Setiap mobil biasanya sudah dilengkapi dengan karpet dasar. Karpet dasar Mobil ini nantinya berperan sebagai pelapis antara pelat dasar kendaraan dengan ruang kabin, bahan yang digunakan biasanya beludru kasar.

Karpet dasar mobil mempunyai banyak fungsi, loh. Untuk itu, perhatikan sebelum membelinya. Pastikan bahwa jenis karpet yang Anda pilih untuk mobil Anda tepat. Sehingga, fungsinya akan maksimal.

Saat ini cukup banyak ragam karpet tambahan dijual di pasaran. Bahkan belakangan ini telah beredar karpet tambahan yang menutupi lantai kabin secara menyeluruh. Biasanya karpet tersebut memiliki desain yang berbeda-beda atau mengikuti bentuk lantai kabin masing-masing mobil.

Namun yang perlu diingat juga, tidak hanya memikirkan tampilan, Anda juga harus lebih peka terhadap keselamatan. Jangan memasang karpet mobil yang tidak mebuat ruang gerak kaki atau pedal tidak maksimal.

Fungsi Karpet Dasar Mobil

Saat ini karpet dasar mobil tidak hanya digunakan sebagai alas kaki. Nmaun, banyak fungsi tambahan dari aksesoris yang satu ini. Lantas, apa saja fungsi yang telah kami maksud? Berikut adalah ulasan mengenai fungsi karpet dasar mobil yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Membersihkan Grill Mobil: Berikut Tahapan Yang Benar

Melindungi Karpet Bawaan

Fungsi karpet dasar mobil selain sebagai alas juga digunakan untuk melindungi karpet bawaan. Hal ini diperlukan, sebab biasannya karpet bawaan pabrik biasanya cukup sulit untuk dibersihkan. Namun, karpet bawaan ini sangat rentan kotor, jika terkena debu dan kotoran.

Oleh karena itu dibutuhkan karpet tambahan untuk memberikan perlindungan ekstra. Di mana komponen ini akan menampung kotoran yang jatuh ke lantai kabin mobil.

Sehingga hal itu tak terjadi, karpet bawaan pun harus dilindungi dengan karpet dasar mobil. Karpet dasar mampu menampung debu dan kotoran. Sehingga, debu dan kotoran pun tak mengenai karpet bawaan sama sekali. Fungsi ini sangat cocok buat Sahabat yang malas membersihkan karpet bawaan mobil.

Karpet Dasar Mobil
Karpet Dasar Mobil (Sumber Gambar: Google)

Menambah Kenyamanan

Dengan memilih karopet dasar mobil yang sesuai maka dapat menmabah nilai kecantikan pada mobil Anda. Dengan begini kenyamanan pun akan Anda rasakan saat dalam mobil. Apalagi, jika karpet dasarnya punya warna yang cukup menarik. Hal itu tentu akan semakin menambah kenyamanan selama di dalam mobil.

Selain itu, Karena tidak membuat karpet bawaan kotor, Anda pun jadi lebih nyaman saat berada di dalam mobil. Sahabat jadi tak perlu khawatir apakah nanti karpet bawaan Anda akan kotor atau tidak. Selain itu, karpet dasar mobil dapat dipasang dan dilepaskan, memudahkan pemilik kendaraan untuk membuang kotoran yang menempel. Jadi, fungsi karpet dasar mobil juga dapat menimbulkan suasana nyaman pada mobil Anda.

Menambah Nilai Jual

Fungsi dari karpet dasar mobil yang lainnya adalah menambah nilai jual mobil Anda. Lah, bagaimana bisa hal ini terjadi?

Dua hal yang bisa membuat nilai jual mobil bertambah adalah kenyamanan mobil, serta kebersihan dari karpet bawaan mobil. Untungnya, dua hal itu bisa di dapatkan dari sebuah karpet dasar mobil. Kalau nanti hendak menjual mobil, maka hanya perlu melepaskan karpet dasarnya.

Cara Memilih Karpet Dasar Mobil

Saat ini banyak sekali jenis karpet dasar mobil yang tersedia dipasaran. Sehingga, jangan sampai Anda salah memilihnya. Berikut adalah tips memilih karpet dasar mobil yang bagus.

Karpet Dasar Mobil
Karpet Dasar Mobil (Sumber Gambar: Google)

Perhatikan Jenis Bahan

Tips pertama dalam memilih karpet dasar mobil adalah memastikan bahwa karpet dasar tidak licin. Sebab, hal ini dapat mengganggu kenyamanan saat berkendara. Sehingga, Anda direkomendasikan untuk memilih bahan yang lentur dan elastis.

Karpet mobil yang bagus memiliki sifat lentur atau elastis. Perlu diperhatikan hal ini sebab semakin lentur maka karpet akan semakin bagus dan awet digunakan. Apabila karpet kurang lentur biasanya akan mudah robek atau patah.

Biasanya karpet yang memiliki elastisitas tinggi harganya lebih mahal dibandingkan yang elastisitasnya rendah. Lebih baik membayar sedikit lebih mahal sih dibandingkan Sahabat harus membeli berulang kali barang yang jelek.

Pastikan Memiliki Perekat Atau Pengaitnya

Tips selanjutnya dalam memilih karpet dasar mobil adalah memastikan bahwa karpet memiliki perekat atau pengait. Hal ini diperlukan agar karpet tidak mudah bergeser. Apalagi jika ukuran karpet memiliki ukuran yang tidak pas dengan ruang mobil.

Ketika karpet tidak memiliki perekat dan mudah bergeser, maka sangat mungkin kotoran yang berada di karpet bisa tumpah ke bawah karena geseran. Sayang sekali apabila memakai karpet mobil, namun kotoran tetap bisa jatuh ke lantai dasar mobil.

Perhatikan Warna dan Motif Karpet

Tips selanjutnya dalam memilih karpet dasar mobil adalah memastikan warna dan motof karpet yang sesuai. Untuk warna, Anda dapat memilih warna netral. Sehingga, ketika dipasang tidak terlalu menimbulkan perbedaan yang mencolok dengan ruang mobil. Untuk menghindari hal ini memang yang paling enak adalah memilih warna yang netral. Warna netral bisa berupa warna hitam, cokelat, atau warna gelap lainnya.

Selain itu, dengan warna yang senada dengan ruang mobil juga akan menimbulkan kesan enak dipandang. Jika, ingin memilih warna cerah, pastikan tetap sesuai dengan ruang mobil, ya.

Karpet Dasar Mobil
Karpet Dasar Mobil (Sumber Gambar: Google)

Selain itu, untuk motif maka disarankan jangan memilih motif yang terlalu rapat. Sebab, agar lebih mudah membersihkannya. Dengan motif yang terlalu rapat, maka kemungkinan kotoran menempel sangat besar. Seandainya dibersihkan pun tetap memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan motif yang lebih renggang lainnya.

Meminta Rekomendasi

Tips yang terakhir dalam membei karpet dasar mobil adalah dengan meminta rekomendasi dari ahli atau setidaknya yang sudah pernah membelinya. Membeli langsung tanpa rekomendasi memang punya kemungkinan dapat yang bagus atau yang jelek.

Sangat berbeda apabila membeli karpet mobil ini dengan mendapatkan rekomendasi terlebih dari tanya-tanya ke teman atau orang yang ahli dalam karpet mobil ini. Dengan adanya rekomendasi, maka akan lebih mudah mendapatkan karpet mobil yang bagus tanpa harus mengalami zonk terlebih dulu.

Baca Juga: Aksesoris Mobil: Tips Membersihkan Karpet Mobil

Itulah ulasan mengenai fungsi dan cara memilih karpet dasar mobil. Pastikan juga bahwa kebersihan karpet dasar mobil selalu terjaga ebersihannya. Luangkan wkatu untuk benar- benar membersihkannya. Sehingga, kenyamanan akan terasa di mobil Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *