Komponen Mobil Terkena Banjir: Apa Saja Yang Harus Diperiksa Agar Tidak Rusak?

Komponen mobil terkena banjir tentu menjadi perhatian khusus. Apabila komponen mobil terkena banjir, mau tidak mau Anda harus melakukan perawatan ekstra. Namun, apa saja sih komponen mobil yang harus diperiksa ketika mobil terkena banjir?

Memang sebaiknya, semua komponen diperiksa. Dengan kata lain, bawalah mobil Anda ke bengkel untuk mendapatkan perawatan. Namun, apabila dilakukan cek semua akan menimbulkan over budget, maka Anda dapat melakukan untuk komponen penting saja.

Ya, meskipun semua komponen penting, namun beberapa komponen mobil ini harus diperiksa, tidak boleh tidak agar tidak menimbulkan kerusakan pada komponen mobil yang lain dan mengganggu fungsi utama mobil.

Memeriksa Komponen Mobil Terkena Banjir

Kali ini kita akan mengulas secara detail mengenaipa saja komponen mobil yang harus diperiksa ketika terkena banjir. Sehingga, Anda dapat melakukan perawatan bahkan perbaikan jika diperluka.

Sehingga, komponen mobil terkena banjir tidak menimbulkan kerusakan lain pada mobil. Selain itu, apabila komponen mobil terkena banjir hal ini akan berpengaruh pada harga jual mobil.

Ada 8 komponen mobil yang perlu dipastikan kondisinya. Yuk, kita simak secara lengkap mengenai pemeriksaan untuk komponen mobil apabila terkena banjir.

Baca Juga: Perawatan Area Roda Mobil: Apa Saja Yang Harus Dilakukan?

Altenator

Yang harus diperiksa pada komponen mobil terkena banjir adalah kondisi altenator. Alternator merupakan sumber dari seluruh tenaga listrik yang ada di dalam mobil. Ya, biasanya alat ini juga disebut dengan generator karena fungsinya menyuplai listrik ke aki.

Meskipun setelah terkena banjir kendaraan anda tidak mengalami masalah yang mencurigakan, sebaiknya tetap periksakan kendaraan anda agar servis Altenator untuk menghilangkan sisa air yang ada didalamnya. Hal ini disebabkan posisi Alternator.

Ya, komponen yang satu ini terletak di bagian bawah mobil. Sehingga tentu saja menjadi komponen yang paling mudah terkena air. Jika bisa melepas alternator sendiri, akan lebih baik jika dikeringkan terlebih dahulu. Jangan lupa gunakan angin dengan kompresor bertekanan tinggi untuk meniup sisa air.

Selain itu, meskipun meskipun terkena banjir kendaraan tidak mengalami masalah yang mencurigakan, sebaiknya tetap periksakan kendaraan dan melakukan pembersihan alternator untuk memastikan tidak ada sisa air pada bagian tersebut.

Komponen Mobil Terkena Banjir
Komponen Mobil Terkena Banjir (Sumber Gambar: Google)

Ecu

Selanjutnya yang harus diperiksa pada komponen mobil terkena banjir adalah bagian Ecu. Mobil-mobil modern saat ini sudah dilengkapi dengan Electronic Control Unit.Electronic control unit (ECU) merupakan otak dari sebuah mobil.

Jika mobil sudah terendam, maka bagian wajib Anda periksa. Fungsi dari komponen ini adalah mengatur bahan bakar kendaraan. Kalau ECU ini sampai kemasukan air atau ahkan tertup lumpur maka akibatnya sangat fatal karena terdapat komponen seperti IC.

Mobil dipastikan bakal mogok apabila ECU terkena air atau tertutup lumpur. Jadi sebelum hal itu terjadi maka segeralah periksa ECU Anda setelah tergenang banjir. Perhatikan, Anda dapat memanggil mobil derek atau towing untuk membawanya ke bengkel.

Sekadar mengeringkan rasanya tidak apa-apa, tetapi jangan pernah di-starter ya! Karena komponen dalam ECU bisa terbakar.

Soket

Selanjutnya yang harus diperiksa pada komponen mobil terkena banjir adalah soket. Soket adalah tempat dudukan lampu yang juga berfungsi menyalurkan lampu dengan kawat-kawat jaringan listrik. Meski sering dianggap sepele namun soket ini merupakan piranti penting yang dapat menghantar air ke listrik sehingga bisa mengakibatkan konsleting.

Komponen Mobil Terkena Banjir
Komponen Mobil Terkena Banjir (Sumber Gambar: Google)

Sekring

Masih tentang komponen mobil terkena banjir, selanjutnya ada sekring yang harus diperiksa. Sekring berfungsi sebagai penangkal aliran listrik yang menyebabkan korslet. Oleh karena itu, kerusakan pada komponen ini akan langsung berpengaruh pada komponen kelistrikan lainnya. Nah, salah satu yang menyebabkan kerusakan pada komponen ini adalah air.

Kompressor AC

Komposer AC menjdi komponen mobil terkena banjir yang harus diperiksa selanjutnya. Alat ini berfungsi memompa refrigerant untuk menghasilkan hawa dingin ketika AC dihidupkan, jadi jangan heran kalau alat ini terkena air saat banjir maka AC pun tidak akan menyala karena megnethic switch mengalami masalah. Sehingga, akan menimbulkan ketidaknyamanan pada saat mengendari mobil.

Relay

Komponen mobil terkena banjir yang harus diperiksa selanjutnya adalah relay. Ya, lagi- lagi berhubungan dengan kelistrikan. Jadi komponen yang satu ini berfungsi sebagai switch untuk listrik berarus besar seperti dinamo starter atau lampu utama. Apabila alat ini kemasukan air maka bisa dipastikan kendaraan anda akan terjadi konsleting yang bisa mengakibatkan kebakaran.

Kabel

Masih berhubungan dengan kelistrikan, komponen mobil terkena banjir yang harus diperiksa selanjutnya adalah kabel. Meskipun kabel sudah dibungkus, bukan berarti tetap aman, ya. Tetap saja komponen yang satu ini harus dihindari dari air. Sebab, apabila ada celah sedikit saja seperti kabel terkelupas maka siap-siaplah kendaraan anda mengalami masalah yang cukup serius.

Komponen Mobil Terkena Banjir
Komponen Mobil Terkena Banjir (Sumber Gambar: Google)

Oli Mesin, Oli Transmisi dan Oli Gardan

Terakhir untuk komponen mobil terkena banjir yang harus dicek adalah bagian perolian. Ya, lakukanlah ek pada oli mesin, oli transmisi dan oli gardan. Jadi pastikan jika tidak ada air yang meresap ke dalam ruang mesin.

Pastikan oli tidak bercampur dengan air banjir. Oli yang tercampur dengan air banjir berpotensi merusak seluruh komponen di bagian dalam mesin mobil kamu. Cek juga bagian busi dan kabel businya.

Jika dapat dikeringkan, lebih baik dikeringkan dan dibersihkan terlebih dahulu. Selain mesin, Anda juga dapat memeriksa oli transmisi dan oli gardan. Usahakan tidak ada air banjir yang bercampur ke bagian-bagian oli. Karena jika bercampur, akan berpotensi kerusakan di kemudian hari.

Baca Juga: Rekomendasi Merk Sarung Jok Mobil: Bagus dan Berkualitas

Ya, itulah 8 komponen mobil terkena banjir yang wajib Anda periksa. Pastikan jika mesin, ruang mesin, dan komponen kelistrikan terlebih dahulu. Jika, mobil Anda keluaran terbaru jangan lupa untuk memeriksa bagian injektor.

Mobil baru dengan teknologi injeksi pasti memiliki seperangkat nosel penyemprot bahan bakar yang juga diaktifkan lewat listrik. Meski tenaganya kecil namun nosel injektor sangat rawan terkontaminasi air.

Nah, jika Anda memiliki asuransi, cobalah kalim untuk perbaikan mobil. Sehingga, biaya yang Anda keluarkan tidaklah terlalu banyak.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.