Komponen Peredam Suara Mobil : Apakah Menguntungkan atau Merugikan?

  • by
  • 6 min read

Beberapa mobil sengaja dipasangi alat komponen peredam suara mobil agar kebisingan berkurang. Namun, seperti penambahan komponen atau aksesoris untuk mobil, penambahan komponen peredam suara mobil juga memiliki dampak yang menguntungkan dan merugikan.

Fungsi dari komponen peredam suara mobil ini adalah untuk membuat bagian dalam kendaraan menjadi lebih senyap dan tidak mengganggu dengan suara bisingnya. Sehingga kabin terasa tidak bising dan terhindar dari suara kasar mesin.

Selain itu dengan adanya komponen peredam akkan meningkatkan kualitas audio mobil, karena dengan tidak adanya suara yang masuk dari luar maka audio mobil akan terdengar lebih jernih dan jelas.

Tapi Anda perlu memperhatikan telah melakukan pemasangan komponen peredam tidak boleh terlalu senyap, karena dikhawatirkan suara dari luar benar-benar tidak terdengar dari dalam.

Usahakanlah ketika memasang komponen peredam suara Anda masih bisa mendengarkan suara klakson dari luar, sehingga Anda bisa mewaspadai apabila ada klakson dari belakang. Sehingga dari sini kita dapat mengetahui apa shal yang menguntungkan dan merugikan dari pemasangan komponen peredam suara mobil.

Artikel kali ini akan membahas mengani hal mengentungkan dan merugikan dari komponen peredam suara. Sehingga dapat menjadi pertimbangan Anda ketika akan memasang komponen peredam suara mobil.

Keuntungan Komponen Peredam Suara Mobil

Hal yang akan kita bahas pertama yaitu mengenai keuntungan apabila Anda memasan komponen peredam suara mobil. Berikut adalah keuntungan dari memasang komponen peredam suara mobil.

Terkait:  Alasan Knalpot Mobil Mengeluarkan Air dan Asap, Apakah Normal?

Suara Audio Mobil Lebih Jelas dan Enak Didengar

Keuntungan dari memasang komponen peredam suara mobil adalah suara audio mobil akan lebih terdengan jelas dan enak. Inilah yang menjadi salah satu yang paling sering menjadi alasan, mengapa banyak penghobi musik memasang komponen peredamini agar bisa mendengar suara musik dengan jelas.

Baca Juga: RPM Mobil Naik Turun: Mengetahui Sumber Masalah

Selain itu, hal ini tentu saja akan menguntungkan bagi Anda yang senang mendengarkan musik di perjalanan, karena lagu bisa terdengar lebih jernih di telinga. Dengan memasang komponen peredam suara di dalam mobil, maka semakin minimnya suara yang masuk kedalam mobil. Sehingga, suara didalam mobil menjadi lebih jelas dan jernih.

Komponen Peredam Suara Mobil
Komponen Peredam Suara Mobil (Sumber Gambar: Google)

Audio mobil ini bisa lebih jelas dan enak didengar karena tidak tercampur dengan suara bising dari luar. Komponen peredam suara tersebut membuat suara bising yang berasal dari luar tidak terlalu jelas dan besar volumenya, sehingga penumpang mobil bisa mendengarkan suara audio dengan fokus dan nyaman.

Mobil Menjadi Nyaman Saat Dikendarai

Keuntungan lain dari memasang komponen peredam suara mobil adalah memberikan rasa nyaman ketika mobil dikendarai. Mobil akan semakin nyaman saat dikendarai, karena Anda tidak akan terlalu mendengar suara dari mesin mobil Anda maupun dari luar kendaraan.

Ya, Anda akan merasa nyaman karena tidak mendengar suara mesin sendiri. Seperti yang kita ketahui bahwa mesin obi mempunyai suara yang cukup keras. Hal ini tentu dapat mengganggu kosentrasi Anda selama mengemudi.

Inilah, fungsinya predam suara mobil. Dengan tidak adanya suara yang mengganggu saat mengendarai mobil, maka pengemudi bisa lebih fokus untuk memperhatikan jalanan.

Mampu Meredam Suara Ban, Mesin, dan Hujan

Keuntungan ketika Anda menggunakan komponen peredam suara mobil adalah suara ban mobil tidak terelalu terdengar. Ya, apabila Anda memasangnya di lantai mobil maka akan meredam suara suara yang ditimbulkan oleh ban.

Terkait:  Relay Mobil: Apa Fungsinya?

Dengan adanyanya redaman suara ban maka Anda dapat mengemudi dengan nyaman. Di samping itu, komponen peredampada mobil ini juga efektif untuk mengurangi suara dari mesin yang akan masuk ke dalam kabin.

Komponen Peredam Suara Mobil
Komponen Peredam Suara Mobil (Sumber Gambar: Google)

Selain itu, komponen peredam suara ini juga dapat dipasang di plafon mobil, loh. Dengan dipasang pada bagian plafon mobil maka dapat meredam suara hujan. Pemasangan firewall atau dibalik dashboard, untuk mengurangi suara dari mesin masuk kedalam kabin mobil.

Kerugian Komponen Peredam Suara Mobil

Dengan keutungan dias, tentu Anda mungkin ingin memasang komponen peredam suara mobil, buka? Terutama ketika kenyamanan berkendara ditawarkan. Eitz, selain keuntungannya, Anda juga harus mengetahui kerugian apabila Anda memasang komponen peredam suara mobil.

Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Berbahaya Jika Suara Sekitar Tidak Terlalu Terdengar dengan Jelas

Kerugian dari memasang komponen peredam suara mobil yang pertama mungkin akan menimbulkan bahaya. Anda bisa saja tidak terlalu mendengar suara dari luar karena memasang komponen peredamdi bagian dalam kendaraan, sehingga mobil terlalu senyap.

Komponen Peredam Suara Mobil
Komponen Peredam Suara Mobil (Sumber Gambar: Google)

Sebab, apabila Anda memasang komponen peredam suara maka ada kemungkinan Anda tidak dapat mendegar dengan jelas suara disekitar Anda. Dan bahayanya bila anda membuat mobil anda terlalu senyap, anda tidak akan mendengar suara klakson dari luar.

Sehingga bila terdapat isyarat dari luar anda tidak akan mendengarnya. Hal ini bisa merugikan keselamatan ketika berkendara, salah satunya adalah apabila Anda tidak dapat mendengar klakson mobil lain.

Engsel Pintu Mobil Akan Cepat Aus

Kerugian selanjutnya dengan memasang komponen peredam suara mobil adalah adanya kemungkinan engsel pintu mobil akan lebih ceat aus. Apabila Anda menggunakan komponen peredamyang berbobot, maka akan berkemungkinan engsel pintu mobil menjai lebih cepat aus.

Terkait:  Rekomendasi Merek Cover Mobil Berkualitas

Sehingga anda perlu memperhatikan bobot dari komponen peredamyang akan anda gunakan.
Pemasangan komponen peredam suara yang asal pilih juga biasanya akan memberatkan mobil.

Oleh sebab itu, perhatikan berat komponen peredam suara pada mobil yang akan dipilih sebelum memasangnya agar tidak merasa rugi. Jadi, jangan asal memasang komponen peredam suara, ya.

Mempengaruhi Bobot Mobil

Dampak yang akan Anda dapatkan ketika memasang komponen peredam suara mobil lainnya adalah bertambahnya bobot mobil. Sehingga bobot mobil akan menjadi lebih berat. Bobot yang dimiliki komponen peredamaspal biasanya lebih berat, sehingga akan membebani mobil.

Baca Juga: Tips & Trik: 4 Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet

Lalu apa dampaknya ketika bobot mobil bertambah berat? Dampak dari hal ini adalah mobil bisa jadi akan kesulitan untuk melaju di kecepatan tinggi karena bobotnya tersebut. Di samping itu, pengemudi juga akan lebih sulit untuk mengendalikan mobil.

Itulah keuntungan dan kerugian dari memasang komponen peredam suara mobil. Sehingga, pertimbangakan sebelum memutuskan untuk memasangnya. Selain itu, Anda dapat melakukan konsultsi terlebih dahulu sebelum memasangya. Sehingga, komponen peredam suara mobil yang dipasang sesuai dan tidak menimbulkan kerugian bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *