Karburator pada mobil memiliki ruang bakar yang fungsinya adalah sebagai tempat pembakaran antara udara, percikan api dari busi dan juga bahan bakar. Letak dari ruang bakar adalah pada kepala silinder.

Peranannya yang penting tidak terlepas dari berbagai jenis komponen karburator mobil yang membentuknya. Ya, tidak hanya motor ternyata yang memiliki komponen karburator, ternyata mobil juga mempunyai komponen karburator.

Komponen ini sudah dikenal sejak tahun 1980an dan digunakan secara massal untuk semua jenis mobil. Perannya sangat besar untuk kendaraan dan dibutuhkan perawatan berkala agar setiap komponen karburator mobil dapat bekerja dengan baik.

Macam- Macam Komponen Karburator Mobil

Saat ini kebanyakan mobil baru sudah menggunakan sistem injeksi menggantikan komponen karburator. Meskipun begitu masih banyak orang yang memiliki mobil dengan sistem karburator.

Sehingga, bagi Anda yang masih menggunkan karburator penting sekali untuk mengetahui komponen karburator mobil. Sehingga, semua komponen karburator mobil ini harus dirawat dengan baik bahkan sampai komponen terkecilnya. Jika salah satu komponen mengalami kerusakan akan mengganggu sistem ruang bakar dan tenaga yang dihasilkan tidak sempurna.

Berikut adalah komponen karburator mobil yang penting untuk Anda ketahui.

Baca Juga: Memastikan Komponen Mobil Klasik Sebelum Membelinya!

Float Chamber

Komponen karburator mobil yang pertama akan kita bahas adalah float chamber. Fungsi dari komponen yang satu ini yaitu sebagai ruang pembakaran bahan bakar mobil. Dengan adanya komponen ini, maka fungsi karburator yang utama adalah sebagai mekanisme pembakaran bahan bakar pada sebuah mobil. Letak komponen ini sendiri ada di kepala silinder.

Komponen karburator mobil ini harus bebas dari kerak atau kotoran yang terbawa oleh bahan bakar dan udara. Oleh karena itulah sebelum udara maupun bahan bakar masuk ke sini harus melalui filter terlebih dahulu, sehingga kualitasnya terjamin.

Cara kerjanya yaitu pada ruang bakar, bahan bakar mobil akan dicampurkan dengan udara yang sudah dikompresi melalui piston di dalam silinder itu sendiri. Setelah dua material tersebut sudah tercampur, maka proses pembakaran pun akan berjalan.

Komponen Karburator Mobil
Komponen Karburator Mobil (Sumber Gambar: Google)

Floater

Komponen karburator mobil yang selanjutnya adalah floater atau biasa juga disebut dengan pelampung. Komponen yang satu ini mempunyai peranan yang sangat penting, dimana bertugas menentukan apakah akan terjadi banjir atau tidak.

Cara kerja dari pelampung adalah mengikuti ketinggian dari bahan bakar yang masuk ke ruang pelampung. Jadi, Kinerja floater bergantung pada tinggi rendahnya level bahan bakar kendaraan. Dengan adanya pelampung, maka level ketinggian bahan bakar kendaraan juga akan stabil.

Ukuran komponen ini sendiri sangat kecil, namun dengan ukuran tersebut perannya sangat vital. Ketika bahan bakar sudah penuh maka jarum pelampung yang tergabung dalam komponen ini akan menutup saluran bensin. Sehingga suplai bensin ke dalam ruang bakar tidak berlebihan dan pembakaran terjadi dengan sempurna.

Choke Valve

Komponen karbrator mobil yang selanjutnya adalah choce valve. Fungsi choke valve sendiri adalah untuk menambahkan jumlah campuran bahan bakar. Bentuk dari komponen ini mirip dengan katup gas dan fungsinya tidak jauh berbeda yaitu menutup saluran udara yang masuk ke mesin.

Dengan begitu maka mobil juga akan lebih mudah untuk dihidupkan. letak dari choke valve adalah sebelum venturi. Komponen ini memiliki peran yang sangat penting pada mobil yang jarang dihidupkan atau selalu dalam keadaan diam dan dingin.

Gunakan komponen choke valve ini untuk menghidupkan kendaraan yang lama tidak digunakan. Setelah mesin mobil menyala, maka segera kembalikan komponen ini pada posisi yang semula. Cara kerja komponen yang satu ini adalah pada saat katup ditutup maka bensin yang masuk ke dalam ruang pelampung karena hisapan piston akan lebih banyak.

Campuran yang terjadi pun akan lebih banyak dan dibutuhkan ketika cold start yakni banyak bensin mengembun pada dinding intake.

Komponen Karburator Mobil
Komponen Karburator Mobil (Sumber Gambar: Google)

Throttle Valve

Throttle valve adalah kompoenen karburator mobil selanjutnya. Komponen yang juga biasa disebut dengan piston valve. Fungsinya untuk mengatur seberapa besar banyak campuran udara ke dalam ruang bakar.

Komponen throttle valve sendiri bekerja dengan komponen main jet yang beriringan. Ketika komponen ini terbuka maka jarum pada main jet akan terbuka. Perawatan pada komponen ini sangat penting karena paling mudah mengalami kerusakan.

Jadi, tidak heran apabila kedua komponen ini sering disebut dengan sebuah komponen yang satu kesatuan.

Main Jet

Komponen ini adalah komponen yang beriringan dengan throttle valve. Ya, komponen karburator mobil yang satu ini juga biasa disebut dengan main nozzle. fungsi main jet sendiri adalah untuk mengatur seberapa banyak bahan bakar pada kendaraan yang akan disalurkan ke ruang bakar.

Bahan bakar tersebut akan dicampur dengan udara yang disalurkan oleh throttle valve. Tujuannya agar perbandingan bensin dan udara yang bercampur tetap stabil. Bentuknya seperti jarum dan mengerucut ke bagian bawahnya. Pada saat pedal gas ditekan maka jarum ini akan terangkat dan bahan bakar keluar dan bercampur dengan udara.

Bentuknya sendiri berbentuk kerucut namun terbalik, semakin ke bawah maka semakin lancip. Ketika kamu menekan pedal gas, maka main jet ini akan terangkat. Jumlah bahan bakar kendaraan yang masuk ke ruang bakar juga akan semakin besar, dan tentu saja mobil akan melaju lebih cepat.

Komponen Karburator Mobil
Komponen Karburator Mobil (Sumber Gambar: Google)

Slow Jet

Komponen karburator mobil ini juga saluran bensin yang terhubung antara ruang pelampung ke intake manifold. Hanya saja fungsinya adalah untuk mengalirkan bensin ketika mobil dalam kondisi idle.

Fungsi slow jet sendiri adalah untuk memasok bahan bakar kendaraan dan juga udara bersih ketika mobil sedang kondisi idle atau mati. Bensin juga akan dialirkan ke dalam idle jet yang letaknya setelah katup gas. Dengan begitu, mobil sendiri bisa dihidupkan kembali nantinya, Bentuk slow jet sendiri mirip lubang kecil yang terletak di bagian depan karburator.

Baca Juga: Aplikasi My Yamaha: Mengetahui Layanannya & Cara Pakainya

Itulah komponen karburator mobil yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya, karburator dalam mobil menjadi komponen yang peranannya sangat penting dan tugas pemilik mobil adalah selalu rutin mengecek kondisi karburator. Dalam sebuah karburator, tentu ada beberapa komponen yang bekerja dan setiap komponen memiliki peranan yang berbeda-beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *