Kelebihan dan kekurangan mobil Ayla banyak dicari tahU, baik secara online maupun offline. Banyak orang yang mencari informasi mengenai kelebihan dan kekurangan mobil Ayla. Sebab, mobil Ayla adalah salah satu mobil yang saat ini di minati oleh masyarakat Indonesia. Banyak hal yang menjadikan mobil ini sebagai pilihan.

Namun, alangkah baiknya mencari tahu informasi kekurangan dan kelabihan sebelum memutuskan membeli. Jangan hanya mengikuti orang –orang. Sebab, setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda untuk kendaraan mobil.

Daihatsu Ayla adalah city car yang dirancang oleh Daihatsu dan diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor di Indonesia. Mobil Ayla juga dijual oleh Toyota sebagai Toyota Agya di Indonesia dan kawasan Benua Amerika, lalu Toyota Wigo di Filipina, Sri Lanka, Brunei, serta Vietnam.

Berdasarkan sumber resmi, Daihatsu Ayla diumumkan dan ditampilkan di Pameran Motor Internasional Indonesia ke-20 pada September 2012 silam. Ia hadir sebagai jawaban Toyota dan Daihatsu terhadap rencana pemerintah untuk program Low Cost Green Car (LCGC).

Adapun syarat dari mobil yang digolongkan sebagai LCGC adalah bahwa produksi dari mobil tersebut harus di Indonesia sehingga harganya dapat ditekan. Karena mendapat insentif pajak, harganya pun jadi terjangkau yang kini dipasarkan antara Rp98,15 juta sampai Rp147,85 juta.

Bagi kamu yang berencana membeli mobil Ayla, alangkah baiknya mencari tahu kelebihan dan kekurangannya. Sehingga, dapat ditentukan apakah city car yang satu ini cocok untuk kamu atu tidak. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan mobil Ayla.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ayla: Kelebihan

kelebihan dan kekurangan mobil ayla
kelebihan dan kekurangan mobil ayla

Mobil yang satu ini terkenal dengan harganya yang murah. Namun, Mobil Ayla masih banyak memiliki kelebihan lainnya. Kelebihan inilah yang menjadikan Ayla sebagai mobil yang diminati oleh masyarakat. Apa saja kelebihan dari mobil Ayla?. Berikut ulasannya untuk Anda.

Harga Mobil Murah

Sudah menjadi informasi umum tentang harga Mobil Ayla. Bahkan harga mobil Ayla yang murah menjadi keunggulan tersedniri bagi city car yang satu ini. Harga Mobil Ayla ini berkisar dari harga 75 juta hingga 114 juta rupiah.

Mobil ini mendapat predikat mobil termurah di golongan mobil sekelasnya. Untuk daihatsu ayla dengan mesin spesifikasi 1.0 liter, mulai dipasarkan dengan harga sekitar 76.5 juta rupiah. Harga ini berlaku untuk Ayla tipe D dengan menggunakan transmisi manual.

Bahan Bakar dan Performa Mobil

Kelebihan dan kekurangan mobil Ayla yang lain ada pada mesinnya. Mobil Ayla memiliki dua varian mesin. Varian mesin yakni 1,0 liter dan 1,2 liter. Kedua mesin tadi menawarkan konsumsi bahan bakar yang irit. Secara spesifikasi, mesin 1,0 liter berkubikasi 998 cc DOHC, 3 silinder dan 12 katup. Mesin 1NR dapat menghasilkan tenaga sebesar 65 Hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi mencapai maksimal 85 Nm pada putaran 3.000 rpm.

Dengan penggunaan bahan bakar 1 liter, anda dapat membawa kendaraan ini hingga pada jarak 2o km. Ukuran mobil nya yang mungil juga menjadi salah satu alasan yang membuat mobil ini semakin irit. Selain itu, dengan spesifikasi mesi yang dimiliki, Mobil Ayla memiliki performa yang memuasakan dengan harga mobil yang sangat terjangkau.

Mobil Ayla sangat coock digunakan bagi pengendara motor yang ingin beralih ke mobil karena penggunaannya bahan bakar dan harganya menjadi daya tarik tersendiri.

Sparepart Mobil Mudah Ditemukan

Keunggulan Mobil Ayla selanjutnya adalah sparepart mobil yang mudah ditemukan. Daihatsu dan Toyota memiliki rantai suplai hingga ke pelosok Indonesia. Sehingga, jika Mobil Ayla rusak ataupun perlu mengganti komponen akan sangat mudah melakukannya. Sebab, sparepart mudah ditemukan di berbagai kota.

Dengan banyaknya dealer daihatsu maka tidak akan kesulitan mencari spare part untuk mobil anda, selain itu harganya yang murah menjadi sebuah keuntungan tersendiri. Baik bengkel besar sampai bengkel kecil biasanya menyediakan spare part Ayla, mulai dari yang asli sampai KW.

Bagasi dan Kabin yang Luas

Siapa sangka bahwa Mobil Ayla memiliki ukuran kabin dan bagasi yang luas. Hal ini adalah keunggulan tersendiri untuk mobil yang mempunyai ukuran mungil. Mobil Ayla dilengkapi dengan kabin berukuran 3600 x 1600 x 1520 mm. Dimana kabin dapat menampung hingga 5 penumpang di dalamnya tanpa harus berdesak desakkan sehingga dapat membuat penumpang di dalamnya menjadi nyaman.

Selain itu, Mobil dari Daihatsu ini mempunyai bagasi yang hampir sejenis dengan mobil lainnya seperti toyota agya. Dapat dikatakan bahwa mobil ayla ini memiliki ukuran bagasi yang cukup luas bila dibandingkan dengan mobil kompetitor lain di sekelasnya. Bagi kamu yang sering melakukan perjalanan jauh maupun tradisi mudik dimana harus membawa banyak baranag, pasti bagasi yang luas sangat menjadi idaman bukan?.
Interior Mobil

Interior dan Fitur Hiburan

Mobil dengan ukuran kecil yang satu ini tetap nyaman untuk berkendara dengan interior yang dimilikinnya. Daihatsu mendesain Mobil Ayla sangat dinamis dengan menggunakan material berkualitas sehingga menunjang kenyamanan dalam berkendara. Bagian kursi belakang dapat dilipat sehingga akan memudahkan anda dalam memasukkan barang-barang.

Selain itu Dhaitsu juga melengkapi mobil ini dengan fitur hiburan. Ayla memiliki tipe varian X dengan head unit yang terintegrasi dengan radio, MP3/CD/WMA, AUX Port, dan USB. Dengan fitur-fitur pada head unit-nya, kalian tidak mati gaya di perjalanan karena bisa memutar musik melalui gawai yang dibawa. Fitur hiburan ini dapat semakin menyamankan perjalanan.

Tipe Transmisi Automatic

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ayla 1
kelebihan dan kekurangan mobil ayla

Mobil Ayla telah tersedia dalam tipe transmisi automatic. Daihatsu Ayla untuk tipe transmisi automatic hanya tersedia khusus pada tipe X dan M. Sementara itu, untuk tipe D dan D+ belum tersedia tipe dengan menggunakan sistem transmisi automatic. Adanya varian ini jelas dapat memberikan kemudahan bagi yang sering menggunakan kendaraan dalam keadaan macet.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ayla: Kekurangan

Setelah mebahas kelebihan dari Mobil Ayla, kita juga akan membahas mengenai kekurangan dari mobil ini. Mobil Ayla memiliki beberapa kekurangan yang mungkin bisa jadi pertimbangan ketika akan membelinya.

Fitur Tidak Merata

Setiap type dari Mobil Ayla memiliki fitur yang berbeda. Yang menjadi perhatian fitur tersebut dianggap penting. Seperti, untuk varian terbawah tidak membekali fitur seperti airbag dan immobilizer. Kalian perlu hati-hati karena pada Ayla 1,0 masih mudah dibobol pencuri.

Masih seputar fitur kenyamanan, Ayla hingga kini belum memiliki tilt steering. Ini sedikit merepotkan bagi pengemudi berpostur pendek karena tidak bisa mengatur posisi setir. Belum lagi, jok Ayla membuat posisi semakin tinggi dan letak setir tambah menjauh.

Kualitas Material

Hal ini mungkin telah disesuaikan dengan harganya. Sehingga, beberapa bagian mobil dibuat dengan material yang kurang kuat. Seperti bagian kabin misalnya, terlalu banyak aksen plastik termasuk trim yang tidak ada hiasan door trim dari bahan soft touch atau fabric sekalipun.
Selain itu busa jok juga tidak tebal dan ukuran empuknya biasa saja. Sandaran belakang juga tidak bisa diatur lebih merebah dari posisinya sekarang.

Bodinya Yang Ringan

Kekurangan lain dari Mobil Ayla adalah bobot kendaraannya yang ringan. Hal ini akan menjadi masalah pada saat mobil tersebut digunakan pada kecepatan yang cukup tinggi karena akan membuat keseimbangan mobil menjadi tidak stabil.

Apalagi pada saat anda berpapasan dengan mobil-mobil berukuran besar seperti truk ataupun bis, maka mobil ayla akan merasakan getaran yang akan membuat pengendara dan penumpang yang ada di dalamnya menjadi tidak nyaman.

Baca Juga: Jenis Rambu Lalu Lintas: Macam dan Makna Setiap Warna

Namun mobil ini akan sangat nyaman bila dilalui di jalanan yang sempit karena bodinya yang mungil. Mobil daihatsu ayla memiliki bobot sekitar 755-785 kg. Bobot ini cukup kecil 185 kg bila dibandingkan dengan mobil lain yang berada di kelasnya. Bobot yang mungil ini dapat dikarenakan karena mesinnya yang kecil

Setiap mobil pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan mobil Ayla. Jadi, pertimbangkan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan mobil sebelum memutuskan membeli. Sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *