Kerajinan dari ban mobil bekas menjadi salah satu cara mengolah limbah. Saat ini banyak sekali kerajinan dari ban mobil bekas dengan harga jual tinggi. Sehingga dapat dijadikan sebagai sumber peghasilan bahkan lapangan kerja. Kerajinan yang dihasilkanpun mempunyai nilai fungsi dalam kehidupan sehari-hari.

Mengolah ban mobil bekas menjadi suatu kerajinan dapat mengurangi limbah karet. Pengolahan limbah karet yang tidak benar dapat berdampak pada lingkungan. Sehingga, mengolah ban mobil bekas menjadi suatu kerajinan akan menimbulkan banyak manfaat positif untuk lingkungan.

Saat ini ban mobil bekas dapat kita jumpai sebagai meja, sofa, bahkan tempat sampah. Ban mobil bekas dioleh sedemikian rupa sehingga mempunyai nilai seni. Alat yang digunakan untuk mengolah ban mobil bekas juga sangat mudah dijumpai. Sehingga mudah untuk dipraktekkan dirumah.

Lalu, bagaimana cara mengubah ban bekas menjadi barang yang memiliki fungsi?. Eits, tenang! Berikut adalah DIY yang dapat dipraktekan dirumah untuk mengubah ban mobil bekas menjadi barang yang berguna.

Kerajinan dari Ban Mobil Bekas: Tempat Sampah

DIY pertama untuk mengolah ban mobil bekas adalah membuat tempat sampah. Saat ini banyak sekali tempat sampah yang tanpa kita sadari terbuat dari ban mobil bekas. Bahkan, ban mobil bekas yang diubah menjadi tempat sampah memiliki bentuk dan corak yang menarik.

kerajinan dari ban mobil

Mungkin sebagian dari kalin berfikir bagaimana bisa ban yang bulat dan bolong dapat diubah menjadi tempat sampah. Selain itu, mungkin kalian juga penasaran bagaimana ban mobil yang berwarna hitam dapat memiliki corak yang menarik. Inilah yang dinamakan kreatifitas. Jadi, segala sesuatu diubah menjadi menarik dan memiliki fungsi.

Untuk mengubah ban mobil bekas menjadi tempat sampah tidak terlalu sulit. Namun, kalian perlu tenaga lebih saat membuatnya. Hal ini karena kita harus memotong ban karet. Dimana karet ini sangat keras. Siapkanlah alat dan bahan sebelum melakukannya.

Alat yang dibutuhkan adalah gunting khusus ban dan beng min atau besi panjang dengan ujung yang sedikit gepeng untuk melepaskan ban dari velg. Langkah pertama adalah bersihkan ban mobil terlebih dahulu.

Langkah selanjutnya adalah memotong atau mengiris ban bekas tersebut. Iris bagian luar ban mobil. Dalm proses ini harus memperhatikan tebat pengirisan. Jangan sampai ketebal ban berkurang banyak atau tidak mempunyai ketebalan yang sama.

Langkah seanjutnya adalah membalikkan bagian luar dalam ban menjadi bagian dalam. Nantinya, bagian ban yang diiris berada di dalam serta sebaliknya. Dalm proses ini dibutuhkan banyak tenaga. Alangkah baiknya Anda meminta bantuan orang lain. Hal ini karena ban sangat keras.

Jika sudah berhasil, langkah selanjutnya adalah membuat tutup bagian bawah tempat sampah. Tutup bagian bawah dapat dibuat menggunakan kayu. Namun ada baiknya jika menggunakan besi berjaring. Hal ini agar air bisa keluar langsung dari wadah. Selain itu, Anda juga dapat membuat tutup bagian atas jika diperlukan.

Namun, tutup bagian atas tempat sampah sifatnya opsional. Hal selanjutnya dalam proses ini adalah mewarnai tempat sampah. Hal ini agar tempat sampah dari ban mobil terlhat semakin menarik. Selain itu, agar memiliki nilai jual yang tinggi jika ingin menjualnya. Gunakanlah cat minyak untuk menghias kerjinan ini. Cat minya akan bertahan lama jika digunakan untuk karet.

Kerajinan dari Ban Mobil Bekas: Membuat Sofa

Rekomenadi selanjutnya untuk DIY ban mobil bekas adalah mengubahnya menjadi sofa. Saat ini kerajinan ini mempunyai omset yang lumayan. Selain itu, sofa dari ban mobil bekas ini juga nyaman saat di duduki. Bahkan, tampilan sofa dari ban mobil bekas di pasaran memiliki bentuk yang dan tampilan yang cantik. Sehingga tidak heran jika memiliki harga yang tinggi.

DIY untuk kerajinan yang satu ini juga tidak kalah mudah untuk dipraktekkan. Selain itu banyak cara atau DIY dalam membuat kerajinan ini. Sehingga, akan berpengaruh pada alat dan bahan yang dibutuhkan. Langkah pertama tentu saja kalian bisa mulai dari menyiapkan alat dan bahan. Alat yang dibutuhkan adalah tali tambang kayu, papan triplek tebal, lem tembak, Obeng serta baut, bor dan gunting.

Langkah selanjutnya adalah membersihkan ban yang akan diubah menjadi sofa. Setelah itu bentuk triplek menjadi bundardan sesuaikan ukurannya denga ban. Pasangkan triplek pada permukaan lingkaran ban lalu lubangi dan beri baut agar papan tidak mudah lepas dari ban mobil.

Kerajinan dari Ban Mobil Bekas
Kerajinan dari Ban Mobil Bekas
(Sumber Gambar:Google)

Gunakanlah bor listrik untuk melubangi bagian papan triplek dan ban. Buat beberapa lubang melingkan untuk tempat menempelkan baut.
Setelah semua lubang selesai dibuat, langkah berikutnya dengan memasangkan baut pada lubang-lubang yang sudah anda buat tadi. Setelah semua lubang terpasang baut, gulung melingkar tali tambang kayu diatas bagian papan, tempel menggunakan lem tembak, rekatkan dengan rapi hingga bagian atas papan tertutup tali tambang kayu.

Lakukan langkah ketiga tadi hingga semua bagian ban tertutup oleh tali tambang kayunya. rekatkan dengan lem tembak dengan hati-hati dan rapikan.Setelah semua ban tertutupi dengan tali tambang, tinggal potong ujung tali yang tersisa.

Setelah semua permukaan ban sudah terlilit rapih, Anda bisa memberikan bantal pada permukaan ban. Bermaksud agar tempat duduk ini lebih empuk.

Baca Juga: Ukuran Mobil, Penting untuk Menentukan Ukuran Garasi Mobil!

Langkah terakhir, tinggal percantik dengan vernis. Lapisi menyeluruh hingga rata dan kursi cantik pun sudah selesai. Selain itu untuk mempercantik tampilan sofa, Anda dapat menggunakan kain perca.Sehingga, tidak akan menyangka bahwa kursi cantik ini terbuat dari barang bekas.

Kerajinan dari Ban Mobil Bekas: Membuat Meja

Rekomendasi DIY yang terakhir adalah membuat meja. Selain diubah menjadi sofa, ban mobil bekas juga dapat diubah menjadi meja. Bahkan tidak kalah dengan meja kayu biasanya. Langkah-langkahnyapun sangat simple.

Pertama siapakn alat dan bahan. Alat yang perlu disiapkan yaitu Triplek kayu, tali tambang berukuran sedang, gunting, lem tembak, bor listrik, baut berukuran sedang, dan cat vernis untuk kayu.

Setelah itu bersihkan ban mobil bekas dari sisa-sisa kotoran dan pastikan sudah benar-benar kering ketika akan digunakan. Selanjutnya potong triplek kayu. Ptong menjadi bulat dan juga sesuaikan ukurannya dengan ban mobil. Setelah itu beri lubang di setiap sisi triplek dengan menggunakan bor listrik untuk menyimpan baut yang nantinya menyambungkan antara ban dengan triplek.

Baca Juga: Honda Prospect Motor: Sejarah Produksi Hatchback Terbaik

Pasang baut secukupnya dan pastikan triplek sudah tidak bisa bergeser dari ban. Ambil tali tambang dan lilit semua bagian dari ban sambil diberi lem tembak. Lakukan sampai semua sisi ban tertutup oleh tali tambang. Gunting pada bagian ujung tali tersebut. Apabila sudah tertutup semua dengan rapi, kini saatnya mengaplikasikan cat vernis pada semua bagian ban.

Selain menggunakan tali kita dapat menggunakan cat untuk menghias meja tersebut. Jadi, setelah menyatukan triplek dan ban, Anda tinggal memberi warna pada ban dan membuat pola. Jika Anda inggin meja yang tinggi Anda dapat menumpuk dua ban atau memberi kaki pada ban.
Meembuat kerajinan dari ban mobil bekas akan sangat membanu menjaga lingkungan dari limbah karet. Selain itu peralatannya juga mudah di dapatkan. Jai, apakah kalian tertarik mencobanya?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *