Kekurangan All New Honda Scoopy: Bener Ngga Sih Kapasitas Bensin Kecil?

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas secra lengkap mengenai kelebihan All New Honda Scoopy. Nah, berhubung yang namanya buatan manusia pasti ada kelebihan dan kekurangannya.

Jadi, artikel kali ini akan membahas kekurangan All New Honda Scoopy. Ya, kekurangan ini dapat dijadikan pertimbangan ketika akan membelinya.

All New Honda Scoopy sendiri punya empat type. Type tersebut yaitu Prestige, Stylish, Fashion, dan Sporty. Dimana setiap type memiliki karakternya masing-masing. Selain itu, masing-masing type mempunyai dua pilihan warna, sehingga kini All New Scoopy punya total 8 pilihan warna.

Warna tersebut adalah Prestige White dan Prestige Black, dengan dilengkapi pelek yang dilabur warna Burnt Titanium. Kemudian untuk varian Stylish ada warna Stylish Brown dan Stylish Red, dengan pelek dilabur warna silver.

Untuk varian Fashion agak sedikit ramai, karena memadukan striping yang desainnya cenderung atraktif. Di varian ini dua pilihan warna yang tersedia adalah Fashion Black, dan Fashion Blue.

Sementara varian terakhir yaknri Sporty, hadir dalam pilihan warna Sporty Red dan SPorty Black. All New Honda Scoopy sangat terkenal dengan tampilannya yang khas. Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Scoopy juga memiliki kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya.

Kekurangan All New Honda Scoopy

Dibandingkan dengan kelebihannya, tentu kekurangan All New Honda Scoopy jauh lebih sedikit. Namun, tetap saja kekurangan ini perlu menjadi pertimbangan Anda. Mengingat kekurangan All New Honda Scoopy ini akan sangat terasa ketika dibandigkan dengan para pesaingnya.

Terutama Yamaha Fino. Jadi, apa saja sih kekurangan All New Honda Scoopy? Berikut ulasan lengkapnnya untuk Anda.

Performa Mesin Kurang Greget

Kekurangan All New Honda Scoopy yang perlu dibertimbangkan adalah performa mesinnya. Ya, performa mesin All New Hoda Scoopy dianggap kurang greget. Pada artikel sebelumnya, produk Honda yang satu ini dengan mesin baru. Namun ada hal yang harus dibayar, yaitu adanya pengurangan output tenaga dan torsinya.

All New Honda Scoopy dilengkapi dengan Mesin yang digunakan pada motor ini berkapasitas 110 cc, dimana kapasitas motor ini tidak terlalu besar. Apalagi jika dibandigkan dengan pesaingnya.

Selain itu apabila menyandingkan dengan model lawas yang semula memiliki tenaga 8,9 daya kuda di 7.500 rpm kini menjadi 8,8 daya kuda di puntiran mesin yang sama. Sementara torsi puncak juga turun ke 9,3 Nm pada 5.500 rpm yang semula 9,4 Nm di 6.000 rpm.

Kekurangan All New Honda Scoopy
Kekurangan All New Honda Scoopy (Sumber Gambar: Google)

Kapasitas Tangki Bensin

Kapasitas tangki bensin yang dianggap keccil juga menjadi kekurangan All New Honda Scoopy. Ya, mungkin dengan body motor yang besar, konsumen berharap daya tampung bensin juga akan lebih.
Meskipun dianggap kecil, namun perlu dicatat bahwa hal ini sebanding dengan spesifikasi mesin yang digunakannya. Namun, meskipun begitu bensin untuk motor ini cenderung irit.

Keiritan motor ini berkata adanya teknologi Idling Stop System (ISS) yang membuat mesin Scoopy dapat mati secara otomatis ketika berhenti selama lebih dari 3 detik. Jadi, masih bisa lah jika motor ini digunakan untuk perjalanan jauh.

Lalu berapa sih daya tampung bensin pada motor ini? Ya, seperti yang sudah disebutkan pada artiel sebelumnya, bahwa tangki All New Honda Scoopy dapat menampung 4.5 liter bahan bakar atau bensin.

Jika dibandingkan dengan motor matic lainnya hampir sama. Namun mengingat bodi Scoopy cukup besar. Maka, kapasitas tangki tidak sebanding dengan bentuk tubuh yang besar.

Harganya Mahal

Kekurangan All New Honda Scoopy yang terakhir adalah harganya. Ya, harga All New Honda Scoopy dianggap mahal. Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, motor ini dibandrol dengan harga Rp 19 Jutaan. Itu untuk daerah Jakarta. Sedangkan untuk daerah lain dapat menyentuh angka Rp 20 jutaan.

Dimana harga tersebut untuk sekelas sekuter matic ini bisa dikatakan cukup mahal, karena dengan uang di atas 20 Juta kita sudah dapat motor matic yang kapasitas mesinnya lebih besar. Katakanlah seperti Yamaha Lexi, Freego dan Fino 125.

Kekurangan All New Honda Scoopy
Kekurangan All New Honda Scoopy (Sumber Gambar: Googe)

Namun, jika kita berbicara fitur, maka All New Honda Scoopy lebih lengkap jika dibanding pesaingnya. Jadi, sepertinya harga mengikutilah, mengingat fitur yang disediakan juga lengkap.

Rem Belakang Masih Tromol

Kekurangan All New Honda Scoopy yang selanjutnya adalah rem belakang yang masih tromol. Ya, padahal untuk motor keluar terbaru sudah menggunakan sistem pengereman belakangnya sudah menggunakan cakram.

Sebab, Rem dengan cakram ini lebih bisa memberikan keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan rem drum atau tromol. Dengan menggunakan rem belakang yang masih tremol, Banyak yang mengeluh kalau rem belakang All New Honda Scoopy kurang pakem.

Rem tromol memakai kampas rem yang terpasang di bagian dalam tromol. Kampas rem tromol ini dipasangkan dengan menggunakan per yang dapat menarik. Tujuannya adalah agar kampas memberhentikan putaran dari tromol.

Salah satu kekurangan dari rem tromol ini adalah bagian kampas yang tidak seluruhnya menempel. Sehingga pada saat pengereman, rem tromol hanya bisa mencapai 70%. Hal ini karena antara kampas bagian atas dan bawah masih terdapat celah.

Kekurangan All New Honda Scoopy
Kekurangan All New Honda Scoopy (Sumber Gambar: Google)

Itulah kekurangan All New Honda Scoopy. Ada beberapa kekurangan tambahan apabila Anda anak touring. Dimana motor yang satu ini kurang nyaman untuk diajak touring. Bukan hanya karena kapasitas bensin, namun juga ukuran velg.

Honda Scoopy memiliki roda dengan lingkar 12 inci. Bagi Anda yang gemar touring ini bisa masuk poin kekurangannya. Sebab, semakin kecil lingkar roda semakin berat untuk melintasi jalan berlubang.
Meski begitu AHM mengklaim ukuran velg yang kecil tak akan berpengaruh pada ground clearance-nya.

Tapi tenang saja, untuk kendaraan harian yang lebih dominan di jalanan mulus, velg 12 inci dan ban gambotnya bukan menjadi masalah. Jadi, dengan kekurangan All New Honda Scoopy sebagai kendaraan harian Anda.

Ya, dengan tampilannya yang keren dan unik, maka Scoopy dapat menjadi kendaraan harian yang kece, buka?

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.