Kenapa Klakson Motor Mati? Berikut Penyebabnya

Klakson merupakan salah satu bagian penting dalam kendaraan bermotor. Ya, baik untuk mobil maupun sepeda motor klakson berfungsi sebagai alat komunikasi antar kendaraan. Selain itu klakson juga merupakan salah satu fitur keselamatan, yang berguna untuk meminimalkan potensi risiko berkendara.

Klakson dapat digunakan sebagai tanda peringatan ketika berkendara kepada pengguna jalan atau kendaraan lain. Dikarenakan fungsinya yang penting, maka jangan sampai klakson mobil atau klakson motor mati.

Hal ini akan sangat berbahaya mengendarai kendaraan bermotor yang klaksonnya tidak berfungsi. Jadi sebelum mulai berkendara, cek dulu apakah klakson masih hidup. Bagi Anda pengendara sepda motor, klakson mati juga merupakan masalah yang sering dijumpai.

Apalagi motor yang telah digunakan lebih dari lima tahun. Biasanya klakson menjadi bagian yang mengalami masalah. Entah itu mati total, maupun suarnya sudah tidak sekeras saat masih baru. Apabila ternyata klakson motor Anda tidak berfungsi atau suaranya terdengar macet, tak perlu buru-buru pergi ke bengkel.

Kenali apa saja yang menyebabkan klakson motor mati supaya lebih mudah memperbaikinya. Sebab, beberapa penyebabnya masih bisa ditangani sendiri. Jadi, jika masih dapat diperbaiki sendiri segera diperbaiki, ya.

Penyebab Klakson Motor Mati

Untuk dapat memperbaiki klakson motor mati maka sebelumnya Anda harus mengetahui penyebabnya. Ada beberapa penyebab klakson motor mati yang dapat Anda ketahui. Dengan mengetahui penyebabnya, maka Anda dapat melakukan perbaikan secara tepat.

Sehingga klakson dapat berfungsi seperti semulanya lagi. Nah, berikut ini beberapa hal yang menyebabkan klakson motor mati.

Baca Juga: Naik Motor Saat Hujan: 4 Tips Melakukan Pengereman Agar Aman

Cek Aki Motor

Jika klakson motor mati atau suaranya tidak maksimal, maka coba cek aki motor. Sebab, bisa saja aki motor yang muali melemah menjadi penyebabnya. Jadi, klakson merupakan salah satu bagian kelistrikan dalam motor, klakson akan sangat terpengaruh dengan kondisi aki.

Sehingga Ada baiknya jika Anda tahu seperti apa tanda aki yang sudah harus diganti. Jika memang aki motor kamu sudah tekor, kamu harus menggantinya agar klakson motor kamu nyala lagi.

Oh ya, dampak dari aki motor melemah tidak hanya berakibat rusaknya mesin, namun berakibat pula matinya klakson. Karena, fungsi aki sebagai penghidup suara klakson. Untuk itu, Anda harus rajin merawat aki secara berkala.

Klakson Motor Mati
Klakson Motor Mati (Sumber Gambar: Google)

Pengecekan aki secara berkala dapat berfungsi menjaga klakson tetap berbunyi dan mencegah kerusakan pada komponen yang lain. Jika aki soak, sebaiknya bawalah ke bengkel agar aki kendaraan dapat diperbaiki dan klakson dapat berfungsi kembali serta tdika menimbulkan kerusakan yang lebih parah pada bagian lain.

Adanya Karat pada Saklar Klakson

Apabila klakson motor mati atau suarnya macet maka tidak ada salahnya melakukan pengecekan pada saklar klakson. Sebab, pada bagian saklar klakson dapat mengalami karat. Jadi, karat tersebut nantinya akan menghalangi arus listrik dan klakson pun tak dapat dibunyikan.

Ketika kerak muncul biasanya suara klakson akan terdengar mengecil, jika karat sudah bertambah banyak maka di saat itulah klakson tidak dapat berbunyi lagi. Biasanya klakson tidak akan langsung mati, namun diawali dengan suara yang mulai macet atau tidak sekeras biasanya.

Nah, Bagi Anda yang menemukan gejala suara sudah mulai tidak terdengar sebaiknya segera bersihkan saklar. Caranya mudah hanya dengan melepas klakson kemudian membersihkannya. Kenapa sih karat dapat muncul pada saklar motor?

Penyebab munculnya karat pada saklar klakson biasnaya dikarenakan sudah lama digunakan. Kerusakan pada saklar klakson adalah hal yang wajar karena termasuk dalam suku cadang yang harus rutin dibersihkan.

Putusnya Kawat Lilitan

Selanjutnya untuk penyebab Klakson motor mati adalah putusnya kawat lilitan. Nah, jika kawat lilitan putus maka klakson motor akan langsung mati. Kawat lilitan menjadi penghubung arus listrik pada komponen klakson.

Selama penggunaan, kawat ini dapat mengalami kerusakan seperti terkelupas bahkan putus. Jika kawat lilitan ini terkelupas, maka bunyi klakson biasanya akan melemah. Sebab tidak ada aliran listrik yang berfungsi membunyikan klakson.

Klakson Motor Mati
Klakson Motor Mati (Sumber Gambar: Google)

Apabila Anda menemukan bagian dari kawat lilitan yang mengelupas bahkan putus, akan lebih baik untuk menggantinya dengan yang baru. Dengan begitu bunyi klakson akan kembali normal. Jangan lupa untuk membersihkan kawat lilitan sebagai bentuk perawatan. Sebab, kawat lilitan juga merupakan salah satu bagian yang harus sering dibersihkan.

Baut Klakson Kendor

Baut klakson yang kendor juga mejadi penyebab klakson motor mati. Jadi, baut klakson motor yang kendor akan menyebabkan suara klakson yang semakin kecil dan lam- lama menghilang. Baut ini berperan penting supaya posisi klakson benar dan bisa berbunyi dengan baik.

Biasanya juga sering terjadi pada motor baru karena pemasangan dari pabrikan yang kurang kencang. Baut pengatur klakson ini harus selalu dicek ketika Anda melakukan service motor secara rutin. Selain itu jika kendor Anda bisa memperbaikinya sendiri.

Pertama adalah lepaskan baut kemudian posisikan ulang dengan benar. Jadi, kamu tinggal mengencangkan saja baut dari klakson motor kamu. Dengan demikian, klakson motor kamu bisa nyala lagi.

Kencangkan baut dengan kunci yang sesuai sampai klakson terpasang dengan baik dan tidak kendor. Kemudian cek apakah klakson sudah berbunyi dengan baik atau belum. Apabila suaranya belum kencang, Anda bisa mengecek penyebab lainnya. Jangan lupa, untuk pencegahannya, kamu bisa mengecek kondisi klakson kamu secara berkala saat waktu servis.

Klakson Motor Mati
Klakson Motor Mati (Sumber Gambar: Google)

Mengembalikan Baut Platina ke Tempat Semula

Apabila klakson motor mati maka Anda juga dapat melakukan cek pada baut platina. Jika baut platina sudah tidak sesuai dengan posisinya maka dapat menyebabkan klakson tidak berfungsi, dan disini kalian harus membongkarnya kemudian memperbaiki posisi baut platina tersebut. Baut ini biasanya berada di belakang klakson motor.

Apabila Anda memang tidak yakin bisa membongkar dan memasang kembali rakitan motor kamu, kamu bisa membawanya ke bengkel agar ditangani oleh ahlinya.

Baca Juga: Merawat Rantai Motor Saat Musim Hujan: Apa Yang Pelru Dilakukan?

Nah, itulah beberapa penyebab klakson motor mati. Ada beberapa bagian klakson yang tanpa disadari membutuhkan perawatan atau pengecekan rutin. Selain itu, jika membersihkan motor tidak hanya bodinya saja, bahkan bagian klakson motor juga perlu dibersihkan secara rutin.

Cegah jangan sampai klakson motor mati dengan rutin melakukan cek dan membersihkan bagian yang menjadi penyebab klakson motor mati.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.