Skip to content

Kekurangan & Kelebihan Rem Cakram, Apa Saja Ya?

Ada banyak jenis rem yang digunakan untuk kendaraan, salah satunya adalah jenis rem cakram. Ya, ada beberepa kelebihan rem cakram jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Itulah mengapa rem cakarm banyak digunakan oleh kendaraan keluaran terbaru.

Rem cakram atau disc brake adalah salah satu sistem pengereman mobil yang konsep kerjanya memanfaatkan komponen tambahan berupa disc rotor atau piringan yang akan dijepitkan oleh dua buah Kanvas rem, agar bisa memperlambat putaran ban.

Kelebihan rem cakram menjadikannya sebagai pilihan untuk digunakan pada beberapa kendaraan. Nah, yuk kita bahas tidak hanya mengenai kelebihan rem cakarm, namun juga kekuranggnya dalam artikel kali ini.

Kelebihan Rem Cakram

Mari kita bahas mengenai kelebihan rem cakram terlebih dahulu. Mengingat, rem jenis ini lebih banyak digunakan pada kendaraan, kira- kira apa sih kelebihan dari rem cakram? Yuk, simak ulasan berikut ini sampai selesai, ya.

Selamat membaca.

Kelebihan Rem Cakram
Kelebihan Rem Cakram (Sumber Gambar: Google)

Tidak Menimbulkan Bunyi Saat Bekerja

Keunggulan rem cakram yang pertama adalah tidak ada bunyi yang dihasilkan selama sisitem pengereman.

Hal ini dikarenakan piringan atau cakram bekerja dalam keadaan terbuka atau seluruh bagian dari piringan langsung bersinggungan dengan udara sehingga proses pendinginan atau proses pembuangan panas yang dihasilkan saat rem cakram bekerja menjadi lebih baik.

Baca Juga: Yuk! Ketahui 8 Penyebab Ban Belakang Motor Matic Goyang

Jadi secara umum, bunyi yang terjadi saat proses pengereman biasanya ditimbulkan dari adanya brake pads yang mengeras. Dengan brake pads yang mengeras, maka bisa menimbulkan kualitas brake pads menjadi kurang baik dan hal ini juga bisa timbul akibat adanya faktor panas.

Pada saat brake pads terkena panas yang terlalu berlebihan secara terus menerus, maka kondisi brake pads akan menjadi mengeras dan ketika brake pads mengeras, maka teksturnya akan berubah menyerupai sebuah logam. Pada saat membentuk seperti logam, mobil yang di rem akan menimbulkan bunyi.

Gaya Pengereman Konstan Meski Terkena Air

Kelebihan rem cakram yang selanjutnya adalah gayanya pegeremannya tetap konstan meskipun terkenan air. Hal ini disebabkan air yang berada pada piringan akan terlempar keluar karena gaya sentrifugal dari putaran cakram.

Sehingga ketika berjalan pada genagan air dan air masuk ke dalam tromol, rem akan baik- baik tetap dapat bekerja secara optimal. Meski langsung terkena air, namun gaya pengereman tidak akan berubah dan hal ini disebabkan karena air yang berada di piringan akan langsung terlempar ke bagian luar, karena adanya gaya sentrifugal dari putaran cakram.

Tentu hal ini juga yang menjadi pembeda dengan dari rem tromol. Dimana air yang masuk ke bagian tromol akan membuat sistem pengereman atau gaya pengereman menurun. Air yang masuk ke dalam tromol akan lebih sulit untuk keluar dan hal ini akan membuat sistem pengereman terganggu.

Kelebihan Rem Cakram
Kelebihan Rem Cakram (Sumber Gambar: Google)

Meratanya Tekanan Pengereman di Semua Brake Pads

Kelebihan rem cakram yang selanjutnya adalah tidak ada bagian salah satu pad rem yang memiliki gaya yang lebih besar.

Pada dasarnya, rem cakram tidak akan mengalami penambahan gaya pengereman dan hal ini akan membuat pengereman menjadi merata, sehingga tidak akan ada salah satu roda yang gaya pengeremannya lebih besar.

Kondisi ini membuat roda mobil tidak akan tertarik ke salah satu arah, baik itu kiri atau kanan pada saat proses pengereman. Pada rem cakram tidak terdapat self energizing effect atau penambahan gaya pengereman. Oleh sebab itu tidak akan ada salah satu roda yang memliki gaya pengereman yang lebih besar.

Penggantian Pad Rem Lebih Mudah

Kelebihan rem cakram yang selanjutnya adalah penggantian pad rem lebih mudah. Hal ini disebabkan karena konstruksi dari rem cakram lebih sederhana dibandingkan dengan rem tromol sehingga penggantian pad rem menjadi lebih mudah.

Pada rem cakram, komponen yang digunakan untuk pengereman disebut dengan pad rem, sedangkan pada rem tromol disebut dengan kanvas rem. Sehingga penggantian pad rem lebih mudah dibandingkan dengan penggantian kanvas rem.

Kekurangan Rem Cakram

Setelah membahas mengenai berbagai kelebihan rem cakaram, mari kita ulas tentang kekurangan rem yang satu ini juga. Jadi, berikut adalah beberapa kekurangan dari rem cakarm yang perlu diketahui.

Memerlukan Tambahan Komponen untuk Memperbesar Gaya

Kelebihan Rem Cakram
Kelebihan Rem Cakram (Sumber Gambar: Google)

Kekurangan yang pertama dari rem cakaram adalah dimana rem ini memerlukan tambahan komponen untuk memperbesar gaya.

Karena pada rem cakram memerlukan gaya pengereman yang lebih besar maka untuk memperingan pengendara saat melakukan pengereman maka pada kendaraan ditambahkan komponen boster rem.

Dengan adanya komponen booster rem, maka dapat mengerem dengan kekuatan yang besar. Pada dasarnya, booster rem berguna untuk menambah gaya pengereman, sehingga akan sangat meringankan bagi para pengendara yang melakukan penekanan pada pedal rem.

Wheel Rims Lebih Mudah Kotor

Kekurangan rem cakram yang selanjutnya adalah wheel rims yang akan lebih mudah kotor. Hal ini disebabkan karena konstruksi rem cakram yang terbuka dan kondisi ini akan membuat debu yang berasal dari brake pads melekat pada bagian wheel rims.

Bagi pengemudi pemula dan baru memiliki mobil, maka harus rutin membersihkan wheel rims supaya penampilan mobil tetap keren.

Baca Juga: Suzuki GSX-R150: Apa Yang Menarik Dari Motor Sport Ini?

Rem Cakram Tidak Kuat Menahan Beban Berat

Kekurangan rem cakram yang terakhir adalah tidak kuat menahan beban. Brake pads memang memiliki luas yang terbatas dan hal ini membuat media yang bergesekan juga terbatas.

Kondisi ini membuat daya pengereman menjadi terbatas. Dengan keterbatasan yang dialami, maka pengereman tidak akan menopang berat beban yang besar. Rem cakram memerlukan gaya pengereman yang besar.

Apabila ingin menghasilkan pengereman yang lebih baik dan berkualitas. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa mobil dengan berat beban yang tinggi menggunakan disc brake dalam sistem pengeremannya.

Ya itulah kekurangan dan kelebihan rem cakram. Ya, tipe rem yang banyak digunakan pada kendaraan saat ini adalah tipe rem cakram. Penggunaan rem tipe cakram ini karena rem cakram memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan rem tipe tromol.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.