5 Tanda Kampas Rem Motor Harus Diganti

Salah satu komponen keamanan pada sepeda motor adalah rem. Ya, ada beberapa jenis rem pada sepeda motor dan tugas Anda adalah memastikan bahwa setiap jenis rem tersebut dapat berfungsi sebagiamana mestinya.

Salah satu perawatan yang dapat kalian lakukan adalah memastikan bahwa kampas rem motor tidak menipis atau habis. Maka Anda harus mengetahui kapan kampas rem motor harus diganti. Sehingga, rem akan bekerja maksimal ketika digunakan.

Rem, merupakan bagian atau komponen dari kendaraan yang berfungsi untuk menghentikan jalannya kendaraan. Rem itu sendiri merupakan alat berupa besi yang akan menekan permukaan roda ketika ditarik atau diinjak, sehingga dapat memperlambat atau menghentikan laju perputaran roda.

Namun, fungsi tersebut akan terganggu ketika kampas rem motor mengalami aus.

Tanda Kampas Rem Motor Harus Diganti

Salah satu yang mengganggu kinerja rem motor adalah kondisi kampas rem yang harus diganti. Namun, terkadang kita tidak peka bahwa kampas pada sepeda motor harus diganti. Padahal ada tanda- tanda yang dapat kita kenali ketika kampas rem motor harus diganti.

Apalagi tanda-tanda tersebut bisa diketahui tanpa harus melakukan pembongkaran pada bagian rem. Hal ini karena tanda tersebut bisa dirasakan oleh pengendara. Nah, artikel kali ini akan membahas tanda bahwa kampas rem motor harus diganti.

Sehingga, ketika Anda merasakannya maka Anda akan dapat langsung menanganinya. Jadi, apa saja tanda kampas rem motor harus diganti? Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda. Selamat membaca!

Sehingga, ketika Anda merasaknnya maka Anda akan dapat langsung menanganinya. Jadi, apa saja tanda kamps rem motor harus diganti? Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda. Selamat membaca!

1. Terdengar Bunyi Gesekan

Kampas Rem Motor Harus Diganti
Kampas Rem Motor Harus Diganti (Sumber Gambar: Google)

Tanda kampas rem motor harus diganti yang paling mudah dikenali adalah ketika Anda mulai mendengar gesekan atau decitan ketika melakukan pengereman. Perlu diketahui ketika motor Anda mulai menimbulkan suara berdecit saat pengereman, bisa jadi itu adalah tanda kampas rem sudah aus.

Dimana suara ini muncul ketika Anda melakukan pengereman. Dimana hal ini terjadi akibat adanya gesekan logam kampas rem dengan poros roda. Dimana apabila bergesekan dengan roda yang juga terbuat dari besi, pasti akan menimbulkan suara atau bunyi berdecit akibat pergesekan kedua bagian tersebut.

Jika hal ini terjadi secara terus menurs maka akan mengganggu putaran roda dan mungkin memicu kecelakaan karena Anda tidak bisa berhenti ketika melakukan pengereman. Selain itu apabila hal ini dibiarkan, tentu akan bisa merusak keduanya, yaitu rem dan roda.

Maka segera atasi masalah ini dengan membawa ke bengkel resmi untuk mengganti kampas rem. Jangan terlau lama- lama membiarkan suara berdecit terjadi ketika melakukan pengereman, ya. Pastikan rem selalu dalam kondisi prima agar menjaga keselamatan berkendara.

2. Menimbulkan Bau Terbakar

Kampas Rem Motor Harus Diganti
Kampas Rem Motor Harus Diganti (Sumber Gambar: Google)

Tanda kampas rem motor harus diganti yang selanjutnya adalah Anda akan mencium bau seperti bau terbakar ketika melakukan pengereman. Ya, seperti yang telah disebutkan diatas bahwa ketika kampas rem menipis atau habis, maka akan ada pergesekan dua komponen yang sama-sama terbuat dari besi.

Dimana selain akan menimbulkan bunyi berdecit, hal ini juga akan menimbulkan bau terbakar. Apalagi jika Anda melakukan pengereman dalam waktu yang sering. Bau bakar ini akan semakin terasa ketika Anda melakukan perjalanan jauh dan Anda sering mengerem.

Bau bakar ini disebabkan oleh keadaan panas. Membiarkan hal tersebut tentu akan menyebabkan kerusakan pada kendaraan Anda. Maka sebelum berpergian jauh, alangkah baiknya jika melakukan pengecekan terlebih dahulu pada kampas motor Anda.

3. Rem Cakram

Tanda kampas rem motor harus diganti yang akan kita bahas selanjutnya adalah tanda pada rem cakram. Dimana, berbeda dengan rem tromol yang tidak dapat dilihat langsung apabila terjadi penipisan pada kampas, pada cakram hal tersebut bisa dilihat secara langsung.

Tanda kampas rem harus diganti yaitu apabila ketebalan kampas rem sudah terlihat mulai menipis sekitar 2 milimeter, maka itu pertanda bahwa komponen ini sudah waktunya untuk diganti.

Selain itu, pada rem cakram tanda-tanda kampas sudah harus diganti dapat dilihat dari warna permukaannya. Apabila warna permukaan tidak mengkilap meskipun sudah digosok berulang kali, itu tandanya kampas sudah keras dan sudah harus diganti.

Pada keadaan ini kampas sudah tidak maksimal menjepit lantaran permukaan sudah licin. Akibatnya, saat pedal rem diinjak, maka kekuatan untuk menghentikan laju perputaran roda sudah tidak maksimal. Akibatnya roda tidak bisa langsung berhenti. Hal ini bisa membahayakan keselamatan pengendara.

4. Tarikan Yang Dalam

Kampas Rem Motor Harus Diganti
Kampas Rem Motor Harus Diganti (Sumber Gambar: Google)

Tanda kampas rem motor harus diganti yang selanjutnya adalah tarikan yang lebih dalam dari biasanya ketika melakukan pengereman. Ya, tanda yang satu ini juga mudah untuk Anda rasakan, bukan?

Hal ini dikarenakan, ketika kampas mulai menipis, maka jarak antara permukaan rem dan permukaan roda semakin jauh atau lebar. Sehingga ketika rem ditarik atau diinjak, akan terasa semakin jauh dan dalam.

Nah, ketika Anda mulai merasakan hal ini maka segeralah membawanya ke bengkel resmi dan minta dilakukan penggantian kamaps rem. Jangan biasakan berlarut- larut, ya. Apabila dibiarkan sampai kampas benar-benar habis, maka akan bisa menimbulkan kerusakan pada bagian lain.

Jadi apabila saat rem ditarik atau diinjak terasa dalam, maka hal tersebut merupakan tanda kampas mulai menipis atau habis dan harus segera diganti, ya.

5. Respon Rem Lambat

Tanda kampas rem motor harus diganti yang terakhir adalah respon rem yang melambat. Sama sperti tarikan rem yang semakin dalam, tanda yang satu ini juga dapat Anda rasakan ketika melakukan pengereman.

Sehingga ketika kalian menyadari bahwa respon rem lebih lambat dari biasanya, maka segera lakukan pengecekan karena bisa jadi itu adalah indikasi kampas rem aus.

Baca Juga: Apa Efek Telat Mengganti Minyak Rem Motor?

Semakin cepat melakukan pengecekan maka semakin baik, karena kampas rem yang aus bisa memicu kecelakaan di jalan. Jika ada sesuatu mulai terasa berbeda pada motor, jangan ragu untuk membawanya ke bengkel terdekat.

Itulah tanda kampas rem motor harus diganti. Selalu rutin melakukan pengecekan pada kampas. Sebab kampas akan mempengaruhi pengereman yang dilakukan saat berkendara. Rem yang berfungsi dengan baik menjaga keselamatan berkendara.

Tinggalkan komentar