Motor matic maupun motor manual merupakan jenis motor yang paling umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kedua jenis motor ini merupakan jenis terpopuler.

Kekurangan maupun kelebihan motor matic vs motor manual sering menjadi pertimbangan sebelum memutuskan membelinya. Tentunya hal ini harus disesuaikan dengan kebutuhan pengunaan kendaraan. Artikel ini akan mengupas mengenai kelebihan motor matic vs motor manual.

Kelebihan Motor Matic Vs Motor Manual

Perbedaan yang paling banyak diketahui oleh orang dari keduanya adalah dari sisi pengoperasian. Dimana motor matic dinilai lebih simple dan lebih mudah untuk digunakan.

Namun apabila diperhatikan lebih jauh, ada cukup banyak poin perbedaan yang menjadi kelebihan dan kelemahan dari masing-masing jenis motor.

Apakah Anda dapat menyebutkan kelebihan motor matic vs motor manual? Jika tidak, jangan khawatir. Berikut adala kelebihan motor matic vs motir manual yang harus Anda ketahui.

Kelebihan Motor Matic

Pertama kita akan membahas mengenai kelebihan motor matic. Jika diihat trend belakgan ini, motor matic lebih menarik para konsumen dengan segala kelebihan kemudahan pengoperasian yang dimiliki.

Fungsi praktis sangat diandalkan dari jenis motor ini. Selain itu kemudahan dalam mengoperasikan motor ini juga menjadi keunggulan tersendiri.

Sehingga tidak perlu belajar mengendarai sepeda motor lebih mendalam untuk bisa mengoprasikannya. Sebab, motor yang satu ini mudah dioperasikan oleh siapa saja termasuk para pemula.

Pengendara hanya menjalankan motor tanpa harus ganti gigi dan percepatan motor.

Kelebihan motor matic selanjutnya adalah kapasitas bagasi. Seperti yang kita ketahui bahwa motor matic memiliki bagasai tempat penyimpanan yang besar. Dimana dapat digunakan untuk menyimpan banyak barang yang lumayan banyak.

Hal ini juga merupakan keunggulan motor matic yang jarang dimiliki oleh motor manual. Selain itu, jika motor manual terkenal dengan rem yang cakram, untuk motor matic terkenal dengan urusan rem pun ia dibuat lebih simple.

Karena baik rem depan maupun rem belakang dapat dikendalikan dengan menarik tuas rem di sebelah kanan dan kiri stang motor. Sehingga, untuk dapat mengendalikannya kecepatan dan rem, pengendara cukup berfokus pada bagian tangan saja. Karena semua kontrol difokuskan di stang motor.

Kelebihan selanjutnya ada pada performanya. Dimana motor matic juga terkenal dengan kelincahan dan kegesitannya ketika dikendarai.

Kebanyakan dari populasi matic memiliki dimensi lebih kecil. Hal ini lantas berpengaruh terhadap bobot kendaraan, sehingga kaum hawa cenderung memilih kendaraan roda dua bertransmisi otomatis tersebut lantaran handling yang relatif lebih mudah.

Baca Juga: Cara Merawat Gardan Mobil: 2 Ciri Apabila Mengalamai Kerusakan!

Hal ini juga memberikan dampak untuk motor matic sehingga memang sangat baik jika digunakan untuk bermanuver saat kondisi jalanan padat dan macet. Hal ini disebabkan karena motor matic umumnya memiliki wheelbase yang pendek.

Selain itu Anda hanya perlu membetot dan menurunkan gas saja tanpa harus repot menaikan dan menurunkan gigi pada kondisi macet. Kelebihan motor matic selanjutnya adalah tawaran kenyamanan. Dimana hal ini juga menjadi tawaran yang menarik dari jenis motor ini.

Tipe motor matic memang diciptakan untuk kenyamanan dalam berkendara. Maka Anda akan merasa sangat nyaman jalan-jalan dengan keluarga sekalipun, karena selain lebih luas, posisi berkendara santai, suspensipun dibuat lebih “empuk” pada umumnya.

Kelebihan Motor Manual VS Motor Matic
Kelebihan Motor Matic VS Motor Manual (Sumber Gambar: Google)

Kelebihan Motor Manual

Bagi Anda yang sedang mencari sepeda motor impian, eits… jangan cepat- cepat tertarik dengan kelebihan motor matic. Sebab motor manualpun memiliki banyak keunggulan yang perlu Anda pertimbangkan.

Jadi, Apa saja keunggulan dari motor manual? Berikut uasannya untuk Anda.

Salah satu kelebihan yang paling diunggulkan dari motor yang satu ini adalah konsumsi bahan bakar. Dimana motor manual terkenal dengan konsumsi bahan bakarnya yang irit.

Dalam hal ini, kecepatan motor yang dihasilkan setara dengan jumlah bahan yang yang digunakan. Selain itu, motor manual juga terkenal lebih unggul dalam akselerasi dan kecepatan.

Dengan kedua keunggulan tersebut menjadikan motor jenis ini sangat menguntungkan bagi orang yang sering melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan bermotor.

Baca Juga: Cara Merawat Gardan Mobil: 2 Ciri Apabila Mengalamai Kerusakan!

Kelebihan selanjutnya dari motor manual adalah memiliki handling yang nyaman. Handling dari motor manual juga terasa nyaman saat digunakan sehingga motor tetap setabil ketika digunakan meskipun saat mencapai kecepatan atau kemiringan tertentu.

Selain handling yang nyaman, motor manual juga memiliki sistem pengereman yang lebih aman. Sebab, selain mengandalkan rem depan dan belakang, pengereman motor manual ditambah dengan “engine brake” yang merupakan cara mengurangi kecepatan dengan mengurangi gigi.

Pada turunan curam keberadaan rem gigi ini akan sangat membantu untuk mengontrol kecepatan agar motor tetap terkendali saat jalanan menurun.

Kelebihan Motor Matic VS Motor Manual
Motor Manual (Sumber: google)

Kelebihan selanjutnya dari motor matic adalah perawatan yang cenderung lebih mudah. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi Anda yang kurang mengerti otomoti atau setidaknya tidak begitu rajin dalam memperhatikan motor Anda.

Kelebihan Motor Matic Vs Motor Manual, Pilih Mana?

Itulah kelebihan motor matic vs motor manual. Sebenarnya, semuanya kembali pada pentingan yang Anda butuhkan. Misalnya dalam perbedaan transmisi. Dimana dalam urusan transmisi, medan yang digunakan juga menjadi penentu.

Apabila Anda menggunakan kendaraan untuk kepentingan transportasi sehari-hari serta rentan terjebak macet, maka matic lebih cocok digunakan.

Selain itu, perjalanan di atas 10 km terasa lebih nyaman ditempuh dengan kuda besi ini.

Sementara untuk yang manual, kalian dapat mencapai torsi maksimal ketika melewati medan kurang bersahabat menggunakan jenis motor ini berkat perpindahan transmisi. Posisi berkendara pun terasa lebih pas saat menaklukkan perjalanan.

Kelebihan Motor Matic VS Motor Manual
Kelebihan Motor Matic VS Motor Manual (Sumber Gambar: Google)

Jadi, setelah mengetahui kelebihan motor matic vs motor manual Anda juga perlu mempertimbangkan kebutuhan dalam penggunaannya.

Misalnya bagi pemula mungkin motor matic lebih tepat menjadi pilihan. Sebab, dengan berbagai fitur kemudahan yang ditawarkan tentu akan sangat membantu bagi pemula.

Dimana motor motor matic juga memberikan pengalaman berkendara yang lebih santai karena tidak harus ribet berpindah-pindah gigi. Cukup mainkan gas, dan rem saja saat akan mengendalikan kecepatan.

Sementara motor manual dapat dijadikan pilihan bagi Anda sudah mahir atau minimal sudah bisa dalam mengendarainya, ingin agar penggunaan bahan bakar yang lebih irit, serta ingin mendapat kendali yang lebih baik saat dalam kecepatan tinggi.

Jadi, Itulah kelebihan motor matic vs motor manual. Jadi, motor jenis mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *