Cover mobil merupakan salah satu aksesoris mobil yang penting untuk dimilik. Apalagi untuk mobil yang sering diparkir pada tempat terbuka. Begitu manfaat ketika mobil menggunakan cover mobil. Namun, dibalik kelebihan menggunakan cover mobil, ternyata ada dam pak negatifnya juga loh ketika menggunakancover mobil terlalu sering.

Ada beberapa kekurangan 7 kelebihan cover mobil yang perlu diketahui. Terutama untuk penggunaan yang terlalu sering. Cover mobil menghadirkan banyak manfaat. Salah satunya adalah mengurangi paparan langsung sinar matahari serta air hujan dan menjaga bodi tetap bersih.

Namun, selain kelebihan juga ada kekurangannya, loh. Berikut adalah ulasan mengenai kekurangan & kelebihan cover mobil.

Kelebihan Cover Mobil

Bagi yang memarkirkan mobil ditempat terbuka, maka cover mobil sangat penting. Ya, cover mobil mampu melindungi mobil Anda dari sinar matahari, air hujan, debu, embun, kotoran binatang dan melindungi permukaan cat dari polusi.

Aksesoris mobil yang satu ini memiliki banyak pilihan bahan. Jadi, jangan asal memilih bahan untuk aksesoris yang satu ini. Sarung dipilih harus licin dan anti air, bahannya juga tersedia dalam banyak jenis dan fungsinya. Ada juga sarung mobil yang digunakan saat parkir di dalam ruangan, memiliki rongga pada bahan tersebut dan mampu dijadikan sebagai sirkulasi udara.

Pengguaan sarung mobil juga harus diperhatikan dengan baik. Ada kelebihan dan kekurangan yang harus diketahui sebelum memilih untuk membelinya.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Ban Cadangan Untuk Anda Ketahui!

Melindungi Dari Perubahan Cuaca

Ketika kita memarkirkan mobil di ruang terbuka, risiko akan terpapar perubahan secara langsung kemungkinan besar terjadi. Untuk itu vover mobil dapat membantu Anda melindungi mobil dari eprubahan cuaca.

Cover Mobil
Cover Mobil (Sumber Gambar: Google)

Perlu Anda ketahui desiran angin dan kerikil kecilpun sebenarnya berpotensi merusak, membuat bodi mobil lecet. Jika dibiarkan saja cat mobil bisa mengelupas dan membuatnya kusam. Selain itu, cover untuk mobil juga dapat menghalau paparan sinar matahari langsung yang sering merusakan bagian setir dan semua logam bisa menjadi sangat panas.

Dimana sinar ultraviolet dari matahari juga dapat menyebabkan cat eksterior pudar, juga merusakan tampilan jok terutama jika berbahan kulit asli, dan yang paling beresiko adalah dasbor yang terbuat dari bahan plastik. Jika dibiarkan terkena paparan sinar UV dalam waktu lama dabsor bisa retak.

Melindungi dari Debu dan Lumpur

Kelebihan ketika menggunakan cover untuk mobil selanjutnya adalah melindungi dari debu dan lumpur. Ya, artinya baik mobil yang diparkir di tempat terbuka maupun tertutup memerlukan aksesoris yang satu ini.
Debu yang menempel pada body mobil akan berdampak pada cat mobil yang kan terlihat kusam. Debu akan membuat mobil Anda kotor dan dapat merusak warna cat mobil. Jadi, penggunaan cover ini akan sangat berguna untuk cat mobil Anda. Apalagi jika mobil sering mengganggur di dalam garasi.

Apabila didalam garasi masalah utama yang menghadang mobil adalah debu, sementara diluar ruangan tidak hanya debu. Namun juga ada lumpur yang dapat jadi ancaman terutama ketika musim penghujan datang. Karena banyak pemilik mobil yang tidak memiliki garasi. Sehingga jangan sampai tidak punya garasi juga tida punya cover untuk mobil. Mengingat ruang terbuka lebih besar potensinya untuk merusak mobil Anda.

Melindungi dari Goresan

Fungsi cover untuk mobil selanjutnya adalah melindungi dari goresan. Bahkan kerikil kecil yang terbawa angin saja dapat mengakibatkan goresan pada mobil Anda. Apalagi jika mobil terparkir diluar, maka akan elbih banyak hal yang akan mengakibatkan mobil tergores.

Entah itu tangan jahil maupun ulah binatang. Ya, sebab tidak jarang beberapa hewan liar seperti tikus juga berusaha memasuki bagian interior. Binatang lain yang juga berpotensi merusak adalah serangga seperti kecoak.

Hewan pengganggu ini sering bersarang pada pipa knalpot atau kap mesin yang akhirnya dapat mengurangi kinerja mesin. Mengunakan cover mobil dapat menutup jalan masuk bagi serangga-serangga tersebut.

Cover Mobil
Cover Mobil (Sumber Gambar: Google)

Melindungi Dari Kecelakaan

Ketika parkir diluar tidak hanya dari tangan jahil atupun hewan. Namun juga dari senggolan kenaraan lain. Misalnya gesekan kunci, jari dan benda-benda berbahan metal lambat laun bisa mengikis cat asli mobil.
Risiko saat mobil parkir diluar akan lebih besar dan dapat terjadi kapanpun. Maka, lindungi kilau kendaraan kesayangan Anda dengan pilihan cover mobil yang tepat.

Melindungi Dari Pencurian dan Vandalisme

Cover mobil bukan hanya melindungi bodi dari perubahan cuaca, tapi juga menawarkan perlindungan dari pencurian kendaraan. Ketika seorang pencuri melihat sebuah mobil terlindungi oleh cover, biasanya mereka akan berpikir ulang.

Pasalnya belum tentu jenis mobil yang ada, tidak sepadan dengan resikonya. Penggunaan sarung juga melindungi mobil dari resiko pencurian barang-barang di dalam mobil sehingga Anda dapat meninggalkan barang berharga, seperti tas dan ponsel dengan tenang.

Kekurangan Cover Mobil

Selain memiliki kelebihan yang akan membantu melindungi body dan cat mobil Anda. Cover untuk mobil juga mempunyai beberapa kekurangan, loh.

Baca Juga: Hindarai Mengendarai Motor Sambil Mendengarkan Musik!

Bahan Salah Menyebabkan Kerusakan Bodi

Banyak hal yang akan ditimbulkan ketika Anda salah membeli bahan untuk cover mobil Anda. Sebab, banyak jenis untuk bahan cover. Maka, sebelum membeli pastikan Anda telah memperhatikan jenis, ukuran dan bahan dari cover.

Pastikan bahannya tahan air agar ketika hujan tetesan air hujan tidak meninggalkan bekas pada bodi mobil. Selain itu bahan yang kasar juga bisa menyebabkan goresan kecil pada bagian bodi.

Cover Mobil
Cover Mobil (Sumber Gambar: Google)

Menyebabkan Udara Panas

Kekurang dari cover untuk mobil yang satu ini akan sangat terasa jika Anda salah memilih bahan untuk aksesoris yang satu ini. Penggunaan cover mobil dalam waktu lama ketika mobil terparkir di area terbuka menyebabkan udara bersuhu tinggi terperangkap didalam cover. Seingga, udara di sekitar mobil akan panas. Jika mobil diparkir diruang terbuka upayakan tidak menggunakan cover mobil, atau Anda bisa membeli khusus yang bisa digunakan di suhu tinggi.

Ukuran Salah

Selain salah bahan dapat menyebabkan mobil rusak, ukuran yang salah juga mempunyai efek yang sama. Dimana, ukuran cover juga mempengaruhi kualitas perlindungannya. Cover yang tidak sesuai ukuran mobil baik terlalu kecil maupun terlalu besar bisa mengakibatkan cat mobil mengelupas. Selain itu ukuran yang salah juga bisa menyebabkan cat mobil menjadi belang.

Itulah kekurangan & kelebihan cover mobil. Untuk kekurangan dapat Anda antisipasi dengan teliti sebelum membeli. Memastikan bahwa cover yang akan Anda beli memiliki kualitas yang baik untuk mobil Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *