Perlu Diperhatikan 8 Kelebihan Dan Kekurangan Motor Listrik Gesits!

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Listrik Gesits
Kelebihan Dan Kekurangan Motor Listrik Gesits

Hak mutlak alam adalah adanya kelebihan dan kekurangan, sebelum anda memutuskan membeli sebaiknya pelajari dahulu kelebihan dan kekurangan motor listrik gesits.

Minimal ketika anda mengetahui kedua hal tersebut anda bisa mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak anda inginkan.

Salah satu karya anak bangsa dalam bidang transportasi adalah motor listrik GESITS yang dibuat PT WIKA Industri dan Konstruksi bekerjasama dengan ITS dan PT GESITS Technologies Indo (GTI), salah satu perusahaan di bawah naungan Garasindo Group.

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Gesits

Sebelum membahas lebih jauh tentang kelebihan dan kekurangan motor listrik gesits ini, simak dulu yuk penjelasan tentang perakitannya.

Pabrik perakitan GESITS sendiri akan menempati salah satu bangunan di kawasan industri terpadu PT WIKA (Persero) yang memiliki luas total areal 30 hektar di Cileungsi, Bogor.

Dalam tahap awal pabrik akan menggunakan salah satu bangunan seluas 2.400 meter persegi sebagai fasilitas penerimaan komponen, perakitan kendaraan, dan pengujian akhir.

GESITS yang telah dirakit disiapkan fasilitas gudang penyimpanan sementara seluas 1.400 meter persegi.

PT WIKA Industri dan Konstruksi mampu memproduksi 50.000 unit GESITS per tahun. Ke depan kapasitas produksi akan dikembangkan hingga mampu mencapai produksi 100.000 unit per tahun.

Kelebihan Motor Listrik Gesits

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Listrik Gesits
Kelebihan Dan Kekurangan Motor Listrik Gesits

Produksi GESITS sendiri direncanakan di mulai tahun depan. Lalu apakah kelebihan dari motor listrik listrik ini. Berikut adalah delapan hal yang menjadi kelebihan dari motor listrik GESITS :

1. Battery Management System

Hal yang menarik, untuk sekali isi ulang pengisian baterai, pengguna bisa mengendarai motor ini sejauh 80-100 km.

Hal ini menjadikan energi yang digunakan cukup efisien dan bisa dijadikan alternatif bagi pengguna selain motor matic bermesin bensin.

Tak sampai itu saja, Motor Listrik Gesits ini juga akan dibekali baterai jenis Lithium Ion yang memiliki daya kapasitas hingga 5.000 WH.

Untuk mendapatkan daya kapasitas tersebut membutuhkan waktu pengisian antara 3 sampai 4 jam.

2. Monitoring System

Sektor panel dari Motor Listrik Gesits ini tampaknya akan berbeda dari skuter matic pada umumnya. Menurut Kepala Laboratorium Sistem Otomatis Industri ITS, motor listrik dikerjakan oleh 20 anggota tim ITS.

Motor tersebut akan mengandalkan speedometer indikator yang terkoneksi dengan sistem berbasis Android.

Hal tersebut, tentunya spesial karena merupakan sebuah inovasi yang bisa menjadi nilai tambah dari Motor Listrik Gesits ini.

Dengan demikian, pengguna pun nantinya bisa menginstal software speedometer yang terkoneksi pada smartphone. Sehingga, pengguna bisa terus memantau status skuter listrik lokal ini.

Panel indikator itu dibentuk oleh Monitor System yang dibekali oleh prosesor sebesar 1 GHz.

Selain itu, nantinya panel indikator Motor Listrik Gesits ini akan tampil pada smartphone dengan tampilan digital yang modern dan informatif.

Pada indikator tersebut akan menunjukkan informasi mengenai kecepatan, kapasitas baterai, dan rpm.

Dengan melihat hal tersebut, kemungkinan besar sektor panel indikator dari spesifikasi Motor Listrik Gesits yang mengandalkan smartphone Android.

Hal ini tentunya bakal menjadi nilai plus dan memiliki daya tarik kepada calon konsumen.

3. Chassis

Motor Listrik Gesits ini sendiri akan dibekali dengan rangka yang kokoh, yaitu mengusung sasis Tubular yang mampu mengangkut kapasitas hingga 150 Kg.

Rangka Tubular Motor Listrik Gesits tersebut membentuk dimensi dengan ukuran panjang 1.910 mm, lebar 695 mm, dan tingginya 1.110 mm dengan bobot 120 Kg.

Menengok ukuran tersebut, wajar saja apabila ukuran dimensi tersebut akan membentuk gaya Motor Listrik Gesits tampak lebih slim.

Motor Listrik Gesits tidak memiliki tangki bahan bakar tetapi memiliki sebuah tempat untuk menaruh removable baterai. Sehingga, akan mempermudah penggunanya untuk mengganti baterai selama perjalanan.

Konstruksi rangka pada spesifikasi Motor Listrik Gesits tersebut memang merupakan hasil penelitian dari ITS sehingga dijamin TOP.

4. Swing Arm with mono shock

Untuk suspensi depan akan mengandalkan tipe suspensi Telescopic Shock. Sementara itu, untuk bagian belakang Motor Listrik Gesits akan menggunakan suspensi tipe Swing Arm with Mono Shock.

Kedua fitur suspensi tersebut tentunya akan memberikan kenyamanan kepada para pengendara maupun penumpangnya.

Pasalnya, dengan suspensi tersebut, Motor Listrik Gesits ini akan memiliki tingkat kestabilan yang tinggi meskipun dikendarai di jalanan yang kurang rata atau penuh bergeronjal.

Namun, untuk mengontrol laju kendaraan, hingga saat ini masih belum diketahui teknologi pengereman apa yang akan diusung.

Kemungkinan besar, akan menggunakan sistem pengereman tromol. Spesifikasi Motor Listrik Gesits ini hadir dengan beragam teknologi yang memberikan keselamatan dan kenyamanan kepada penggunanya.

5. Motor

Motor Listrik Gesits ini akan hadir dengan mengusung mesin bertenaga listrik dengan daya motor sebesar 5 KW.

Untuk masalah performa Motor Listrik Gesits inipun juga diklaim tak kalah dengan motor matic bermesin 125 cc sehingga mampu berakselerasi dengan kecepatan 100 Km/jam.

Tentunya dengan mesin listrik tersebut, motor ini tak akan mengeluarkan emisi gas buang karena mengandalkan teknologi mesin yang dikenal ramah lingkungan.

6. Controller

Motor Listrik Gesits ini akan menggunakan sistem transmisi timing belt untuk memutar roda belakang yang diklaim unggul pada durabilitasnya.

Bahkan, penggerak motor listriknya dijamin tidak mudah terendam air atau terguncang saat melewati jalanan Indonesia yang sarat lubang dan genangan air di musim hujan.

Tentu saja, jaminan aman spesifikasi Motor Listrik Gesits tersebut juga merupakan hasil uji dari ITS.

7. Telescopic Shock

Untuk mendukung dan memperkuat serta menjaga kestabilan ketika dikendarai maka Motor Listrik Gesits bakal dibekali fitur suspensi yang kokoh.

Untuk suspensi depan akan mengandalkan tipe suspensi Telescopic Shock.

8. Day running light

Motor Listrik Gesits ini dibekali lampu Day Running Light (DRL) yang sama dengan lampu depannya di mana lampu tersebut memanjang hingga ke samping bodi yang memiliki fungsi sebagai stoplamp dan lampu sein.

Dari spesifikasi Motor Listrik Gesits pada sektor eksterior tersebut, sepertinya skuter listrik lokal memang mengusung desain sporty dan tak kalah dengan desain skuter matic impor pasaran pabrikan teratas lainnya.

Kelemahan Motor Listrik Gesits

Tentunya tidak ada produk yang sempurna. Begitu pula motor listrik Gesits ini.

Sebagai sebuah produk tentunya ada beberapa kelemahan yang sementara ini belum sampai teknologinya untuk menjawab permasalahan itu. apa saja kelemahannya?

1. Jarak tempuh

Motor listrik menggunakan energi baterai, energi ini hanya mampu menyimpan daya untuk beberapa jam.

Sehingga kalau ingin bepergian jauh anda harus mempertimbangkan dahulu jarak tempuh dan daya baterainya. Nggak mau kan, motor mogok tapi jauh dari tempat pengecasan?

2. Rawan Kena Air/ Banjir

Nah, hal ini juga jadi masalah yang harus dipertimbangkan. Saat Ada hujan yang deras atau banjir tentu akan merepotkan.

Mungkin kalau hanya genangan air biasa sih, motor ini sudah dibekali sistem pengamanan kelistrikan oleh pabrik.

Tapi, bagaimana kalau anda terpaksa harus melewati jalanan yang genangan airnya lumayan?

3. Bengkel Resmi dan Sparepart

Jaringan bengkel resmi untuk servis motor listrik masih sangat jarang di Indonesia.

Lalu, saat baterai terjadi masalah harus di bawa kemana? atau ada beberapa komponen rusak akan sulit untuk segera mendapatkan penggantinya.

4. Beban maksimal

Oke, kalau yang satu ini benar-benar harus diperhatikan. Beban maksimal untuk motor listrik hanya 120an kg.

Tentunya beban ini setara dengan dua orang dewasa. Jadi, yang mau bonceng tiga jangan sekali-sekali pakai motor ini atau membawa beban yang berat seperti karung beras dan semen.

Baca Juga : “Harga Resmi Motor Listrik Gesits, Bisa Cash & Kredit Lho!

Demikian tadi beberapa kelebihan dan kekurangan motor listrik gesits. Tentunya semakin ke depan kekurangannya akan teratasi dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat berkembang.

Semoga informasi tentang Kelebihan Dan Kekurangan Motor Listrik Gesits tersebut bermanfaat bagi anda.

Jika informasi tentang kelebihan dan kekurangan motor listrik gesits bermanfaat kami berharap anda jangan sungkan untuk share kembali ke orang orang di sekitar anda, Sekian & Terimakasih. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.