Kelemahan Daihatsu Ayla

  • by
  • 6 min read

Jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenail kelebihan dari Daihatsu Ayla. Maka artikel kali ini akan membahas kelemahan Daihatsu Ayla. Tentu sebelum kita membeli kendaraan, kta harus mengetahui juga keunggulan dan kekurangan dari kendaraan tersebut. Sehingga, kita dapat mengetahui apakah mobil tersebut sesuai dengan yang kita butuhkan atau tidak.

Daihastu Ayla merupakan salah satu city car yang menjadi primadona. Dimana mobil ini dibadnrol dengan harga yang terjangkau namun juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang moderen. Tentu ini merupakan kelebihan yang sangat menguntungkan.

Mobil ini biasanya diminitai oleh keluarga milenial. Dimana keluarga mudah dengan satu atau dua anak. Daihatsu Ayla sendiri memiliki sekitar 13 tipe yang bisa dipilih.

Pada generasi awalnya, city car 5-seater ini punya penampilan yang biasa-biasa saja bahkan cenderung membosankan. Tapi semua itu sudah berubah setelah beberapa kali facelift dilakukan.

Daihatsu Ayla pertama kali muncul ke hadapan publik dalam pameran IIMS (Indonesia International Motor Show) 2012 berbarengan dengan kembarannya, yaitu Toyota Agya. Saat itu Ayla hadir sebagai mobil compact dengan desain terkesan membulat.

Apabila hanya melihat penampilannya saja mungkin butuh waktu untuk jatuh hati pada generasi pertama mobil ini.

Kelemahan Daihatsu Ayla

Layaknya benda buatan manusia yang lain, tentu Daihatsu Ayla juga mempunayi kelebihan dan kekurangan. Silahkan, baca kelebihan dari mobil Daihatsu Ayla pada artikel sebelumnya. Artikel kali ini akan membahas mengenai kelemahan dari Daihatsu Ayla.

Apa saja kelemahan dari Daihatsu Ayla? Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Terkait:  5 Jenis Pengharum Mobil: Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Baca Juga: Mengantuk Saat Berkendara? Berikut Tips Menghilangkannya

Kapasitas Mesin Yang Kecil

Kelemahan Daihatsu Ayla
Kelemahan Daihatsu Ayla (Sumber Gambar: Google)

Kelemahan yang akan pertama kita bahas adalah kapasitas mesin yang kecil. Ya, ini adalah kelemahan Daihatsu Ayla yang paling umum diketahui banyak orang. Ayla merupakan mobil di kelas LGGC dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya. Salah satu kekuranganya adalah mesin.

Ya, segmentasi mobil LCGC sulit menuntut banyak fitur demi mengejar harga yang terjangkau. Selain itu, kapasitas mesinnya memang sudah ditentukan oleh pemerintah . Dimana kapasitas mesin tidak dapat lebih besar dari 1,2 liter. Sehingga, Mesin pada mobil ini dapat diatakan kurang bertenaga.

Bahkan, Ayla masih memiliki opsi mesin 1,0 liter yang hanya menghasilkan tenaga sebesar 65 PS. Tenaga maksimum yang diperoleh oleh city car ini hanya setengah tenaga maksimal yang dimiliki Honda Jazz yaitu 120 PS. Alhasil, akselerasi untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dirasakan masih lamban.

Untuk mencapai kecepatan tersebut, Ayla butuh waktu hingga 15 detik. Sehingga, Anda harus mempertimbangkannya jika mobil digunakan untuk berpergian jauh seperti ke luar kota. Jadi, dengan kapasitas mesin tersebut, Ayla sangat cocok untuk digunakan sebagai kendaraan di dalam kota.

Kelemahan Daihatsu Ayla
Kelemahan Daihatsu Ayla (Sumber Gambar: Google)

Fitur Cangih Belum Merata

Jika pada kelebihan Daihatsu Ayla dikatakan bahwa fitur modern sudah ada pada mobil, namun sayangnya belum semua tipe Daihatsu Ayla dilengkapinya. Ya, hal ini menjadi kelemahan Dihatsu Ayla. Dimana fitur canggih atau modern belum merata pada semua tipe.

Ayla sendiri sampai saat ini memiliki belasan tipe. Tentu saja setiap tipe dibandrol dengan harga yang berbeda. Sehingga, konsekuensinya adalah fitur yang paling lengkap hanya ada di varian tertinggi.

Misalanya, Untuk varian-varian terbawah, Daihatsu tidak membekali fitur seperti airbag dan immobilizer. Tentu ini menjadi kelemahan Daihatsu Ayla. Sehingga, kalian perlu hati-hati karena pada Ayla 1,0 masih mudah dibobol pencuri. Pada bagian kabin untuk mobil LCGC sudah ada yang memakai start stop button, atau setidaknya keyless entry.

Terkait:  Relay Mobil: Apa Fungsinya?

Namun hal ini tidak dilakukan oleh Ayla. Ayla masih mempertahankan penggunaan anak kunci. Namun untungnya sudah memiliki immobilizerwalupun tidak disemua tipe yang dapat membantu mengurangi risiko kemalingan.

Absensi ini sebetulnya menjadi kelemahan Daihatsu Ayla jika dilihat dari kelengkapan kompetitor. Tapi secara fungsi, tak begitu vital. Dapat dikatakan bahwa varian 1,0 masih dianaktirikan. Hampir tak berubah wujud.

Hanya permainan komposisi warna dan sedikit ubahan bumper serta pelek baru. Sudah dua kali facelift ia tak ikutan heboh. Konsumen yang memiliki budget untuk tipe ini harus menghela nafas, di kala orang lain terpuaskan dengan transformasi Ayla varian 1,2.

Kelemahan Daihatsu Ayla
Kelemahan Daihatsu Ayla (Sumber Gambar: Google)

Kelemahan Daihastu Ayla selanjutnya seputar fitur kenyamanan, Ayla hingga kini belum memiliki tilt steering. Ini sedikit merepotkan bagi pengemudi berpostur pendek karena tidak bisa mengatur posisi setir. Sedangkan untuk fitur keamanan perangkat rem bersensor ABS dan EBD baru bisa dirasakan pada varian R AT ke atas.

Yang manual dan di bawahnya masih polos. Kekuranga lain ada pada bagian setir mobil. Bagi sebagian orang Indonesia yang bertubuh kecil, posisi setir pada Daihatsu Ayla agak ketinggian. Ini membuat lengan mengangkat terlalu tinggi sehingga bikin cepat lelah.

Selain itu kelemahan Daihatsu Ayla juga ditemukan pada sektor pencahayaan depan. Selain maka, tidak berubah bentuk sama sekali, teknologinya pun ikut serupa. Cahaya masih berasal dari halogen proyektor. Hanya lampu senja yang LED. Cukup disayangkan pula, DRL pada grille bumper direvisi. Jadi tak ada sama sekali.

Kualitas Material

Kelemahan Daihatsu Ayla yang selanjutnya adalah kualitas material mobil tersebut. Dimana Ayla memiliki kualitas material yang biasa saja. Misalnya untuk bagian kabin terlalu banyak aksen plastik termasuk trim yang tidak ada hiasan door trim dari bahan soft touch atau fabric sekalipun.

Terkait:  Tips Memilih Pembersih Kaca Mobil Yang Bagus & Aman!

Selain itu, busa jok juga tidak tebal dan ukuran empuknya biasa saja. Selain itu, sandaran belakang juga tidak bisa diatur lebih merebah dari posisinya sekarang. Efeknya, dibuat untuk perjalanan jauh jelas bisa, tapi kenyamanan bakal sangat berkurang.

Baca Juga: Kredit Mobil Baru atau Beli Cash Mobil Bekas. Lebih Baik Yang Mana?

Hal ini diperparah dengan setting suspensi belakang lebih keras guna menunjang stabilitas berkendara. Gejala limbung pada kecepatan tinggi memang bisa dikurangi. Namun saat melintasi jalan rusak, faktor kenyamanannya ikut jadi semakin buruk.

Itulah kekurangan dari Daihatsu Ayla yang perlu Anda pertimbangkan ketika akan membeli mobil ini. Sebenarnya, sesuaikan dengan kebutuhan Anda setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *