Skip to content

Yuk Ketahui Kelebihan Mobil Listrik Selain Ramah Lingkungan!

Mobil yang ramah lingkungan adalah salah satu kelebihan yang paling diunggulkan dari mobil listrik. Namun, taukah kalian jika masih banyak beberapa keuanggulan dari mobil listrik? Ya, ada banyak kelebihan mobil listrik yang perlu Anda ketahui.

Sehingga, kelebihan ini benar- benar dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli mobil ini. Ada berbagai kelebihan mobil listrik lainnya dibandingkan dengan mobil pada umumnya yang berbahan bakar minyak.

Kelebihan-kelebihan pada mobil listrik tentu tidak dapat dinikmati pengguna mobil konvensional. Jadi, apa saja sih kelebihan mobil listrik? Berikut adalah ulasannya untuk Anda selengkapnya.

Kelebihan- Kelebihan Mobil Listrik

Mobil listrik saat ini sangatlah populer. Bahkan banyak negara mengkapanyekan mobil ini untuk menjaga bumi. Bahkan pemerintah memberikan berbagai kemudahan bagi penduduknya yang ingin memiliki mobil ini.

Hal ini termasuk di Indonesia, dimana mobil ini mulai banyak dilirik terutama oleh penduduk perkotaan. Bahkan, kini banyak produsen yang mulai memproduksi mobil listrik. Sehingga, kalian akan memiliki banyak pilihan ketika akan membelinya.

Baca Juga: Tips Aman Berkendara Melewati Jalan Berlubang: Waspada Saat Berkendara!

Namun, disisi lain masih ada juga loh masyarakat yang masih ragu dengan mobil ini. Salah satu yang membuat mobil ini ragu dimiliki adalah cara pengisiannya baterainya. Ya, bagi orang di plosok Indonesia pasti hal ini menajdi pertimbangan sendiri.

Padahal, mobil listrik ini memiliki banyak kelebihannya, loh. Nah, buat Anda yang amsih ragu berikut telah kami rangkumkan menegnai kelebihan mobil listrik. Sehingga, bagi Anda yang ingin memeblinya, akan berkurang ragunya.

Kelebihan Mobil Listrik
Kelebihan Mobil Listrik (Sumber Gambar: Google)

Jadi selamat membaca menegnai kelebihan- kelebihan mobil lisrik.

Ramah Lingkungan

Kelebihan mobil listrik yang sudah pasti kita tahu adalah ramah lingkungan. Mobil ini ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi yang mana dapat mempengaruhi polusi udara di sekitarnya.

Kendaraan ini memiliki mekanisme laju yang diproses menggunakan daya listrik, dengan begitu tidak akan menghasilkan residu emisi Co2 dan Co. Bahkan, satu mobil listrik bisa mengurangi pencemaran udara hingga 4,6 metrik ton gas rumah kaca. Selain itu, tenaga listrik bisa dihasilkan dari sumber energi terbarukan yang selalu bisa diperbaharui.

Berbeda dengan bahan bakar bensin yang diambil dari minyak bumi yang tidak bisa diperbaharui dan jumlahnya terus berkurang. Bisa dikatakan kendaraan listrik menjadi solusi pilihan mobil untuk daerah perkotaan yang sudah terpapar polusi udara yang begitu tinggi.

Perawatan Yang Mudah

Kelebihan mobil listrik yang selanjutnya adalah perawatan yang mudah. Berbicara soal perawatan, mobil listrik terbilang mudah dan hemat pengeluaran dikarenakan mobil jenis ini tidak memiliki sistem pembuangan.

Jika mobil konvensional biasanya harus mengganti oli, radiator dan lainnya sedangkan komponen mobil listrik lebih praktis. Dengan begitu, biaya yang dikeluarkan tidak banyak. Namun, hal-hal tersebut tidak perlu Anda pusingkan bila berkendara dengan mobil listrik.

Perawatan mobil yang mudah menjadi kelebihan mobil listrik yang dicari-cari banyak orang. Sehingga Anda tidak perlu lagi mengingat jadwal ganti oli ataupun istilah-istilah mesin mobil karena mobil listrik hanya terdiri dari baterai saja. Terlebih lagi, mesin mobil listrik juga lebih upgraded, sehingga tidak memerlukan perawatan mobil yang terlalu rumit.

Kelebihan Mobil Listrik
Kelebihan Mobil Listrik (Sumber Gambar: Google)

Suara Mesin Tidak Bising

Kelebihan mobil listrik yang selanjutnya adalah suara mobil yang tidak bising, sehingga perjalanan lebih mulus. Hal ini karena mobil ini digerakan oleh listrik, maka suara mesin yang dihasilkan lebih senyap atau tidak bising. Hal ini membuat pengemudi lebih nyaman dan fokus saat berkendara di jalan.

Sehingga, Anda tidak perlu khawatir soal mobil yang bising atau bergetar ketika sedang melaju kencang di jalanan. Kabin mobilpun tidak bising sehingga lebih sunyi dan tenang. Ini akan membawa kenyamanan ekstra bagi pengemudi dan penumpang lainnya ketika sedang menikmati obrolan di perjalanan.

Jika pada mobil konvensional biasanya mesin penggerak menghasilkan getaran ke dalam kabin, hal ini tidak terjadi pada mobil listrik. Semakin penuh baterai maka suasananya akan semakin senyap, loh. Hal ini juga yang mendorong Menteri Perhubungan untuk mencetuskan peraturan baru yang mengharuskan mobil listrik dilengkapi dengan speaker agar bisa menghasilkan suara berfrekuensi 75 desibel.

Dengan begitu, mobil listrik bisa melaju dengan lebih aman tanpa mengurangi kenyamanan berkendara.

Hemat Untuk Jangka Panjang

Kelebihan mobil listrik yang selanjutnya adalah hemat untuk jangka panjang. Taukah kalian jika garansi mobil listrik jauh lebih lama juga? Ya, kebanyakan mobil listrik memiliki garansi sekitar 10 tahun lamanya, loh.

Selain itu, biaya mobil ini juga lebih murah dibandingkan mobil berbahan bensin. Dimana mobil listrik tidak membutuhkan oli dan bensin, Anda cukup mengisi daya baterai menggunakan listrik di rumah.

Kelebihan Mobil Listrik
Kelebihan Mobil Listrik (Sumber Gambar: Google)

Penelitian pun menyebut bahwa untuk menempuh 120 kilometer, mobil listrik hanya memakan biaya Rp75 ribu, sementara mobil berbahan bakar bensin bisa memakan biaya 2x lipat. Kabar baiknya lagi, pembelian mobil listrik dibebaskan dari PPnBM.

Kelebihan ini tentunya tidak bisa dimiliki oleh mobil berbahan bakar bensin pastinya. Kunjungan servis rutin mobil listrik hanya terdiri dari pemeriksaan mekanis, dan rotasi ban termasuk spooring dan balancing, penggantian filter udara kabin dan bilah wiper, serta pengisian cairan washer.

Jadi memang, harga mobil listrik masih terbilang lebih mahal dibanding beberapa mobil berbahan bakar bensin, namun ini hanyalah perhitungan di awal saja.

Baca Juga: 5 Tips Berkendara Saat Hujan Bagi Pemotor Berkacamata

Aman Dalam Berkendara

Kelebihan mobil listrik yang selanjutnya adalah aman dalam berkendara. Jadi, mobil listrik juga diklaim dalam kemanannya, loh. Jadi, mobil listrik tentunya sudah melalui proses uji tipe seperti uji ketahanan mobil, uji tahan api dan air, serta uji vibrasi dan guncangan.

Secara istimewa, mobil listrik juga dilengkapi dengan Intelligent Transport System (ITS) yang akan langsung memutus aliran listrik pada mesin ketika terjadi tabrakan. Kantung udara akan terbuka dan mesin mobil pun akan otomatis mati, sehingga mampu menekan risiko cedera pada penumpang yang lebih parah.

Kelebihan mobil listrik ini yang menjadikannya salah satu pilihan transportasi yang paling aman.
Itulah kelebihan mobil listrik. Jadi, apa Anda amsih ragu?

Leave a Reply

Your email address will not be published.