Apa yang akan kalian lakukan jika tiba- tiba kap mobil mengeluarkan asap? Mungkin sebagian dari kalian akan panik bukan? Ya, itu adalah respon yang wajar ketika mengetahui kap mobil mengeluarkan asap tiba- tiba.

Namun, jangan panik berlebihan. Sebab, panik yang berlebihan akan menghabat Anda berfikir tentang tindakan apa yang harus dilakukan ketika kap mobil mengeluarkan asap. Ketika kap mobil mengeluarkan asap secara mendadak, segera masikan mesin mobil Anda. Hal ini sebagai pencegahan terjadinya hal- hal yang lebih tidak dinginkan.

Sebenarnya, apa sih yang membuat kap mobil secara tiba- tiba mengeluarkan asap? Perlu diketahui bahwa ada beberapa penyebab yang menjadi pemicu keluarnya asap pada kap mobil. Berikut adalah ulasan mengenai penyebab kap mobil mengeluarkan asap.

Kap Mobil Mengeluarkan Asap

Ketika kerusakan-kerusakan terjadi pada komponen mobil, tentu dapat membahayakan mobil dan keselamatan anda saat berkendara. Salah satu masalah yang datang dan tak terduga adalah kap mobil mengeluarkan asap. Untuk itu, Anda perlu mengetahu penyebabnya agar Anda bisa menghindarinya atu mencegah hal ini terjadi. Simak ulasan kerusakan yang satu ini.

Kap Mobil Mengeluarkan Asap: Kebocoran oli

Penyebab kap mobil mengeluarkan asap yang pertama adalah adanya kebocoran oli. Ada beberapa alasan mengapa kebocoran oli dapat menimbulkan asap. Alasannya yaitu kabel yang sudah tidak layak, pemasangan sambungan yang kurang rapat, dan lupa memasang tutup oli setelah melakukan penggantian atau pengecekan oli.

Kap Mobil Mengeluarkan Asap
Kap Mobil Mengeluarkan Asap (Sumber Gambar: Google)

Biasanya saat melakukan penggantian atau pengecekan oli ada ceceran oli didekat rumah filter oli. Apabila ceceran oli tersebut mengenai bagian panas mesin seperti exhaust manifold, maka saat mesin dihidupkan oli tersebut akan terbakar oleh panasnya exhaust manifold. Ketika kebocoran oli menjadi masalah biasanya kap mobil mengeluarkan asap berwarna biru tipis.

Selain itu masalah ini, tergolong masih sepele apabila saat ceceran oli tersebut terbakar semuanya maka asap dari ruang mesin akan menghilang. Namun, apabila ternyata sampai dua-tiga jam mesin hidup asap dari ruang mesin ini tak kunjung hilang, itu tandanya ada bocor oli.

Kap Mobil Mengeluarkan Asap: Air Radiator

Penyebab kap mobil mengeluarkan asap yang selanjutnya adalah air radiator. Sama halnya dengan oli, dimana masalah yang terjadi pada bagian radiator juga merupakan kebocoran. Ketika volume air atau cairan yang ada didalam radiator menjadi berkurang, tentu saja akan menyebabkan kemampuan radiator menjadi berkurang untuk mendinginkan mesin. sehingga mesin mobil menjadi lebih cepat panas atau overheating.

Namun, perlu diketahui bahwa yang keluar dari kap mobil akibat kebocoran radiator sebenarnya bukanlah asap, melainkan uap air. Dikarenakan bentuknya menyerupai asap maka seringkali menyebabkan kepanikan yang sama.
Selain itu apabila volume air radiator yang bocor itu kecil, seperti tetesan saja mungkin uap tersebut tidak terlalu terlihat. Tapi kalau kebocoran sudah lebih besar, maka asap akan terlihat jelas.

Kap Mobil Mengeluarkan Asap: Aksesoris Berlebihan

Penyebab kap mobil mengeluarkan asap yang ketiga adalah adanya pemasangan aksesoris pada mobil yang berlebihan atau kurang tepat. Seperti yang kita ketahui, bahwa pemasangan tambahan aksesoris pada mobil biasanya akan mengubah pengaturan kabel asli dari pabrikan. Sehingga, hal ini dapat menjadi penyebab munculnya asap dari kap mobil.

Biasanya asap yang muncul akan dibarengi dengan percikan api. Hal ini karena karena pemasangan kabel yang kurang tepat. Sehingga, mengakibatkan gangguan pada sistem kelistrikan dan menimbulkan asap yang disertai api.

Baca Juga: Apakah Penyebab Minyak Rem Mobil Tidak Mau Turun? Berikut Alasannya

Ya, meskipun menggunakan berbagai aksesori tambahan untuk memperindah atau membuat tampilan mobil menjadi lebih keren, namun disi lain apabila pemasangganya berlebihan atau kurang tepat malah akan menimbulkan masalah baru. Jadi, jangan berlebihan dalam meodifikasi mobil.

Kap Mobil Mengeluarkan Asap: Mesin Overheat

Kap Mobil Mengeluarkan Asap
Kap Mobil Mengeluarkan Asap (Sumber Gambar: Google)

Penyebab kap mobil mengeluarkan asap yang ke-empat adalah mesin mengalami overheat. Overheat adalah kondisi dimana suhu mesin melebihi suhu kerjanya dalam waktu yang relatif lama. Overheat ini bisa disebabkan banyak hal, namun untuk mesin mobil overheat biasanya akan muncul beberapa gejala.

Gejala yang muncul seperti suhu pada kabin naik. Apabila hal ini dibiarkan saja dan dalam waktu yang lama maka efeknya akan ada kepulan asap dari kap mobil. Asap ini berasal dari cairan coolant atau air pendingin yang terbakar oleh panasnya mesin. Asap karena overheat ini memiliki kuantitas yang cukup banyak sehingga saat anda membuka kap mesin, asap akan langsung mengepul dari dalam mesin.

Untuk mengatasi masalah ini anda bisa mematikan mesin mobil terlebih dahulu dan segera menghubungi tenaga yang ahli untuk melakukan pengecekan mobil anda.

Kap Mobil Mengeluarkan Asap: Korsleting Listrik

Terakhir penyebab kap mobil mengeluarkan asap adalah adanya korsleting listrik. Terjadinya krosleting arus listrik yang terjadi pada mesin kendaraan juga dapat menimbulkan asap yang keluar dari kap mesin mobil anda. krosleting listrik ini akan menimbulkan suhu yang panas di sekitar korselting, apabila ada bahan yang berbahan plastik seperti kulit kabel maka akan terbakar dan mengeluarkan asap dengan bau yang khas (bau plastik terbakar).

Korsleting listrik ini sedikit sulit terdeteksi karena asap akibat korsleting ini sangat minin namun efek yang ditimbulkan akan cukup besar. Sehingga kalau anda mencium bau plastik terbakar saat sedang mengemudi, maka segeralah pinggirkan kendraan anda dan lakukan pengecekan.

Kap Mobil Mengeluarkan Asap
Kap Mobil Mengeluarkan Asap (Sumber Gambar: Google)

Itulah lima penyebab kap mobil mengeluarkan asap. Asap yang keluar tidak semuanya berwarna puti, ada juga yang berwarna biru seperti kebocoran pada oli. Apabila saat berkendara tiba-tiba ditengah jalan mobil mengeluarkan asap dari kap mesin maka jangan panik terlebih dahulu. Pinggirkan mobil ditepi jalan dan matikan mesin mobil dan beberapa waktu hingga suhu pada mesin mulai menurun.

Baca Juga: Setel Rem Tangan Mobil: Mudah & Tanpa Perlu ke Bengkel

Setalah Anda ukup tenang, lakukan pengecekan pada bagian mesin mobil untuk mengetahui kerusakan yang terjadi. Apabila kerusakanya dirasa cukup ringan dan dapat ditangani sendiri, Anda dapat melakukan penanganan sementara agar bisa melanjutkan perjalanan sampai tujuan.

Namun, apabila Anda tidak mengetahui tentang mesin mobil, segera hubungi bengkel terdekat untuk melakukan perbaikan. Tetap biarkan mobil dan jangan mencoba untuk menjalankan mobil disaat kondisi mobil seperti ini karena dapat memicu mobil terbakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *