Knalpot Mobil Mengeluarkan Air dan Asap – Knalpot merupakan komponen kendaraan yang memiliki peran penting dalam sistem pembuangan pada kendaraan bermotor. Fungsi utama dari knalpot adalah untuk meningkatkan tenaga mesin dengan cara meredam suara ledakan yang ditimbulkan akibat dari hasil pembakaran. Selain itu, knalpot juga dapat meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar.

Dengan fungsinya yang sangat penting di sistem pembuangan, knalpot tidak jarang menglami masalah. Masalah yang paling sering timbul adalah knalpot mengeluarkan asap. Selain itu, knalpot juga terlihat mengeluarkan air. Lalu apakah bahaya ketika knalpot mobil mengeluarkan air dan asap? Apa penyebab knalpot mobil mengeluarkan air dan asap? Berikut ulasannya untuk Anda.

Alasan Knalpot Mobil Mengeluarkan Air dan Asap

Knalpot mobil mengeluarkan air dan asap memang tidak bisa diabaikan. Namun, apakah wajar jika knalpot mobil mengeluarkan air dan asap? Ya, apabila knalpot mobil Anda mengeluarkan air maka itu wajar. Jadi tidak usah panik. Sebab, keluarnya air dari knalpot mobil Anda tidak mengidentifikasi kerusakan pada mesin. Namun, apabila knalpot mobil Anda mengeluarkan asap, maka Anda perlu memriksanya untuk memastikan apakah ada masalah atau tidak.

Sebab Knalpot Mengeluarkan Air

Ketika knalpot mengeluarkan air maka itu wajar. Hal ini disebakan karena adanya proses kondensasi. Sedikit mengulang pelajaran kimia dan fisika terdahulu. Bensin itu mengandung senyawa karbon (C), hidrogen (H) dan udara (O2). Ketiga unsur ini akan menghasilkan air ketika terjadi pembakaran di ruang mesin.

Jadi saat mesin dimatikan pada malam sebelumnya, uap air di knalpot akan mengalami kondensasi. Maka ketika mesin dihidupkan pagi hari, uap air tadi dipanasi oleh panasnya gas buang dan kemudian terdorong dari tekanan gas tersebut, makanya muncullah tetesan air. Lalu mengapa ada mobil yang knalpotnya tidak mengeluarkan air?

Knalpot Mobil Mengeluarkan Air dan Asap
Knalpot Mobil Mengeluarkan Air dan Asap (Sumber Gambar: Google)

Hal ini karena kondensasi dipengaruhi oleh suhu. Jadi jangan panik apabila tidak terjadi kondensasi atau adanya air yang keluar dari bibir lubang knalpot. Ini karena air langsung menguap karena suhu gas buang juga sangat tinggi. Sebab peristiwa kondensasi terjadi sesuai suhu di suatu tempat. Makanya kalau kamu sering memperhatikan, knalpot mobil yang keluar air umumnya terjadi di daerah perbukitan atau pegunungan karena suhunya yang dingin.

Sebab Knalpot Mengeluarkan Asap

Selain air, jangan heran bila knalpotnya juga mengeluarkan asap. Apabila mobil mengeluarkan asap bisa jadi terjadi kerusakan pada mesin mobil. Warna asap yang keluar dari knalpot mobil juga mempunyai warna yang beragam. Warna asap yang seperti apa yang mengidentifikasi kerusakan pada mobil? Berikut warna asap mobil yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi kerusakan pada mesin mobil.

Baca Juga: Atap Mobil Bocor: Apa Penyebabnya?

Asap Mobil Warna Putih

Warna asap mobil yang pertama adalah putih. Untuk gejala seperti ini, ada 2 indikasi yang bisa diketahui sesuai dengan ketebalan asapnya. Jika asap knalpot mobil putih yang tampak tipis, permasalahan ada pada bagian kondensasi dalam kanal knalpot. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kerusakan tersebut bukanlah hal yang terlalu serius.

Berbeda dengan asap knalpot mobil berwarna putih yang keluar cukup pekat dan tebal. Hal itu mengindikasikan ada oli yang ikut terbawa masuk ke ruang pembakaran dimana yang seharusnya hanya bahan bakar yang dibakar di ruang pembakaran mesin. Apabila mobil Anda mengeluarkan asap warna putih dengan berlebihan, maka bisa jadi tanda oli ikut terbakar di ruang pembakaran mesin. Apabila hal ini terjadi ada baiknya jika Anda segera melakukan pengecekan ke bengkeluntuk mengetahui masalh utamanya. Sebab knalpot mobil yang mengeluarkan banyak asap putih akan mengganggu pengendara disekitar Anda. Selain itu, pernafasan juga akan terganggu terutama pengguna sepeda motor.

Asap Mobil Warna Hitam

Warna asap yang keluar dari knalpot mobil selanjutnya adalah warna hitam. Tentu warna ini tidak hanya mengidentifikasi kerusakan namun juga akan sangat mengganggu pengendara sekitar ketika mobil digunakan. Warna hitam ini mengidentifikasi kerusakan pada sistem pembakarannya, permasalahan pada saringan udara, injektor, karburator atau mesin mengalami kebocoran kompresi. Asap hitam keluar dikarenakan bahan bakar yang bersirkulasi di ruang pembakaran terlalu banyak sehingga banyak yang tidak terbakar sempurna. Jadi, segera bawa kebengkel untuk diperbaiki dan tidak mengganggu pengguna jalan disekitarAnda.

Baca Juga: Membuat dan Memperpanjang SIM GRATIS: Simak Cara dan Syaratnya

Asap Mobil Warna Abu- Abu

Warna selanjutnya yang dapat mengidentifikasi bahwa mobil Anda bermasalah adalah warna abu- abu. Asap knalpot mobil abu-abu yang keluar dari knalpot mobil khususnya mobil bertransmisi matik, mengindikasikan adanya kerusakan pada oli transmisi. Bisa jadi jumlah oli di dalam tangki berlebih atau mengalami rembes sehingga oli di dalam sistem transmisinya berkurang. Sementara itu pada mobil pada umumnya, warna asap knalpot mobil abu-abu menandakan adanya kerusakan pada katup positive crankcase ventilation (PCV). Katup tersebut bisa jadi mengalami kemacetan sehingga uap dan gas yang masuk dari ruang mesin tak dapat terkontrol.

Asap Mobil Warna Biru

Warna asap yang terakhir adalah warna biru. Hal ini ternyata menandakan bahwa ada oli yang ikut terbakar di dalam mobil mesin. Namun untuk warna asap knalpot biru, biasanya terjadi pada mesin mobil yang menggunakan turbo. Jadi tidak semua jenis mobil mengeluarkan warna ini ketika bermasalah. Hal tersebut bisa menjadi indikasi bahwa terjadi kerusakan pada ring piston yang sudah aus, blower turbo yang sudah lama, hingga gasket yang sudah kadaluarsa.

Mobil yang dalam kondisi baik tentu tidak akan mengeluarkan asap knalpot yang berwarna. Jadi, segera lakukan cek ke bengkel terdekat untuk mengetahui bagian mana yang bermasalah. Selain mencegah untuk kerusakan yang lebih parah, segera membawa mobil kebengkel juga mengurangi Anda menganggu lingkungan sekitar dengan asap mobil Anda. Tentu saja asap berlebihan saja yang belum berwaran akan sangat mengganggu sekitar Anda ketika mobil dikendarai. Jadi, segeralah perbaiki.
Itulah sebab mengapa knalpot mobil mengeluarkan air dan asap.

Baca Juga: Cara Mencuci Mobil di Rumah Dengan Hasil Seperti di Carwash

Lakukanlah servis secara rutin untuk menghidari terjadinya masalah pada mobil. Sehingga, Anda tidak akan panik ketika pagi- pagi saat memansakan mesin mobil, mobil Anda mengeluarkan air. Atau ketika Anda mengendarai mobil Anda, tiba- tiba mobil Anda mengeluarkan asap yang tebal bahkan mungkin berwarna. Hal ini tentu tidak hanya mengganggu Anda namun juga pengendara disekitar Anda. Jadi, lakukanlah perawatan secara rutin agar tidak terjadi knalpot mobil mengeluarkan air dan asap mobil berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *