Skip to content

Ciri- Ciri Kerusakan Gearbox Mobil!

Kerusakan gearbox mobil tentu akan memberikan beberapa dampak pada mobil Anda. Mengingat komponen yang satu memiliki fungsi yang tidak kalah penting. Gearbox merupakan komponen mobil atau motor yang mempunyai peranan penting dalam dalam menentukan cepat lambatnya kecepatan yang dihasilkan kendaraan.

Ya, pengaturan kecepatan pada motor atau mobil bukan hanya berasal dari bukaan gas, namun juga dilakukan oleh gearbox, ya. Sebenarnya gearbox tidak hanya digunakan dalam kendaraan bermotor saja. Namun, juga digunakan permesinan di bidang industri.

Nah, untuk kendaraan fungsi gearbox itu sendiri adalah untuk mengatur tenaga yang dihasilkan dari mesin diesel atau dinamo motor. Selain itu, komponen ini juga bisa menyesuaikan torsi dari motor yang berputar. Jika tidak ada komponen ini maka tenaga dari mesin-mesin tersebut tak bisa dikendalikan.

Kerusakan Gearbox Mobil

Memiliki fungsi yang sangat penting untuk mobil, maka ketika komponen yang satu ini mengalami masalah tentu Anda akan merasakan dampaknya. Anda bisa mengetahui kerusakan gearbox dari gejala-gejala yang muncul.

Perlu diketahui bahwa seperti komponen lainnya, gearbox juga bisa mengalami kerusakan bahkan sebelum kendaraan Anda mencapai 5 tahun pemakaian atau masih di bawah angka 100.000 km. Penyebabnya bisa terjadi oleh beberapa hal.

Berikut adalah ulasan mengenai ciri- ciri kerusakan gearbox mobil yang perlu Anda ketahui. Selamat membaca!

Tercium Bau Terbakar

Apabila terjadi kerusakan gearbox mobil maka Anda akan mencium bau terbakar ketika berkendara dengan mobil. Aroma terbakar ini menyerupai aroma karet yang gosong. Terkadang, aroma terbakar ini juga bisa disertai dengan keluarnya asap.

Maka, ketika Anda mencium bau ini maka perlu segera diperbaiki atau diganti. Aroma yang ditimbulkan biasanya berasal dari transmisi yang terbakar. Jadi, hal ini terjadi akibat transmisi mobil kekurangan oli yang berfungsi sebagai pelumas.

Mungkin karena oli belum pernah diganti atau karena oli sudah bocor dan sudah waktunya ditambah oli transmisi baru.

Cairan Transmisi Bocor

Apabila terjadi kerusakan gearbox mobil yang selanjutnya adalah adanya cairan transmisi yang bocor. Jadi, jika hal ini terjadi pada Anda maka segera periksa kendaraannya, sebab ini tanda gearbox mengalami masalah.

Kerusakan Gearbox Mobil
Kerusakan Gearbox Mobil (Sumber Gambar: Google)

Kendaraan Mudah Tersentak

Kerusakan gearbox mobil yang selanjutnya adalah kendaraan udah tersentak atau terguncang. Gearbox mobil yang bermasalah akan berdampak pada komponen kampas kopling. Ini membuat mobil jadi mudah berguncang, bergetar, maupun tersentak ketika dipakai berkendara.

Secara khusus, gejala ini bisa terjadi kalau mobil yang kamu miliki merupakan mobil dengan transmisi otomatis.

Suara Aneh Saat Menyalakan Mobil

Ketika suara mobil Anda aneh ketika dinyalakan, maka segera periksa gerabox juga. Sebab, hal tersebut merupakan salah satu tanda kerusakan gearbox mobil. Dimana suara yang timbul terdengar tidak biasa atau pun aneh pada saat menyalakan mobil.

Secara khusus, suara ini terdengar dari arah transmisi mobil dan semakin lama semakin keras. Munculnya suara mendengung disebabkan karena oli transmisi yang bocor atau oli sudah rusak dan tidak layak pakai, sehingga membuat gearbox mobil manual jadi rusak.

Sulit Memindahkan Gigi

Tanda terjadinya kerusakapan transmisi mobil yang selanjutnya adalah sulit memindahkan gigi. Bukan hanya sulit pindah gigi, tanda gearbox mobil bermasalah juga terlihat dari sulitnya mempertahankan gigi pada satu posisi tertentu.

Jika gearbox mobil manual kekurangan volume oli transmisi yang memadai, maka akan berpengaruh pada sulitnya pindah gigi. Ini juga bisa terjadi apabila oli yang dipakai adalah oli yang berkualitas buruk.

Maka, apabila kalian sangat kesulitan untuk memindahkan posisi gigi mobil ataupun mempertahankan posisi gigi mobil, maka segera perika gerbox mobil, ya.

Kerusakan Gearbox Mobil
Kerusakan Gearbox Mobil (Sumber Gambar: Google)

Lampu Indikator Mesin Menyala

Ciri kerusakan gearbox mobil yang selanjutnya adalah ketika lampu indikator mesin yang terpasang di dashboard mobil menyal. Seperti yang kita ketahui bahwa di dasbor mobil, terdapat sejumlah lampu indikator, salah satunya check engine.

Jika lampu check engine menyala, mobil sedang memberitahu kalian kalau ada masalah pada mobilmu, termasuk masalah pada gearbox. Hanya saja, lampu ini tidak selalu menandakan kerusakan pada gearbox, tapi bisa juga menunjukkan adanya kerusakan pada komponen lain. Untuk mengetahui dengan pasti, perlu dilakukan pemeriksaan gearbox lebih lanjut.

Itulah ciri- ciri gearbox mobil bermasalah yang perlu Anda ketahui. Sebab, mengetahui deteksi dini dari ciri kerusakan pada komponen satu ini sangat penting karena Anda bisa memperbaikinya daripada menggantinya dengan komponen baru.

Kerusakan Gearbox Mobil
Kerusakan Gearbox Mobil (Sumber Gambar: Google)

Jadi, kenali ciri kerusakan bearbox mobil diatas, sehingga Anda dapat memberikan penanganan secepatnya apabila mengalami hal diatas.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Gearbox dianjurkan untuk diganti kalau sudah dipakai selama 5 tahun. Namun, jika ingin lebih irit, Anda dapat mengupayakan supaya usia pemakaian gearbox bisa diperpanjang.

Sebab, usia gearbox juga tergantung dengan penggunaannya. Ada dua tips yang dapat kalian lakukan untuk memeperpanjang usia gearbox mobil Anda. Cara yang pertama adalah rutin melakukan servis berkala.

Mobil sebaiknya mendapatkan servis secara berkala pada setiap kelipatan 5.000 km, yaitu jika mobil sudah menempuh jarak 5.000 km, 10.000 km, 15.000 km, 20.000 km, dan seterusnya. Kalau malas melakukan servis terlalu sering, bisa juga servis berkala setiap jarak tempuh mencapai kelipatan 10.000 km.

Di beberapa bengkel resmi, servis berkala diberikan secara gratis selama 2-3 tahun pertama untuk mobil tertentu. Cara yang kedua adalah memasang pendingin pada gearbox. Pendingin yang dimaksud di sini adalah radiator.

Beberapa mobil sudah dilengkapi dengan radiator khusus pada gearbox, sehingga gearbox tidak mudah panas. Fungsi pendingin ini adalah menjaga suhu gearbox. Karena, gearbox yang terlalu panas lebih cepat mengalami kerusakan.

Itulah informasi mengenai gerabox, dari penyebab kerusakan gerabox mobil dan juga cara membuat usia gerbox lama. Jadi, jangan prnah skip perawatan untuk mobil, ya guys.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *