuat mobil tidak memiliki tenaga yang prima untuk bergerak maju tanpa menyentak dan semua beban akan menjadi tanggung jawab kopling.

Selanjutnya, ketika Anda melewati jalan menanjak maka Anda juga dilarang menggenjot pedal kopling dan gas. Menggenjot kopling dan gas secara bersamaan saat jalanan menanjak untuk mempertahankan posisi agar tidak mundur merupakan kesalahan besar.

Tanpa disadari, perilaku tersebut akan membuat panas pelat kopling akibat gesekan yang terus menerus dan menimbulkan bau karet terbakar. Cara terbaik untuk mempertahankan posisi saat tanjakan adalah hanya menginjak remnya saja.

Apabila hendak berakselerasi, bisa gunakan rem tangan sebagai bantuan agar tidak mundur.

Menginjak Kopling Penuh

Pastikan Anda mempelajari cara mengoperasikan kopling dengan baik. Dimana Anda harus memastikan untuk menekan kopling mobil secara penuh. Pada dasarnya banyak sekali orang yang memiliki kebiasaan buruk saat berkendara karena sering mengistirahatkan kaki di bagian pedal kopling.

Biasanya akan terjadi sebuah gesekan yang bisa menyebabkan keausan dalam sistem kopling. Kebiasaan ini sangatlah membahayakan kondisi kopling dan hal ini akan membuat pelat tekanan mulai mengompresi.

Dengan adanya pelat yang melakukan gesekan secara bertubi-tubi akan menyebabkan keausan. Pada saat Anda menggunakan kopling mobil, maka pastikan jangan gunakan kopling sebagai pijakan kaki dan pastikan pedal kopling harus selalu di tekan secara penuh atau Anda jangan menyentuhnya sama sekali.

Cara ini menjadi teknik yang sederhana untuk membuat kopling tetap awet dan tahan lama. Perhatikan bagaimana jarak antara ayunan pedal kopling dan pedal rem atau pedal gas. Lalu lepaskan kopling dengan hati- hati dan secara teratur sampai Anda mendengar suara mesin sudah mulai turun lakukan menginajk pedal kopling berkali- kali agar Anda dapat mengenali suara mesin.

Kopling Mobil
Kopling Mobil (Sumber Gambar: Google)

Menetralkan Gigi di Lampu Merah

Cara menggunakan kopling mobil yang selanjutnya adalah dengan memastikan kita menetralkan gigi saat di lampu merah. Hindari menginjak kopling dengan posisi gigi 1 atau 2 aktif saat menunggu lampu merah.

Sebab, menginjak kopling di posisi gigi 1 atau 2 saat menunggu lampu merah atau sedang berhenti tidak disarankan. Sebaiknya ketika mobil berhenti sesaat di lampu merah, pindahkan gigi ke posisi netral.

Dengan begitu kaki bisa beristirahat tanpa harus menginjak kopling dan menghindari menipisnya kopling. Namun ada beberapa pengemudi yang masih melakukan hal ini. Bukan tanpa alasan tentunya mereka melakukan hal ini.

Alasannya agar siap sedia dalam kondisi stand by, sehingga saat lampu hijau menyala sudah tidak lagi dibebankan dengan memasukkan gigi dan menginjak kopling. Dengan cara ini juga membuat kopling tidak awet, loh.

Perlu diingat, biaya pergantian kopling cukup merogoh kocek Anda. Untuk itu sebaiknya dirawat dengan melakukan 6 cara menggunakan kopling mobil yang benar seperti di atas.

Menghindari Penggunaan Gigi Tidak Sesuai

Cara menggunakan kopling mobil yang terakhir adalah menghindari penggunaan gigi tidak sesuai. Hindari menggunakan gigi tinggi pada kecepatan rendah. Bila Anda melakukan hal itu sama saja dengan menambah beban kerja kopling dan memungkinkan terjadi selip pada kampas kopling.
Demikian pula jika Anda melakukan hal sebaliknya, yaitu menggunakan gigi rendah pada kecepatan tinggi.

Itulah fungsi dan juga cara pengoperasian kopling mobil yang perlu diketahui. Jadi, meskipun usdah banyak transmisi mobil otomatis, tidak ada salahnya menggunakan yang manual juga, kok.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *