Bagi pemilik mobil manual, kopling tentunya adalah bagian mobil yang sangat penting. Sehingga, akan sedikit memusingkan apabila komponen yang satu ini rusak. Masalah pada kopling bukan hanya selip kampas saja, tapi yang tak kalah penting adalah kabel kopling mobil putus. Bila sudah seperti ini gigi transmisi pun tidak dapat dipindahkan otomatis membuat anda harus berhenti.

Sehingga, tidak ada salahnya mengetahui beberapa hal yang berhubungan dengan kopling. Sehingga, Anda tidak panik ketika kabel kopling mobil putus. Ya, sebab masih banyak pengendara yang bingung ketika kabel kopling tiba-tiba putus di tengah jalan.

Dalam situasi seperti itu memang akan sangat merepotkan pengendara. Peran kabel kopling sangat penting dalam menghubungkan maupun melepas putaran mesin dan persneling. Ketika kabel kopling putus otomatis sistem penggerak tidak dapat berfungsi normal. Perpindahan gigi pun terhambat.

Karena selalu dalam posisi tertarik dari dua ujung yang berlawanan yaitu pedal kopling dan garpu pembebas, sehingga sangat memungkinkan kabel kopling untuk putus. Apalagi bila usia komponen ini sudah relatif tua. Kabel kopling dapat juga putus bila kurang pelumasan.

Kabel Kopling Mobil Putus

Meskipun sudah era transmisi otomatis, namun beberapa orang masih ada yang memilih menggunakan mobil manual. salah satu hal yang sering digunakan tapi kurang perawatan adalah komponen dari pedal kopling tersebut, salah satunya kabel kopling.

Itulah sebabnya Anda perlu mengetahui cara mengatasi kabel kopling mobil outus, apalagi jika kabel koplin mobil putus secara mendadak. Salah satu tips untuk mengatasi kabel kopling mobil putus adalah disarankan bagi pengendara untuk melengkapi kendaraan dengan kabel kopling cadangan.

Sehingga, apabila sewaktu-waktu putus di tengah jalan, dapat segera dilakukan penggantian. Tapi seandainyapun terlupa dan terjadi kasus yang kurang menguntungkan seperti ini kita tidak perlu panik. Berikut ini ada beberapa cara darurat yang dapat di lakukan saat kabel kopling sekarat.

Pertama jika kabel kopling mobil putus adalah matikanlah mesin, sehingga penggerak tidak berputar. Selanjutnya, masukkan perseneling ke gigi percepatan 2, lalu mulai hidupkan mesin. Kenapa gigi 2, karena kalau gigi 1, kecepatannya akan tidak stabil.

Kabel Kopling Mobil Putus
Kabel Kopling Mobil Putus (Sumber Gambar: Google)

Jalankan kendaraan selama perjalanan dengan gigi perseneling 2 itu. Perlu di ingat untuk menjalankan kendaraan pada jalur lambat dan hindari jalur dengan kendaraan sering berhenti ataupun macet.

Selain itu, jangan lupa pula untuk menjaga jarak aman sekitar 40- 100 meter dari kendaraan di depan Anda. Itulah cara yang dapat Anda lakukan apabila sudah sangat kepepet. Sekali lagi cara ini hanya digunakan untuk kondisi dalam darurat.

Hanya dapat menjadi alternatif bila jalanan relatif lengang. Segera ganti bila Anda telah menemukan bengkel atau tempat yang memungkinkan penggantian kabel kopling yang putus tersebut.

Baca Juga: Tune Up Mobil Injeksi: 6 Komponen Yang Di Cek

Gejala Kabel Kopling Mobil Putus

Kejadian kopling putus ini dapat terjadi pada kendaraan bertransmisi manual baik dengan sistem kopling hidrolik atau mekanis. Penyebab utamanya adalah berkurangnya minyak kopling untuk yang hidrolik, sedangkan mekanis meski lebih mudah tapi bila sudah meraskan berat wajib untuk diperiksa segera.

Pengguna mobil kopling yang lebih aktif terlebih dengan cuaca saat yang panas, dan sering dihadapi dengan kemacetan harus rajin melakukan pengecekan. Sebab kinerja kopling beserta komponennya dalam situasi tersebut memerlukan tenaga yang ekstra.

Oleh karena itu pemilik mobil kopling disarankan untuk selalu memeriksa kualitas pelumasan kopling untuk yang hidrolik. Sebab perawatan yang satu ini sering dilupakan. Untuk pengguna kopling mekanis lebih baik saat sudah terasa berat saat menekan langsung bawa ke bengkel, karena bila didiamkan bisa berakibat kabel kopling putus.

Ya, sebab peran kabel kopling sangat penting dalam menghubungkan ataupun melepas putaran mesin dan juga persneling. Ketika kabel kopling putus, otomatis sistem penggerak tidak akan dapat berfungsi normal. Perpindahan gigi pun jadi terhambat.

Kabel Kopling Mobil Putus
Kabel Kopling Mobil Putus (Sumber Gambar: Google)

Oleh karena itu, pastikan selalu dalam posisi tertarik dari dua ujung yang berlawanan, yaitu pedal kopling dan juga garpu pembebas, kabel kopling memang sangat mungkin untuk putus. Terlebih bila usia komponen ini sudah relatif tua maka kabel kopling dapat juga putus karenanya kurang pelumasan.

Ada beberapa gejala yang dapat Anda jadikan tanda kabel kopling mobil putus. Gejala utamanya yaitu biasanya diawali dengan perpindahan gigi agak susah atau keras, karena kabel sudah cenderung mengendor. Penekanan pedal kopling juga terasa tidak lembut, relatif keras dan kasar.

Itulah sebabnya dalam banyak tips biasanya pengendara disarankan untuk selalu melengkapi kendaraan dengan kabel kopling cadangan. Jika sewaktu-waktu nanti ternyata putus di tengah jalan maka akan dapat segera dilakukan penggantian.

Tetapi jika seandainya pun tidak terlupa dan akan terjadi kasus yang kurang menguntungkan seperti hal ini maka Anda tidak perlu panik.

Itulah ulasan mengenai kabel kopling mobil putus. Ada indikasi umum untuk kabel kopling mobil putus. Pertama yaitu kebiasaan menggunakan kopling dan penggunaan mobil yang berantakan.

Kabel Kopling Mobil Putus
Kabel Kopling Mobil Putus (Sumber Gambar: Google)

Selain itu, Anda dapat melakukan diagnosa teknis untuk mengetahu kabel kopling mobil putus. Diagnosa yang pertama yaitu tali kopling putuas atau pengaturan spooring.

Kabel kopling memang memiliki andil besar dalam kinerja kopling. Maka, pastikan Anda selalu mengecek kabel koling agar kopling mobil tidak bermasalah.

Maka pastikan kabel kopling selalu dilumasi dengan oli agar tidak kering. Sebab, dalam melakukan pekerjaannya kabel kopling seharusnya dilapisi pelumas. Karena, apabila kabel tidak dilumasi dapat menyebabkan garing dan memperberat kopling dalam proses transmisi gigi.

Baca Juga: Sering Parkir Tanpa Garasi? Berikut 5 Tips Merawatnya

Kalau sudah begini maka pedal kopling terasa lebih berat dibandingkan biasanya. Untuk masalah ini Anda bisa mendapatkan solusi yang terhitung mudah. Cukup lumuri dengan pelumas agar gesekannya dengan sarung pembungkus kabel kopling lebih sedikit.

Kegunaan cairan pelumas kabel kopling memengaruhi kinerja kopling dan menjadi penyebab jika kopling menjadi tidak berfungsi.

Tidak lupa untuk mengecek dan melumasi kabel kopling menggunakan pelumas adalah salah satu cara untuk mencegah hambatan kinerja kopling mobil. Hanya dengan melumuri kabel kopling menggunakan pelumas agar meminimalisir gesekan dengan sarung pembungkus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *