Kelebihan & Kekurangan Mobil Matic Yang Wajib Diketahui!

Mobil matic saat ini banyak dipilih oleh orang- orang. Sebab mobil matic menawarkan berbagai kemudahan dalam mengoperasikannya. Para pengendara yang menyukai kepraktisan biasanya memilih mobil jenis ini untuk kendaraan sehari- hari.

Namun, meskipun begitu tetap saja yang namnya buatan manusia pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Ya, hal ini termasuk pada mobil matic. Dimana ada kelebihan & kekurangan mobil matic yang wajib Anda ketahui sebelum memutuskan mobil jenis ini sebagai kendaraan harian Anda.

Beberapa orang menganggap bahwa kebayakan yang menggunakan mobil ini adalah perempaun dibandingkan dengan laki- laki. Hal ini dikarenakan mobil dengan transmisi matic dianggap lebih mudah di operasikan, sehingga cocok untuk perempuan.

Namun faktanya, baik laki- laki maupun perempuan dapat menggunakan mobil jenis ini. Sebab setiap transmisi tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing- masing. Termasuk mobil dengan transmisi matic.

Dimana faktor yang memutuskan memilih mobil dengan transmisi matic atau manual adalah sisi kenyamanan serta kebutuhan. Sehingga, harus disesuaikan dengan kebiasaan mengemudi sehari- hari. Sehingga faktir tersebut dapat tercipta.

Kelebihan Mobil Matic Yang Wajib Diketahui

Pertama kita akan membahas secara lengkap mengenai kelebihan dari mobil matic. Nantinya kelebihan ini dapat Anda pertimbangkan ketika akan memilih jenis transmisi mobil. Berikut adalah kelebihan mobil matic yang dapat menjadi pertimbangan Anda.

Mudah Untuk Dikendarai

Kelebihan mobil matic yang pertama adalah mudah untuk dikendarai. Ya, tentu kelebihan yang satu ini telah menjadi rahasia umum. Bahakan hal ini menjadi kelebihan mobil matic yang menjadi daya tarik banyak orang.

Dengan sisitem transmisi matic maka Anda tidak perlu berfikir dalam mengubah persneling karena sistem kerjanya adalah otomatis. Anda hanya tinggal menarik gas dan rem untuk mengoperasikannya.

Anda cukup memindahkan tuas transimisi sesuai kebutuhan; P untuk parkir, R untuk mundur, D untuk berjalan, N untuk me-netralkan transmisi, dan L untuk tanjakan. Selain itu bagi orang perkotaan mobil matic dinilai lebih fleksibel.

 Kekurangan Mobil Matic
Kekurangan Mobil Matic (Sumber Gambar: Google)

Apalagi, jika dikendarai di kota-kota besar yang berpotensi macet. Sehingga, dengan hanya mengandalkan gas dan rem saja, pengemudi lebih bisa menikmati perjalanan meski dalam kondisi macet atau ramai.

Hemat Tenaga

Kelebihan mobil matic yang selanjutnya adalah hemat tenaga. Ya, dikarenakan sisitem transmisinya yang lebih simple, maka jelas hal dapat menghemat tenaga. Mobil matic hanya memerlukan gas dan rem saja dalam pengoperasiannya.

Hal ini tentu berbeda dengan mobil transmisi manual. Dimana pengemudi mobil harus siap untuk menggerakkan kopling dan gigi untuk menambah atau mengurangi kecepatan saat sedang dalam perjalanan.

Tidak Membuat Lelah

Kelebihan mobil matic yang selanjutnya adalah tidak akan membuat pengemudinya merasa cepat lelah. Ya, terutama saat kemacetan terjadi. Sebab saat macet pengemudi tidak perlu terus menginjak kopling.

Jika berkendara dengan mobil manual dan terjadi macet, maka Anda pasti akan cepat pegal, khususnya bagi pengendara pemula. Alasannya, di jalanan yang macet Anda perlu sering memainkan kopling, gigi, serta rem tangan. Sedangkan pada mobil matic, saat kondisi macet Anda hanya perlu mengandalkan pedal gas pada kaki kanan dan rem pada kaki kiri.

Oleh karena itu, mobil Matic cocok untuk orang yang tidak ingin kerepotan mengganti-ganti transmisi saat mengemudi, terutama di kota-kota besar yang penuh kemacetan.

Kekurangan Mobil Matic

Selain memiliki kelabihan, mobil matic juga memiliki sisi kekurangannya. Kekurangan mobil matic juga perlu Anda ketahui dan menjadikannya sebagai pertimbangan sebelum memutuskan membeli mobil jenis ini. Apa saja kekurangan mobil matic? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Biaya Perawatan Mahal

Kekurangan mobil matic yang pertama adalah biaya perawatannya yang lebih mahal. Ketika membeli mobil tiak hanya harga belinya saja yang dipertimbangkan, bukan? Biaya perawatan yang akan dikeluarkan juga menjadi pertimbangan tersendiri.

Apa yang membuat biaya perawatan mobil matic menjadi lebih mahal? Yang membuat mahal adalah pergantian oli transmisi yang harus dilakukan secara berkala meningat perputaran pada mobil jenis ini tidak dapat diatur sebagaimana pada mobil manual.

 Kekurangan Mobil Matic
Kekurangan Mobil Matic (Sumber Gambar: Google)

Oleh karena itu, mobil matic cenderung lebih mahal dalam segi perawatan. Pasalnya, transmisi ini membutuhkan asupan bahan bakar serta oli yang lebih banyak dibanding mobil manual. Ditambah lagi jika ada kerusakan, harga suku cadangnya lebih mahal dibanding mobil manual.

Harga Sparepat Mahal

Kekurangan mobil matic yang selanjutnya masih mengenai uang yang akan dikeluarkan nantinya yaitu harga sparepart yang mahal juga. Jadi, ketika suatu saat mobil ini mengalami kerusakan, maka Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

Sebenarnya tidak hanya saat seperapart rusak, ketika sudah waktunya ganti maka Anda harus menggantinya dengan biaya yang juga tidak murah. Ya, hal ini juga perlu menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli mobil matic.

Perlu diketahui bahwa sistem transmisi pada mobil matic adalah salah satu faktor yang membuat harga jual sparepartnya tinggi/mahal jika dibandingkan mobil manual.

Harga Jual Murah

Kekurangan mobil matic yang selanjutnya adalah harga jual mobil yang cenderung murah. Wah, tentu hal ini akan Anda pertimbangkan mengingat biaya perawatan yang dikeluarkan mahal.

Harga mobil bertransmisi otomatis, umumnya lebih mahal dibandingkan dengan model manual saat Anda membelinya.

Namun, siapa sangka justru harga jualnya anjlok dan lebih murah ketimbang saat menjual kembali mobil manual. Hal ini bisa dilihat di pasar mobil bekas yang mana label harga mobil matic selalu di bawah mobil manual meski tahun pembuatannya sama.

 Kekurangan Mobil Matic
Kekurangan Mobil Matic (Sumber Gambar: Google)

Sedikt Berbahaya Ketika Melewati Tanjakan

Kekurangan mobil matic yang terakhir adalah soal keselamatan. Ya, mobil matic ketika dikendarai dan melewati medan yang menanjak akan sedikit berbahaya. Kenapa bisa begitu? Sebab pengemudi tidak bisa menggunakan engine brake mengingat mobil matic tidak menyediakan gigi persneling.

Sehingga, ketika melewati jalan menurun yang cukup curam, untuk mengontrol laju dari mobil jenis ini hanya bisa menggunakan rem saja.

Itulah keunggulan dan kekurangan mobil matic yang perlu Anda ketahui. Jadikanlah kelebihan dan kekurangan mobil matic diatas sebagai pertimbagan sebelum membeli.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.