Setelah membahas mengenai kelebihan, kini kita akan bahas kekurangan motor matic vs motor manual. Ini penting untuk jadi bahan pertimbangan, mengingat saat membeli motor tidak hanya dari melihat kelebihannya saja, namun juga perlu mengetahui kekurangan.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, maka setidaknya biaya perawatannya akan bisa diminimalisasi. Anda akan lebih paham soal kendaraan yang Anda beli dan jika ada kerusakan tidak melulu rujukannya ke bengkel.

Kekurangan Motor Matic Vs Motor Manual

Ada beberapa kekurangan motor matic vs motor manual yang perlu menjadi pertimbangan pembelian selain memperhatikan kelebihan dan kebutuhan penggunaan.

Kekurangan Motor Matic Vs Motor Manual: Lebih Baik Mana? 1
Kekurangan Motor Matic Vs Motor Manual

Sebab, beberapa kekurangannya ini akan berdampak pada penggunaan kendaraan sehari- hari. Lalu, apa saja kekurangan motor matic vs motor manual? Berikut ulasannya untuk Anda.

Kekurangan Motor Matic

Pertama kita akan membahas mengenai kekurangan dari motor matic. Motor matic belakngan ini menjadi primadona di masyarakat. Selain didesain simple dan mudah digunakan, keunggulan yang paling utama adalah kemudahan dalam menggunakannya.

Bahkan para pemula tidak perlu khawatir saat mengendarai motor ini. Sebab mereka hanya perlu berfokus pada mengatur stater kendaraan tanpa perlu menaikan atau menurunkan gigi kendaraan.

Namun, dibalik kelebihannya tentu motor matic juga mempunyai kekurangan. Lantas apa saja kekurangan dari motor matic? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Bahan Bakar lebih boros

Kekurangan dari motor matic yang mungkin sudah menjadi rahasia umum adalah borosnya bahan bakar yang digunakan. Jadi, motor jenis ini lebih boros bensi jika dibandingkan dengan motor manual.

Meskipun saat ini banyak motor matic yang sudah menggunakan teknologi injeksi, tetap saja motor matic, tidak bisa mengalahkan keiritan motor manual. Jadi, bagi Anda yang sering berpergian jauh, harap memikirkan kembali jika ingin memilih motor matic sebagi kendaraan.

2. Roda berdiameter pendek

Ada apa dengan roda motor matic? Roda motor matic ternyata memiliki diameter yang lebih kecil. Hal ini menjadi kekurangan motor matic yang kedua. Diameter roda yang lebih kecil berdampak pada tinggi motor matic, yang mana ukuran tersebut termasuk pendek.

Tentu ada hal baiknya ketika diameter roda kecil. Namun diameter roda yang kecil ini juga memiliki sisi kekurangan. Yaitu dengan roda yang kecil dan pendek, akan membuat motor matic kurang nyaman. Apalagi jika dikendarai pada permukaan yang kurang rata atau berbatu.

Apalagi, ketika kamu melewati polisi tidur yang tinggi. Meski tidak semua, namun sebaiknya kamu lebih waspada ketika melewati jalanan jelek ataupun kurang rata dengan menggunakan motor matic.

Kekurangan motor matic vs motor manual
Kekurangan motor matic vs motor manual (Sumber: Google)

3. Shockbreaker hanya satu

Kekurangan yang selanjutnya dari motor matic adalah hanya memiliki satu shockbreaker Jika di perhatikan, motor matic hanya memiliki satu shockbreaker. Yaitu pada bagian samping kanan bawah jok motor. Berbeda dengan motor bebek, yang memiliki dua, sehingga lebih kuat dalam membawa beban.

4. Perawatan lebih ekstra

Kelemahan selanjutnya dari motor matic adalah perawatan ekstra yang dibutuhkan. Dimana hal ini berdampak pada pemilik kendaraan harus lebih rajin cek kendaraan ke bengkel. Sebab motor matic lebih sensitif. Hal ini karena motor matic digerakkan dengan CVT atau continuously variable transmission.

Jika, tak rajin dibawa ke bengkel, maka CVT akan lebih mudah berat, dan kenyamanan terganggu. Jadi, sebagai pemilik harus rajin- rajin membawanya ke bengkel. Hal yang satu ini dianggap juga sebagai kelemahan dari motor matic.

Perawatan yang intens untuk motor matic berakibat pada biaya yang akan dikeluarkan untuk motor Anda. Sehingga untuk biaya perawatan motor matic cenderung lebih mahal. Dimana harus rajin cek ke bengkel dan biaya perawatan serta service motor matic. Sehingga hal ini menjadi salah satu kekurangan motor matic selanjutnya.

Jadi pertimbangkan segala biaya yang akan dikeluarkan, ketika motor bermasalah dan pastikan sesuai dengan anggaran Anda. Jadi itulah kekurangan motor matic Vs motor manual yang terakhir.

Kekurangan Motor Manual

Setelah mengetahui kekurangan dari motor matic, kini kita akan membahas mengenai kekurangan motor manual. Meski dikenal tangguh dan irit besin, motor manual juga memiliki beberapa kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum Anda membelinya.

Tidak hanya masalah mengoperasikan motor yang harus berkonsentrasi pada gigi dan gas. Namun, motor manual juga mempunyai beberapa kekurangan lainnya. Berikut adalah kekurangan motor manual yang perlu Anda ketahui.

Kekurangan motor matic vs motor manual
Kekurangan motor matic vs motor manual (Sumber: Google)

1. Busi relatif cepat mati

Kekurangan Motor manual yang pertama ada dibagian businya. Sebab busi sepeda motor manual cepat mati apabila dibandingkan dengan busi motor matik. Hal tersebut dikarenakan busi sepeda motor manual tidak dilindungi dan mudah sekali terkena air.

Apalagi jika sedang terjadinya hujan sehingga saat hujan biasanya busi akan mudah terkena air hujan. Sehingga hal tersebut akan meninggalkan efek bagi kendaraan motor manual. Efeknya yaitu busi akan mati dan mesin motor pun tidak akan nyala ataupun sangat susah untuk menyala sebelum busi kering.

2. Bagasi relatif lebih kecil

Kelemahan selanjutnya dari sepeda motor manual adalah tempat bagasi yang sempit. Hal ini sangat berbanding terbalik jauh dengan motor matic. Dimana motor matic terkenal juga dengan bagasi yang jauh lebih besar dan lega. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa sisi fungsionalitas motor manual masih kalah dengan jenis motor matic.

Bagasi sendiri cukup penting bagi para pengguna yang mempunyai bawaan yang cukup banyak. Selain itu bagasi motor bisa digunakan untuk menyimpan barang – barang pengguna sepeda motor tersebut.

Baca Juga: 7 Tips & Trik: Merawat Motor Injeksi Agar Mesin Awet

3. Transmisi mode Manual

Lalu apabila dilihat dari segi transmisinya sendiri, jenis motor bebek kurang praktis jika dibandingkan dengan jenis motor matic. Ini karena sistem transmisi motor bebek yang mempunyai gigi (percepatan transmisi) 4 sampai ada yang 6 gigi.

Banyaknya transmisi ini akan membuat pengguna lebih cepat capek kakinya saat harus sering mengurangi ataupun menambah (mengoper) gigi. Berbeda dengan jenis motor matik yang mempunyai jenis transmisi manual (tanpa gigi) sehingga lebih praktis dan tinggal mengatur gas serta pengereman hanya dengan kedua tangan.

Jadi itulah tadi kekurangan motor matic vs motor manual. Dimana masing masing mempunyai kekurangan yang dapat Anda pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan.

Jadi, bagaimana apakah Anda akan berubah berfikiran setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan motor matic vs motor manual? Mau beli yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *