Kopling mobil juga tidak lepas dari masalah mobil manual. Beberapa bahkan sering mengalami kopling mobil bermasalah secara tiba- tiba. Tentu saja ketika kopling mobil bermasalah maka akan berdampak pada laju mobil itu sendiri. Apabila keadaan kopling mobil bermasalah terus dibiarkan, maka dapat menyebabkan kecelakaan di jalan.

Ya, seperti yang kita ketahui bahwa mobil dengan transmisi manual sangat bergantung dengan performa kopling. Ketika kopling sudah mengalami masalah, maka mobil tersebut tidak akan nyaman untuk digunakan sehari-hari. Sayangnya tidak banyak orang yang tahu apa saja penyebab kopling mobil tidak berfungsi.

Penyebab Kopling Mobil Bermasalah

Kopling mobil adalah salah satu materi penting dari bagian mobil. Keberadannya adalah untuk menjadi penghubung antara gigi transmisi dan poros engkol mobil.

Namun, banyak dari sebagian besar pemilik mobil tidak mengetahui penyebab kopling mobil tidak berfungsi dan bagaimana cara mengatasinya. Berbagai perlakuan sepele, ternyata juga dapat menjadi penyebab tidak berfungsinya kopling.

Letak dari komponen yang satu ini yaitu di bagian paling kiri, sebelah pedal rem dan gas. Dikarenakan komponen yang satu ini penting, maka akan ada masalah yang dapat ditimbulkan berbagai macam masalah lainnya sehingga Anda perlu mengetahui penyebab kopling mobil tidak berfungsi.

Maka, berikut adalah penyebab kopling mobil bermasalah yang perlu Anda ketahui. Sehingga, Anda dapat menghindari melakukannya. Berikut ulasannya untuk Anda.

Baca Juga: FUEL PUMP MOBIL RUSAK: 3 CIRI DAN CARA MENGATASINYA

Kabel Kopling

Jika, kopling mobil bermasalah cobalah periksa kabel kopling. Ya, komponen yang satu ini memang memiliki andil besar dalam kinerja kopling. Maka, pastikan Anda selalu mengecek kabel koling agar kopling mobil tidak bermasalah.

Kopling Mobil Bermasalah
Kopling Mobil Bermasalah (Sumber Gambar: Google)

Maka pastikan kabel kopling selalu dilumasi dengan oli agar tidak kering. Sebab, dalam melakukan pekerjaannya kabel kopling seharusnya dilapisi pelumas. Karena, apabila kabel tidak dilumasi dapat menyebabkan garing dan memperberat kopling dalam proses transmisi gigi.

Kalau sudah begini maka pedal kopling terasa lebih berat dibandingkan biasanya. Untuk masalah ini Anda bisa mendapatkan solusi yang terhitung mudah. Cukup lumuri dengan pelumas agar gesekannya dengan sarung pembungkus kabel kopling lebih sedikit.

Kegunaan cairan pelumas kabel kopling memengaruhi kinerja kopling dan menjadi penyebab jika kopling menjadi tidak berfungsi.

Tidak lupa untuk mengecek dan melumasi kabel kopling menggunakan pelumas adalah salah satu cara untuk mencegah hambatan kinerja kopling mobil. Hanya dengan melumuri kabel kopling menggunakan pelumas agar meminimalisir gesekan dengan sarung pembungkus.

Release Bearing dan Pilot Bearing

Apabila bagian ini rusak maka Anda akan kesulitan dan lebih keras ketika memindahkan gigi mobil. Ya, hal ini menyebabkan kopling mobil bermasalah, bukan?

Release bearing sendiri berfungsi sebagai menekan plat pegas diafragma yang ada di bagian cover clutch. Masalah ini bisa segera diatasi dengan mengganti release bearing yang baru.

Selain itu masih ada komponen yang mungkin menjadi penyebab kopling mobil bermasalah. Komponen tersebut bersinggungan dengan release bearing, yaitu pilot bearing. Pilot bearing berfungsi sebagai penopang input shaft yang bertujuan agar tetap sejajar dengan sumbu tengah poros engkol.

Kerusakan pilot bearing terasa dari sulitnya memindahkan gigi. Selain itu injakan pedal kopling mobil akan terasa keras. Kalau sudah rusak, maka sebaiknya diganti dengan yang baru.

Sistem kerja release bearing dan pilot bearing sebenarnya saling bersinggungan, jadi beberapa tanda kerusakan pada keduanya hampir mirip. Tanda kerusakan pada release bearing adalah terasa berat ketika menginjak pedal kopling.

Kopling Mobil Bermasalah
Kopling Mobil Bermasalah (Sumber Gambar: Google)

Kampas Kopling

Kopling mobil bermasalah juga dapat disebabkan oleh kampas kopling. Kampas kopling bisa menipis hingga uas ketika sudah terlalu lama dipakai. Kondisi yang aus inilah yang dapat menyebabkan kopling bermasalah.

Kondisi kampas kopling yang aus dapat dapat disebabkan oleh penggunaan mobil untuk melewati medan curam atau penggunaan yang terlalu lama. Kalau sudah rusak maka mobil akan kehilangan tenaga hingga peda kopling terasa keras saat ditekan.

Selain itu ada tanda lainnya dari kerusakan komponen ini yakni tercium bau hangus yang cukup sering. Kampas kopling yang sudah tipis sebaiknya diganti dengan yang baru. Jika hal ini terjadi, maka tidak ada cara lain selain segera menggantinya dengan kampas kopling yang baru.

Kopling Mobil Bermasalah
Kopling Mobil Bermasalah (Sumber Gambar: Google)

Kopling Blong

Penyebab kopling mobil bermasalah selanjutnya adalah koplig yang blong. Jika Anda merasakan kopling yang lebih ringan dari biasanya ketika diinjak, maka mobil Anda membutuhkan pemeriksaan. Hal yang perlu diperiksa adalah kondisi minyak rem yang digunakan oleh sistem hidrolik dan kebocoran pada selang dan silinder.

Kemudian apabila telah diketahui, dapat menambahkan minyak rem agar ketidakberfungsian kopling tidak merambat ke rem. Anda juga bisa memperbaiki kebocoran pada selang dan silinder di bengkel.

Apabila kopling terasa lembut atau lebih ringan dibanding biasanya, maka itu adalah tanda dari ketidakberfungsian kopling. Dapat terjadi apabila ada udara terjebak di sistem hidrolik atau kemungkinan kebocoran sistem hidrolik.

Pemeriksaan dibutuhkan apabila menemukan gejala kopling lebih ringan ketika diinjak. Hal perlu diperiksa adalah kondisi minyak rem digunakan oleh sistem hidrolik dan kebocoran pada selang dan silinder.

Kemudian apabila telah diketahui, dapat menambahkan minyak rem agar ketidakberfungsian kopling tidak merambat ke rem. Dapat juga dengan memperbaiki kebocoran pada selang dan dilinder di bengkel.

Kopling Mobil Bermasalah
Kopling Mobil Bermasalah (Sumber Gambar: Google)

Tindakan Memaksa Kopling

Ketika kopling mobil terlalu lembut bukanlah hal baik, apalagi jika kopling terlalu kerasa. Kopling yang keras, macet, atau sulit diinjak ketika diggunakan mengganti gigi juga akan menyusahkan.

Biasanya kopling yang keras, macetatu sulit akan tetap kita paksakan ketika memindah gigi. Maka hal ini dapat mengakibatkan kopling untuk rusak dan berakibat pada bearing akan membuat kopling tidak berfungsi. Apabila suatu ketika kopling mobil sulit untuk diinjak.

Baca Juga: Sering Parkir Tanpa Garasi? Berikut 5 Tips Merawatnya

Maka jangan memaksakan untuk menginjak kopling. Dapat dilakukan dengan menunggu terlebih dahulu atau menepi sebentar untuk melihat keadaan perangkat kopling. Selain itu, dapat diakali dengan menyetel ulang ke posisi bawaan kopling agar tidak terjadi slip.

Itulah beberapa penyebab kopling mobil bermasalah. Kenali penyebabnya dan hindari untuk jangan melakukannya. Dengan menghindarinya, maka Anda telah melakukan perawatan dasar terhadap kopling mobil Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *