Kaca Helm Baret, Jangan Panik! Berikut Tips Mengatasinya

Kaca helm baret merupakan hal yang banyak dialami. Apalgi jika usia helm sudah lama, maka dapat dipastikan jika ada baretan pada kaca helm. Dimana, baretan pada kaca helm ini tentu akan mengganggu atau menghalangi pandangan Anda ketika kaca helm ditutup.

Selain itu, helm juga tidak akan terliat kece karena goresan di kaca. Ya, walaupun kaca helm tergores sangat wajar, tetap saja jika terjadi akan snagat mengganggu pemandangan Anda ketika berkendara. Apalagi jika baretnya cukup banyak dan jelas.

Untuk itu, sangat disarankan untuk sering membersihkan helm. Tidak hanya bagian gabusnya saja yang rajin dicuci, namun juga sering lap bagian kacanya, ya. Sehingga kaca tetap bening. Selain itu, perhatikan juga cara penepatan helm.

Helm yang diletakan secara sembarangan tentu berkemungkinan besar akan terkena goresan benda lain. Jadi, hati- hati dalam meletakan helm. Lalu, bagimana jika sudah terlanjur baret?

Okay, artikel kali ini akan membahas mengenai cara mengatasi helm yang baret. Selamat menyimak!

Perlengkapan Yang Disiapkan

Siapkan beberapa perlengkapan dan peralatan sebelum memulai membersihkan kaca helm yang baret. Apa saja sih perlengkapan yang diperlukan? Siapkan minimal 2 kain halus. Nantinya kain halus ini digunakan untuk mengeringkan dan yang satunya untuk ditetesi cairan pembersih.

Selanjutnya siapkan wadah, air bersih, obeng, dan yang penting adalah siapkan cairan pembersih. Untuk pembersih usahakan untuk menggunakan cairan khusus. Pastikan juga cairan pembersih mengandung bahan anti jamur, sehingga bisa membersihkan kotoran dan menghilangkan bakteri serta minyak yang menempel pada kaca helm.

Selain itu, siapkan beberapa wadah. Wadah yang dimaksud adalah wadah untuk mengamankan baut dan juga wadah untuk merendam kaca helm. Jadi, Anda dapat menyesuaikan besar wadah sesuai fungsinya, ya. Itulah perlengkapan untuk menghilangkan baret pada kaca helm.

Kaca Helm Baret? Tips Menghilangkannya!

Kaca pada helm berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, dan melindungi wajah pengendara motor dari air hujan, debu, serta terik sinar matahari. Mengingat fungsinya sangat penting, tentu perlu adanya perawatan agar kondisinya tetap bagus dan nyaman digunakan saat berkendara.
Bagi Anda yang terlanjur helm kaca baret, berikut adalah tips lengkap dalam menghilangkannya.

Kaca Helm Baret
Kaca Helm Baret (Sumber Gambar: Google)

Melepas Kaca Helm

Baret kaca helm dapat diminimalisir, loh. Pertma untuk menghilangkannya, Anda perlu melepas kaca helm. Lepas kaca secara perlahan- lahan. Gunakanlah obeng untuk melepas baut pada helm. Pastikan, Anda menyimpan bautnya dengan baik. Jangan sampai ada yang hilang, ya.

Sedangkan untuk kaca yang sudah dilepas, Anda dapat meletakannya di atas kain terlebih dahulu. Jangan meletakkannya di atas lantai karena bisa saja tergesek. Begitu semua persiapan selesai baru proses kaca helm ke dalam air bersih.

Merendam Kaca

Proses selanjutnya apabila kaca helm baret adalah merendamnya. Yups, rendam kaca helm pada air bersih. Tujuannya adalah untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada permukaan kaca helm. Apabila kaca helm sudah menguning, Anda bisa menambahkan sabun dan merendamnya selama beberapa saat sebelum diproses.

Perendaman dengan air dan juga sabun dilakukan untuk memudahkan pembersihkan, dimana air sabun dapat merontokkan kotoran yang menempel pada kaca helm. Tanpa perendaman proses pembersihan akan berjalan lambat. Bahkan, kemungkinan besar merusak bagian kaca lain kalau dipaksakan.

Sabun yang dimaksud disini adalah cairan pembersih ya. Cairan pembersih ini bisa diaplikasikan langsung ke kaca helm lalu diratakan ke semua permukaan. Anda bisa menggunakan kain yang lembut untuk meratakannya sembari digosok perlahan-lahan. Setelah itu rendam kembali.

Kaca Helm Baret
Kaca Helm Baret (Sumber Gambar: Google)

Mengelap Kaca Helm Baret

Seperti yang sudah dibahas sedikit diatas. setelah direndam dengan air sabun, proses selanjutnya adalah lap menggunakan kain. Pastikan untuk menggunakan kain yang memiliki tekstur halus dan dapat menyerap air secara maksimal. Hindari menggunakan kain kasar, sebab dapat beresiko membuat kaca helm tergores.

Tips untuk cara mengelap kaca helm agar tidak baret adalah dengan mengagkat ke atas lalu lap secara perlahan-lahan dan hilangkan noda yang menempel. Noda yang menempel akan lepas dengan sendirinya.

Setelah benar- benar mengelap dengan bersih, Anda dapat merendamnya kembali ke air yang bersih. Jika masih ada kotoran, maka Anda dapat mengulangi proses. Ya, pastikan bahwa kaca helm benar- benar bersih.

Keringkan Kaca Helm

Setelah mengulangi proses dan memastikan kaca benar- benar bersih dari kotoran. Tahap selanjutnya adalah mengeringkan kaca helm. Gunakan lap dengan kain dengan serat halus juga. Pastikan bahwa permukaan kaca telah benar- benar kering dan tidak ada kotoran yang tertingga.

Ya, proses membersihkan kaca helm telah selesai. Anda dapat menggunakan cara diatas untuk membersihkan kaca helm. Namun, apabila kaca helm terlanjur baret, masih ada beberapa proses lanjutannya.

Kaca Helm Baret
Kaca Helm Baret (Sumber Gambar: Google)

Menggunakan Compound

Kaca helm baret? Tenang! Sekarang kita masuk ke proses intinya. Gunakanlah cairan compound. Cairan ini bisa langsung digunakan untuk menyamarkan gesekan yang tidak terlalu besar. Oleskan pada bagian yang tergesek lalu rasakan dengan kain halus dan gosok selama beberapa saat.

Lakukan dengan gerakan yang lembut sampai kompon berlangsur hilang. Setelah permukaan mika ini mulai menghalus dan rada mengkilap, lakukan proses akhir dengan penyemprotan cairan pengkilap dibarengi dengan penghalusan dengan kain lembut.

Kalau kaca helm sudah terlihat mengkilap dan tidak ada bekas baret, hentikan proses ini. Kalau baret masih terlihat sangat tampak, amplas lagi dan ulangi selama beberapa kali sampai tidak terlihat mengkilap.

Memasang Kaca Helm

Langkah terakhir adalah memasang kaca helm kembali. Pastikan baut pada helm tidak hilang. Karena ini proses terakhir ada baiknya jika lakukan proses secara perlahan. Jangan tergesah- gesah.

Sehingga, kaca film dapat terpasang secara sempurna. Selain itu meminimalkan risiko terjadi goresan atau mungkin patah akan rendah.

Bagaimana? Mudah bukan menghilangkan baret pada kaca helm. Jadi, kaca helm baret, jangan panik. Sebab, cara mengatasinya mudah, kok. Namun, meskipun mudah, ada baiknya jika Anda tetap menjaganya. Jangan letakan helm sembarangan. Sehingga dapat membantu mencegah baret.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.