Komponen Motor yang Harus Rutin Dicek saat Musim Hujan

  • by
  • 6 min read

Melakukan cek komponen secara rutin wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan baik sepeda motor maupun mobil. Artikel kali ini akan membahas komponen motor yang harus rutin dicek saat musim hujan.

Ya, ada beberapa komponen motor yang harus rutin dicek saat musim hujan. Sebab, ketika musim hujan koponen ini tidak hanya terkena debu, namun juga air hujan. Dimana air hujan ini dapat memberikan efek yang kurang baik pada komponen.

Apa efeknya jika air hujan mengenai komponen motor? Efek Air hujan yang mengandung asam berpotensi memicu timbulnya korosi. Ketika air hujan yang menempel pada logam tak dibersihkan, lalu kembali terkena panas matahari yang menyengat.

Efek paling buruk terjadi saat air hujan yang telah menempel di kendaraan terkena sengat matahari. Hal itu berakibat lebih cepat karatan pada komponen tertentu. Baiknya, segeralah cuci kembali kalau kena hujan.

Komponen Motor yang Harus Rutin Dicek saat Musim Hujan

Dikarenakan efek air hujan yang kurang baik untuk kendaraan, maka ada beberapa komponen yang harus dilakukan cek. Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Baca Juga: RPM Mobil Naik Turun: Mengetahui Sumber Masalah

Kondisi Ban Motor

Komponen motor yang harus rutin dicek saat musim hujan salah satunya adalah ban. Hal ini dikarenakan ban merupakan komponen yang dapat mempengaruhi keselamatan selama Anda berkendara.

Selain itu, ban merupakan satu-satunya komponen motor yang merekat dan bersentuhan langsung ke aspal yang berfungsi melajukan kendaraan. Sehingga ada beberapa hal yang perlu Anda pastikan terkait kondisi ban selama musim hujan.

Terkait:  Membeli Motor Bekas: 6 Hal Yang Harus Di Cek

Pertama, pastikan alur tapak ban tidak tipis dan tidak gundul. Jika di dapati tapak ban alus dan gundul segera ganti dengan yang baru. Mempertahankan ban yang sudah aus akan sangat berbahaya untuk keselamatan Anda di kala hujan.

Selain itu, sebelum memulai aktivitas, luangkan waktu untuk melakukan pengecekan pada komponen ban, mulai dari pola kembang ban hingga tekanan udara ban. Disarankan tekanan ban tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah serta pastikan ban tidak gundul agar terhindar dari selip dan tergelincir saat melewati jalan licin.

Memastikan Kondisi Rantai Motor

Rantai merupakan komponen motor yang harus rutin dicek saat musim hujan. Namun, sepeti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa air hujan dapat menyebabkan komponen berkarat.

Komponen Motor yang Harus Rutin Dicek saat Musim Hujan
Komponen Motor yang Harus Rutin Dicek saat Musim Hujan (Sumber Gambar: Google)

Nah, hal ini lah yang dapat menyebabkan rantai dan gir akan berkarat, pelumas yang menempel pada komponen tersebut juga akan bercampur pasir dan lumpur. Berakhir pada tingkat friksi yang terlalu besar lalu terjadi aus.

Maka dari itu periksa kondisi rantai motor Anda dengan teliti pastikan tidak kering, kotor dan berkarat. Untuk merawat komponen ini pengendara sebaiknya melakukan pembersihan rantai dan gir, lalu komponen tersebut dilumasi kembali supaya gesekannya minim, dan masa pakainya lebih lama.

Kondisi Shockbreaker Motor Anda

Komponen motor yang harus rutin dicek saat musim hujan selanjutnya adalah Shockbreaker. Alasannya sama dengan rantai, bahwa air hujan dapat menyebabkan karat pada komponen ini. Shockbreaker sendiri berfungsi sebagai peredam kejut pada motor pada saat kita berkendara di polisi tidur, jalan berlubang maupun jalan berkerikil.

Air hujan dapat menyebabkan karat pada komponen ini, untuk ituperlunya pembersihan secara menyeluruh pada shockbreaker jika terkena hujan. Sebab ada efek buruk ketika komponen satu ini berkarat, loh. Yaitu akan timbul bunyi pada bagian shockbreaker saat berkendara. Sehingga, hal tersebut pastinya akan mengganggu kenyamanan Anda dalam berkendara.

Terkait:  Tips & Trik: Membeli Helm di Online Shop, Siapa Takut?

Kondisi Kampas Rem

Komponen motor yang harus rutin dicek saat musim hujan selanjutnya adalah kondisi kampas rem. Kampas rem merupakan koponen untuk mengurangi kecepatan berkendara. Dimana kita membutuhkan rem yang pakem saat berkendara.

Komponen Motor yang Harus Rutin Dicek saat Musim Hujan
Komponen Motor yang Harus Rutin Dicek saat Musim Hujan (Sumber Gambar: Google)

Untuk penting untuk selalu melakukan cek pada bagian ini secara berkala. Pastikan bahwa kondisi kampas rem motor Anda untuk memastikan kelayakan kampas rem. Sebab taukah kalian jika kampas rem akan mudah aus ketika sering terkena air hujan?

Sebab air hujan bersama partikel kecil seperti pasir akan masuk melalui celah yang ada pada kampas rem, dan akhirnya akan menimbulkan suara berdecit. Tidak hanya suara tersebut akan sangat mengganggu, namun parahnya lagi sistem pengeram pada sepeda motor akan menjadi kurang maksimal.

Tentu saja hal ini akan membahayakan Anda ketika berkendara. Jika dibiarkan, bukan saja kampas rem akan cepat rusak, komponen lain seperti piringan cakram, atau tromol akan terkikis. Oleh karena itu, pengguna sepeda motor diharapkan untuk membongkar roda untuk dicek komponen kampas remnya.

Selain dicek sekalian dibersihkan supaya sistem pengereman prima kembali. Jika ditemui kampas rem yang sudah tipis, abis dan aus maka segera ganti dengan yang baru. Hal itu untuk memastikan kondisi kampas rem dapat berfungsi secara optimal.

Lampu Motor

Komponen motor yang harus rutin dicek saat musim hujan yang terakhir adalah kondisi lampu motor. Pastikan bahwa semua lampu dalam kondisi baik dan berungsi. Pastikan juga sinar lampu tidak redup.

Komponen Motor yang Harus Rutin Dicek saat Musim Hujan
Komponen Motor yang Harus Rutin Dicek saat Musim Hujan (Sumber Gambar: Google)

Sebab, saat hujan turun maka jarak pandang Anda akan berkurang jaraknya.Sehingga, lampu motor akan sangat diperlukan sebagai tanda dan komunikasi dengan sesama pengendara. Untuk itu, kondisi lampu harus menyala secara terang. Agar dapat jelas terlihat.

Terkait:  Tips Berkendara: Tetap Aman Saat Musim Hujan!

Periksa keseluruhan lampu pada motor Anda, mulai dari lampu utama, lampu sein kanan dan kiri serta lampu rem motor Anda. Pastikan lampu tersebut dalam kondisi nyala dan berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Tips & Trik: 4 Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet

Itulah Komponen motor yang harus rutin dicek saat musim hujan. Komponen diatas tidak hanya menunjang keselamatan berkendara saat musim hujan. Namun juga kenyamanan. Pastikan bahwa kondisi komponen diatas dalm kondisi prima selama musim hujan.

Bagi pen gendara sepeda motor harus lebih berhati-hati saat di jalan. Perawatan motor pun harus dilakukan di musim hujan agar terhindar dari kondisi yang mengganggu fungsi motor untuk digunakan beraktivitas.

Jadi, Anda dapat melakukan pengecekan dipagi hari, untuk memastikan komponen tersebut baik- baik saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *