5 Kelebihan Dan 3 Kekurangan Motor Listrik: Yuk! Ketahui Sebelum Membelinya

Saat ini semakin banyak motor listrik yang ada dipasaran. Namun, dikarenakan motor dengan bahan bakar listrik masih baru, ada baiknya sebelum membeli Anda mengenalinya. Ya, setidaknya Anda mengetahui apa kelebihan dan kekurangan motor listrik yang akan Anda beli.

Sehingga, Anda mengetahui apa saja perawatan yang perlu dilakukan. Selain itu Anda juga mengetahui bagimana jika bateri sepeda listrik rusak. Yang paling penting adalah apakah listrik di rumah Anda mampu untuk mengisi daya bateri sepe motor tersebut.

Apa saja sih kelebihan dan kekurangan motor listrik? Artikel kali ini akan mengulasnya secara lengkap untuk Anda. Selamat membaca!

Kelebihan Motor Listrik

Dianggap sebagai motor masa depan, kini motor berbahan bakar listrik mulai dilirik. Selain semakin banyak pilihannya, bahkan kelebihan motor yang satu ini juga semakin banyak, loh. Ya, tidak hanya sebagai motor yang ramah lingkungan, namun motor ini juga memiliki desain yang trendi.

Okay, langsung saja inilah ulasan mengenai kelebihan dari motor listrik secara lengkap.

Tidak Perlu Ganti Oli

Kelebihan yang pertama dari motor listrik adalah tidak perlu mengganti oli. Jadi, bagi Anda yang suka lupa mengganti oli mungkin dapat beralih pada jenis motor dengan bahan bakar listrik.

Motor dengan tenaga listrik tidak perlu mengganti oli dikarenakan kendaraan ini tidak menggunakan oli untuk melumasi mesin pengerak motor. Untuk itu, hal ini menjadi salah satu kelebihan dari kendaraan ini.

Namun Anda masih harus memperhatikan kondisi kondisi minyak rem, kampas rem dan ban. Untuk bagian ini tidak ada bedanya dengan motor konvensional, ya.

Baca Juga: Oli Motor Matik : 5 Rekomendasi Terbaik Untuk Anda

Motor listrik Lebih Irit

Kelebihan selanjutnya yang akan semakin menarik minat Anda adalah motor ini lebih irit atau efisien dibandingkan motor konvensional. Ya, untuk Motor listrik lebih efesien sebab tidak perlu harus mengisi bahan bakar kendaraan ketika ingin menggunakan motor.

Kekurangan Motor Listrik
Kekurangan Motor Listrik (Sumber Gambar: Google)

Sedangkan jika menggunakan motor listrik kita hanya perlu untuk mengisi daya baterainya saja. Dimana biaya untuk mengisi ulang daya baterai ternyata lebih murah loh dibandingkan dengan biaya bensin. Jadi, masih ragu memilih motor dengan bahan bakar listrik untuk kendaraan?

Ramah Lingkungan

Kelebihan motor listrik selanjutnya adalah motor dengan listrik merupakan kendaraan yang ramah lingkungan. Sebab, dengan menggunakan motor listrik maka Anda dapat membantu mengurangi polusi udara.

Ya, sepertinya kelebihan yang satu ini telah menjadi rahasia umum, jika motor listrik merupakan kendaraan yang ramah lingkungan. Inilah salah satu tujuan dari diciptakannya kendaraan berbahan bakar listrik.

Dimana, motor listrik diciptaka salah satunta untuk mengendalikan polusi udara akibat mesin konvensional yang semakin meraja lela di berbagai negara, motor listrik ini bisa mengatsai pencemaran polusi udara, dan ketika udara yang kita hirup bisa lebih bersih dan berkualitas pastinya.

Memiliki Sistem Canggih ITS

Kelebihan motor listrik yang selanjutnya adalah adanya sistem canggih ITS. Sepeda motor bertenaga listrik memiliki teknologi canggih seperti Intelligent Transport System (ITS). Dimana sistem ini merupakan salah satu sitem keamanan yang berfungsi untuk pengereman kendaraan dan teknologi ini yang selalu di kembangkan untuk mendukung perkembangan motor listrik.

Mudah di Rawat

Kelebihan motor listrik yang selanjutnya adalah mudahnya perawatan yang perlu dilakukan. Ya, jika dalam pembahasan sebelumnya dikatakan tidak perlu ganti oli, maka masih ada kemudahan perawatan untuk kendaraan yang satu ini.

Dimana untuk perawatan motor ini masih terbilang sangat mudah, hanya perlu merawa batrainya saja agar berfungsi dengan baik, ketika di gunakan kepada motor listrik di indonesia.

Kekurangan Motor Listrik
Kekurangan Motor Listrik (Sumber Gambar: Google)

Kekurangan Motor Listrik

Dibalik kelebihan motor ini, tentu saja masih ada kekurangan yang akan terus diperbaiki dan juga di upgrade kedepannya. Apalagi duania otomotif yang mulai berkolaborsai dengan teknologi, mungkin di masa yang akan datang motor listrik akan lebih aman dan nyaman untuk digunakan.

Setelah membahas mengenai kelebihan motor listrik ini, maka kami juga akan membahas mengenai kekurangan motor listrik ini. Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Jarak Tempuh Pendek

Kekurangan motor listrik yang pertama adalah jarak tempuh yang pendek. Hal ini dikarenakan motor listrik menggunakan baterai, sehingga berdampak pada jarak tempuhnya. Jadi, apabila Anda mencari motor untu jarak tempuh yang cukup jauh, motor ini kurang tepat untuk dipilih.

Tidak hanya dari jarak kendaraan saja yang terbatas, namun untuk kecepatan juga dibatasi dari setiap batre motor listrik. Umumnya motor listrik yang beredar di Indonesia mampu menempuh jarak sekitar 50 Km untuk satu battery.

Memang, diler yang menjual motor listrik menawarkan opsi tambahan battery, namun Anda juga harus mengeluarkan uang lebih. Dimana tambahan baterai dapat menambah biaya sekitar 7 – 12 jutaan rupiah.

Jadi, bagi Anda yang tinggal di daerah macet atau sering menggunakan sepeda motor untu keluar kota, motor yang satu ini tidak cocok untuk Anda.

Kekurangan Motor Listrik
Kekurangan Motor Listrik (Sumber Gambar: Google)

Bengkel Resmi Belum Merata

Kekurangan motor listrik yang selanjutnya adalah bengkel resmi yang belum merata. Selain itu, diler untuk motor listrik ini juga hanya tersedia di kota- kota besar saja.

Jadi mayoritas importir sepeda motor listrik membuka jaringan diler dan bengkelnya baru di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan kota besar lainnya.

Jadi untuk masyarakat di daerah yang berniat membeli motor listrik mungkin akan kesusahan misalnya dalam hal perawatan di bengkel. Di samping itu, komponen aftermarket belum banyak yang menjual. Bengkel-bengkel modifikasi pun masih jarang menggarap motor listrik.

Harga Bateri Mahal

Kekurangan motor listrik yang selanjutnya adalah harga baterai yang mahal. Ya hal ini disebabkan karena di indoensia belum dapat menciptakan baterai sediri sehingga bagi pemilik kendaraan akan kesulitan ketika mengalami kerusakan pada baterai, untuk membeli barunya harus memesan dari luar negeri.

Baca Juga: Ingin Modifikasi Motor? Hindari Bagian- Bagian Ini

Itulah kelebihan dan kekurangan dari motor listrik. Tentu dengan berbagai kelebihannya motor ini cukup menarik bukan? Namun, pastika juga ketika akan membelinya Anda telah mempertimbangkan dengan baik mengenai kekurangan dari motor listrik ini.

Terutama pertimbangkan mengenai kelebihan dan kekurangan motor listrik.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.