Taukah kalian jika banyak jenis komponen pada kaki mobil? Ya, bahkan setiap komponen kaki kaki mobil memiliki fungsinya masing- masing.

Sebagian pasti sudah tahu jika ban termasuk bagian dari komponen kaki mobil. Namun ternyata masih ada beberapa komponen yang perlu Anda ketahui. Sebab komponen ini satu sama lain saling melengkapi. Sehingga mobil dapat melaju sesuai dengan fungsinya.

Pentingnya mengetahui setiap komponen kaki mobil, akan berhubungan dengan cara merawatnya. Sebab setiap komponen mempunyai fungsi, sehingga akan ada caranya sendiri merawatnya.

Komponen Kaki Mobil & Fungsinya

Kaki mobil adalah salah satu komponen penting mobil yang ada di bagian bawah. Setiap jenis komponen kaki-kaki ini harus dirawat dengan baik.

Kaki mobil adalah salah satu komponen yang ada pada mobil dan harus Anda perhatikan. Singkatnya, ini adalah beberapa komponen mobil bagian bawah, sehingga disebut sebagai kaki-kaki.

Berikut telah kami rangkum mengenai komponen kaki mobil beserta fungsinya satu sama lain.Sehingga, Anda mengetahui perawatan yang sesuai untuk setiap komponen kaki mobil.

Baca Juga: Memastikan Komponen Mobil Klasik Sebelum Membelinya!

Ban

Ban merupakan komponen kaki mobil yang sudah paling diketahui setiap orang. Ban Mobil adalah Komponen Kaki Mobil yang utama dalam kendaraan,apapun jenis kendaraan pasti ada roda sebab kalau tidak ada rodanya maka kendaraan tidak akan berjalan.

Ada beberapa fungsi pada ban atau roda mobil. Fungsi yang pertama adalah sebagai penahan seluruh berat kendaraan. Selain itu, fungsi ban adalah sebagai bantalan yang menghubungi antara permukaan jalan dengan kendaraan. Yang terakhir adalah mengatur kenyamanan pada saat berjalan di permukaan tidak rata dan menahan goncangan di jalan berlubang.

Apabila ingin memastikan kaki pada mobil yang bagus dan belum mengalami kerusakan maka Anda perlu juga memperhatikan bagian ban. Hal ini karena ban adalah bagian yang sering mengalami gesekan dengan aspal sehingga mudah pula mengalami masalah.

Sangatlah penting dalam mencari ban yang empuk, bagus dan anti slip. Apabila ban sudah mengalami kebotakkan,segeralah ganti ban lama anda dengan yang baru karena dapat mengakibatkan ban menjadi licin,kehilangan arah,sulit bermanuver. Penyebab ban cepat botak adalah karena tekanan angin yang kurang pada ban, membawa terlalu banyak beban, jarang membersihkan ban serta sering berkendara dengan kecepatan yang tinggi.

Velg

Komponen kaki mobil yang selanjutnya adalah vleg. Ya, komponen yang satu ini masih erat kaitannya dengan ban. Bahakan satu paket dengan ban. Maka tidak heran jika cara mengetahui kerusakan sama dengan cara mengetahui dengan kerusakan pada ban.

Perhatikan kondisi fisik, apakah terlihat pecah- pecah, penyok atau ada retakan. Cara lain mengetahui apakah velg mengalami kerusakan atau tidak adalah dengan cara mendeteksi kerusakan pada bagian velg juga bisa dideteksi pada saat mobil berjalan.

Apabila saat mobil berjalan velg goyang, maka kemungkinan salah satu velg peyang pada salah satu bagiannya. Jadi, pastikan Anda tidak melewatkan perawatan dan pengecekan pada bagian ini.

Komponen Kaki Mobil
Komponen Kaki Mobil (Sumber Gambar: Google)

Bearing

Komponen kaki mobil yang selanjutnya adalah bearing. Apa itu bearing? Bearing adalah salah satu bagian yang menjadi bantalan di roda, sehingga akan sangat berpengaruh pada perputaran roda. Biasanya juga disebut dengan laher.

Bearing merupakan factor kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara karena sebagai komponen sentral, apabila tanpa adanya bearing roda akan cepat panas berlebih, bergetar dan komponen putar yang ada di dalamnya menjadi patah. Kerusakan terjadi bisa dari beberapa hal, mulai dari usia pemakaian, kualitas barang sampai cara penggunaanya.

Jadi, apabila Anda mendengar suara bising atau gemuruh maka hal ini bisa menjadi tanda masalah pada komponen ini. Solusinya yaitu menggantinya dengan bearing yang baru.

Suspensi

Komponen kaki mobil selanjutnya merupakan komponen yang dapat meredam guncangan pada mobil. Ya, komponen tersebut adalah suspensi. Suspensi adalah komponen kaki kaki Mobil yang berfungsi sebagai peredam kejutan atau getaran yang terjadi pada kendaraan akibat jalanan yang tidak rata yang dapat meningkatkan kenyamanaan berkendara dan pengedalian kendaraan.

Suspensi biasanya terbuat dari bahan baja anti karat sehingga akan sulit terjadi korosi pada komponen tersebut. Suspensi terletak antara roda dengan bodi kerangka mobil. Pada umumnya suspensi di bagi menjadi dua type yaitu type rigid dan type independent atau bebas.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kerusakan pada bagian ini. Salah satunya adalah dengan memperhatikan apakah ada suara bising saat mobil melaju.

Komponen Kaki Mobil
Komponen Kaki Mobil (Sumber Gambar: Google)

Selain itu, pengecekan juga bisa dilakukan dengan memacu mobil dengan kecepatan tinggi di jalan yang lurus. Apabila pada kedua kondisi tersebut mobil terasa limbung, maka artinya sudah waktunya mengganti shockbreaker mobil.

Bushing

Bushing adalah komponen kaki mobil selanjutnya. Bushing berbentuk karet yang berfungsi untuk meredam getaran agar tidak mengganggu komponen logam lain yang tersambung.

Pada umumnya bushing memiliki dua jenis berdasarkan tempatnya yaitu Bushing stabilizer sebagai pengikat ke chassis mobil dan menyeimbangkan kedua suspense kiri dan kanan, sedangkan bushing swing arm untuk meredam getaran pada saat mobil berjalan.

Cara mudah untuk mengetahui bagian ini mengalami kerusakan yaitu mengamati arah laju mobil. Apabila arah mobil terlihat melenceng baik ke arah kanan atau kiri, maka ini menjadi tanda jika bushing arm harus diperbaiki. Untuk melihat kondisi bushing masih layak atau perlu di ganti, kalian cukup melihat secara jelas setelah kolong mobil selesai di cuci.

Ball Joint

Ball joint adalah komponen kaki mobil selanjutnya yang harus Anda ketahui fungsi dan keberadaannya. Fungsinya yaitu sebagai pengikat dan sebagai sumbu Lower Arm atau as roda mobil. Bagian ball joint ini akan membantu mempertahankan posisi as roda mobil saat berbelok.

Apabila Anda berkendara dengan kecepatan 50 – 60 KM/Jam lalu roda masuk ke lubang kecil atau menabrak bebatuan kecil, maka setir akan langsung sulit di kendalikan.

Komponen Kaki Mobil
Komponen Kaki Mobil (Sumber Gambar: Google)

Apabila Anda ingin mengetahui kondisi ball joint mengalami masalah atau tidak, silahkan mengeceknya dengan mendongkrak mobil. Setelah itu, tekan ban ke atas dan ke bawah.

Gerakkan linggis naik dan turun,kalau ada kelonggaran sedangkan mur pengancingnya keras maka hal ini menandakan perlu menggantinya dengan yang baru. Selain itu kerusakkan bisa mengakibatkan ban menjadi aus, bergelombang, berintik atau keriting.

Pada saat mendongkrak mobil, apabila terdengar gesekan atau ban naik turun dengan jeda yang jauh maka artinya mobil bermasalah. Selanjutnya, segera perbaiki ball joint ini.

Itulah beberapa komponen kaki mobil yang perlu Anda ketahui fungsinya. Setelah mengetahuinya maka segeralah lakukan perawatan. Dengan perawatan secara rutin tentu Anda akan mengetahui apakah terdapat kerusakan pada komponen kaki-kaki sehingga segera diperbaiki dan perjalanan pun akan lebih nyaman dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *