Kenapa Setir Mobil Terasa Berat?

  • by
  • 6 min read

Setir mobil terasa berat sering kita temui. Tentu ketika setir mobil terasa berat akan menimbulkan rasa tidak nyaman, bukan?

Kira- kura, apa ya penyebab setir mobil terasa berat? Apakah power steering? Ya, Teknologi power steering pada mobil ditambahkan di bagian roda kemudi, tujuannya agar pengendalian roda kemudi jauh lebih mudah. Sehingga komponen ini akan meringankan pengemudi ketika memutar setir dan menggerakan roda depan.

Namun, taukah kalian ketika setir mobil terasa berat tidak hanya disebabkan power steering yang bermasalah? Penyebab setir mobil terasa berat bida saja berasal dari bagian lainnya, loh.

Sehingga Anda harus tahu penyebab apa saja yang dapat menyebabkan setir mobil terasa berat. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai penyebab setir mobil terasa berat.

Penyebab Setir Mobil Terasa Berat

Ada tujuh penyebab setir mobil terasa berat. Beberapa masih berhubungan dengan power steering dan namun ada juga penyebab lainnya. Jadi, berikut adalah ulasan lengkapnya.

Setir Mobil Terasa Berat
Setir Mobil Terasa Berat (Sumber Gambar: Google)

Berkurangnya Cairan Power Steering

Apabila setir mobil terasa berat maka Anda bisa memastikan cairan power steering. Perlu diketahui bahwa power steering memerlukan cairan yang berguna untuk memberikan tekanan pada roda untuk berubah arah.

Baca Juga: Cara Membersihkan Filter Udara Motor dengan Benar

Dimana jika cairan itu berkurang, maka dapat mengakibatkan setir mobil terasa berat. Sebab ketika cairannya berkurang, maka tekanan yang dihasilkan pun menurun. Letak dari cairan Power Steering ada di sekitar silinder reservoir, tepatnya di ujung power steering belt. Cairan ini harus berada di tingkatan atau level standar.

Terkait:  Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit Agar Awet dan Tidak Rusak

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Cara mengatasinya adalah dengan mengisi cairan tersebut kembali sesuai dengan standarnya. Dikarenakan pentingnya cairan pada Power Steering, maka Anda harus rutin mengeceknya. Selain itu apabila cairan warnanya berubah menjadi gelap, dimana seharusnya merah tua maka Anda juga perlu menggantinya.

Power Steering Belt Rusak

Power Steering belt yang rusak juga dapat mengakibatkan setir mobil terasa berat. Sebab, apabila komponen ini rusak maka kinerja putaran Power Steering akan berkurang. Hal ini sesuai dengan tugas dari belt Power Steering yaitu berguna untuk membuat setir menjadi ringan dengan fungsi untuk memulai dan berhenti melakukan putaran.

Namun karena belt ini terbuat dari karet dan rentan rusak, maka jika belt sudah rusak atau kendur akan membuat power steering jadi terasa berat. Biasanya komponen ini rusak dikarenakan usia dan juga bisa rusak ketika terkena oli saat penggantian oli tidak benar.

Setir Mobil Terasa Berat
Setir Mobil Terasa Berat (Sumber Gambar: Google)

Cara mengatasi penyebab setir mobil berat adalah mengganti belt dengan yang baru jika putus. Namun jika kondisinya masih bagus, Anda hanya perlu membersihkannya dari oli.

Rack Steer Rusak

Penyebab selanjutnya apabila setir mobil terasa berat adalah Rack Steer yang rusak. Komponen ini memiliki banyak bagian dari rack seal, pinion gear dan rack gear. Bagian rack gear sendiri memiliki tiga jenis seal.

Rack steer adalah bagian dari rack dan pinion yang bekerja sama dengan sistem power steering. Semua seal terhubung dengan Power Steering, ketika satu seal saja rusak maka tekanan hidrolik akan menurun. Jika dipakai dalam waktu lama bisa membuat rack steer menjadi rusak atau aus.

Seal yang rusak memicu kebocoran, oleh karena itulah setir akan terasa berat ketika digerakkan. Satu seal yang rusak, artinya Anda harus mengganti steering rack secara keseluruhan. Komponen Power Steering yang kompleks membuat penggantian komponen baru lebih baik dibandingkan harus memperbaiki salah satu seal saja.

Terkait:  Mengenal Jenis Sparepart Mobil Dan Manfaat Servis

Melemahnya Tekanan Power Steering

Penyebab setir mobil terasa berat selanjutnya masih berhubungan dengan Power Steering. Yaitu melemahnya tekanan Power Steering. Kenapa hal ini terjadi? Jadi, tenaga untuk menggerakkan ban bukan hanya bergantung pada volume cairan power steering tetapi juga pompanya.

Pompa ini berada di dalam kap mesin dan memiliki usia penggunaan. Ketika rusak otomatis tekanan yang dihasilkan akan berkurang dan output pun menurun dan Anda merasa berat ketika memutar setir.

Tekanan Udara Ban Rendah

Apabila tekanan angin di ban berkurang maka hal ini juga dapat menyebabkan setir mobil terasa berat. Kurangnya tekanan angin pada ban akan mempersulit pengemudi untuk melakukan manuver.

Sebab tekanan udara yang rendah juga berpengaruh, karena ban masih satu sistem dengan power steering. Apabila hal ini terjadi maka kerja power steering jadi semakin besar. Selain menyebabkan setir menjadi berat, ban yang kurang angin bisa menimbulkan bahaya lainnya.

Sehingga pastikan jika ban dalam kondisi cukup angin, dimana tidak berlebih dan tidak kurang. Sehingga Anda perlu secara rutin mengecek tekanan angin ban sebelum menggunakannya. Segera tambahkan tekanan angin sesuai standar agar laju kendaraan dan setir lebih nyaman. Jika ban sudah botak, maka segera ganti dengan yang baru.

Setir Mobil Terasa Berat
Setir Mobil Terasa Berat (Sumber Gambar: Google)

Long Tie Rod Rusak

Long Tie Rod yang rusak juga dapat menjadi penyebab setir mobil terasa berat. Dimana Long Tie Rod menghubungkan output dari Rack Steer pada Steering Knuckle. Dimana, Ujung dari besi panjang ini adalah ball joint yang bekerja sebagai engsel dan pada bagian inilah kerusakan lebih sering terjadi.

Penyebabnya bisa karena mobil Anda terlalu sering melewati jalanan rusak sambil berbelok. Nah, apabila ada kerusakan maka akan berakibat pada beratnya setir mobil. Dimana tidak hanya terasa berat namun juga ada getaran yang dirasakan.

Terkait:  Sering Parkir Tanpa Garasi? Berikut 5 Tips Merawatnya

Dua Roda Ban Depan Tidak Sejajar

Penyebab terakhir untuk setir terasa berat adalah dua roda ban depan tidak sejajar. Dimana, posisi yang sejajar akan membuat setir lebih stabil dan ringan. Roda akan berubah posisinya menjadi tidak sejajar akibat penggunaan terus menerus.

Posisinya bisa menjadi ke arah luar di bagian atas sehingga membuat setir terasa berat. Penyebab setir mobil berat ini bisa terjadi karena Anda jarang melakukan servis khususnya spooring. Sehingga, Anda jangan sampai melewatkan Spooring dan Balancing. Sehingga, tidak ada kerusakan yang akan berdampak pada setir mobil.

Baca Juga: Kenali Jenis Filter Udara Mobil dan Harganya

Itulah tujuh penyebab setir mobil terasa berat. Ketika Anda merasakan setir mobil berat, maka segera lakukan cek. Seehingga akan mencegah kerusakan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *