Salah satu tips dalam membeli mobil klasik agar tidak salah adalah dengan memastikan kondisi komponen mobil klasik yang akan dibeli. Pastikan Anda memeriksa komponen mobil klasik secara kseluruhan.

Dalam memeriksa komponen tersebut, Anda dapat meminta bantuan teman yang ahli dan paham mengenai mobil klasik. Hal ini dilakukan mengingat mobil yang klasik bahkan antik, biasanya akan sulit mendapatkan komponen yang baru apabila mengalami kerusakan.

Selain itu, memeriksa komponen mobil klasik sebelum membeli juga mencegah biaya perbaikan yang berlebihan yang dikarenakan kondisi komponen yang sudah tidak prima. Sehingga, berdampak bada biaya perawatan mobil yang akan sangat tinggi.

Komponen Mobil Klasik Yang Harus Diperiksa

Lalu, apakah kita harus memeriksa semua komponen dalam mobil? Intinya, telitilah sebelum memilih mobil klasik. Lakukan pemeriksaan pada komponen mobil klasik yang penting.

Pemeriksaan komponen sangatlah penting. Sebab, seperti yang kita ketahui bahwa memiliki mobil berusia tua tentu memerlukan perawatan khusus, agar tidak menimbulkan berbagai macam masalah di kemudian hari. Faktor inilah yang terkadang membuat sebagian dari kita akan berpikir berulang kali sebelum memutuskan untuk meminang mobil keluaran lama.

Berikut telah kami rangkumkan komponen mobil klasik yang penting untuk diperiksa sebelum memutuskan untuk membelinya. Apa saja komponen tersebut? Simak ulasan dibawah ini.

Sasis dan Kaki-Kaki Mobil

Komponen Mobil Klasik
Komponen Mobil Klasik (Sumber Gambar: Google)

Kita bahas komponen dari bagian paling bahwah, yaitu sasis dan kaki- kai mobil. Ya, komponen mobil klasik bagian ini perlu Anda perhatikan betul. Mengingat biasanya bagian Sasis dan kaki-kaki mobil tua cenderung sudah mulai ringkih sehingga berpotensi bermasalah di jalan.

Pastikan juga bagimana ketersediaan komponen di pasaran. Jadi, dikarenakan komponen ini merupakan bagian paling vital, maka harus Anda amati dengan teliti. Tidak ada salahnya juga untuk meminta bantuan pengecekan khusus untuk bagian sasis dan kaki-kaki. Sehingga Anda dapat mengetahui kondisi keseluruhan dari depan hingga belakang.

Baca Juga: Rekomendasi Sepeda Motor Bebek: 4 Pilihan Terbaik!

Knalpot

Komponen mobil klasik yang harus Anda periksa selanjutnya adalah knalpot. Kenapa knalpot harus diperiksa? Perlu diketahui bahwa salah satu indikasi mesin mobil masih berada dalam kondisi baik adalah dengan melihat gas buangan dari knalpot. Jadi, ketika knalpot masih mengeluarkan air, maka dipastikan tidak ada kebocoran oli.

Komponen Mobil Klasik
Komponen Mobil Klasik (Sumber Gambar: Google)

Jadi, Anda dapat meminta untuk melakukan test drive. Hal ini dilakukan untuk menguji mobil. Cobalah mobil beberapa menit untuk melihat emisinya. Mesin mobil masih tergolong baik jika jelaga yang tersisa di knalpot tidak basah dan temperatur mobil berada dalam kondisi normal.

Melakukan test drive juga merupakan tips dalam membeli mobil klasik yang harus Anda lakukan. Tidak hanya untuk mengetahui kenyamanan, namun juga kondisi komponen terutama bagian mesin.

Karburator

Karburator adalah komponen mobil klasik selanjutnya yang perlu mendapatlan pemeriksaan dengan baik. Karurator mungkin identik dengan mobil keluaran lama. Sebab, saat ini sebagian besar mobil keluaran terbaru telah menggunakan sistem injeksi untuk pembakaran.

Jadi, pada mobil keluaran lama termasuk mobil klasik komponen yang satu ini mempunyai fungsi yang tidak kalalah penting. Fungsi dari karburator adalah mencampur udara dan bahan bakar untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna.

Sehingga, sebelum membeli mobil incaran Anda, pastikan karburatornya masih mulus dan terawat, karena karburator yang sudah mulai soak akan berdampak pada borosnya penggunaan bahan bakar.

Eksterior

Komponen mobil klasik yang harus diperhatikan selanjutnya adalah bagian eksterior. Setelah rekomendasi sebelumnya merupakan berhubungan dengan mesin, kali ini kita masuk pada bagian eksterior.

Mememriksa bagian eksterior juga berhubungan dengan biaya perawatan atau perombakan nantinya. Anda mungkin berpikir bahwa eksterior mobil bukanlah suatu masalah besar. Namun, Anda perlu memastikan apakah terdapat karat atau tidak.

Komponen Mobil Klasik
Komponen Mobil Klasik (Sumber Gambar: Google)

Perhatikan apakah ada karat pada mobil atau tidak. Apabila Anda melihat karat pada mobil yang akan dibeli, maka Anda harus mempertimbangkannya kembali.

Hal ini nantinya akan berhubungan dengan biaya perbaikan. Ya, merombak bagian eksterior mobil antik dapat memakan biaya yang lebih besar daripada hanya mengganti beberapa bagian onderdil mobil yang sudah mulai usang.

Sehingga tidak heran jika para pencinta mobil klasik cenderung menhindari pembelian mobil dengan karat. Sebab, mengembalikannya memerlukan perawatan yang ekstensif.

Selain itu, hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah jangan sampai bodi mobil mengalami kerusakan yang sangat parah. Sebab, biaya memperbaiki bodi tergolong lebih tinggi dibandingkan dengan bagian mobil yang lainnya. Ya, hal ini sama seperti memperbaiki mobil dengan karat.

Sebab, pada mobil klasik, bagian bodi mobil merupakan prioritas utama yang harus diperhatikan.Jadi, pertimbangkan kondisi mesin maupun badan mobil dan cari tahu perkiraan biaya yang harus Anda keluarkan nantinya.

Surat Kelengkapan

Komponen mobil klasik yang harus mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut adalah kelengkapan surat mobil. Kelengkapan dokumen dan berkas mobil tidak kalah penting dibanding faktor lainnya.

Tentunya Anda wajib was-was jika mobil yang telah Anda sukai ternyata tidak disertai dengan STNK atau BPKB yang jelas. Jika Anda membeli mobil keluaran sebelum tahun 1970, periksa juga boekpass mobil tersebut. Boekpass merupakan sertifikat kendaraan bermotor sebelum dikeluarkannya BPKB.

Selain itu, cocokan isi dalam surat dengan kendaraan aslinya. Apakah ada modifikasi yang dilakukan atau tidak. Pemodifikasi harus memastikan keabsahan Bahkan termasuk memodifikasi bagian mesin. Sebab komponen mesin umumnya masih tersedia, atau jika agak sulit ditemukan, bisa melakukan subtitusi dengan komponen mobil lain.

Sebab mobil lawas dengan pajak hidup lebih bernilai ketimbang mobil yang bodong. Selain itu, pastikan apakah ada asuransi mobil atau tidak. Periksa juga dokumennya.

Baca Juga: Aplikasi My Yamaha: Mengetahui Layanannya & Cara Pakainya

Itulah beberapa komponen mobil yang harus Anda pastikan sebelum memutuskan untuk membelinya. Memiliki mobil berusia tua tentu memerlukan perawatan khusus, agar tidak menimbulkan berbagai macam masalah di kemudian hari.

Faktor inilah yang terkadang membuat sebagian dari kita akan berpikir berulang kali sebelum memutuskan untuk meminang mobil keluaran lama, termasuk. Ingat selalu, tips sebelum memutuskan membeli mobil klasik. Sehingga, mobil yang Anda beli benar- benar sesuai dengan yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *