Skip to content

Jok Mobil Berjamur: Gimana Cara Membersihkannya?

Salah satu yang meberikan kenyamanan saat berkendara adalah jok mobil. Jok mobil yang bersih dan wangi tentu akan membuat kita semakin nyaman. Jadi, ketika membersihkan mobil, jangan lupa untuk membersihkan jok mobilnya juga, ya.

Salah satu masalah yang terjadi pada jok adalah berjamur. Apakah Anda pernah mengalami jok mobil berjamur? Udara dan suhu dingin berisiko meningkatkan pertumbuhan jamur di permukaan jok mobil. Untuk itu, Anda harus rajin dalam membersihkan jok mobil agar tidak berjamur.

Cara Membersihkan Jok Mobil Berjamur

Jok mobil berjamur tentu tidak ingin terjadi pada mobil kita. Jok mobil berjamur terjadi dikarenakan kondisi jok kita tidak bersih. Maka, jika tidak dijaga kebersihannya jok mobil bisa berjamur.

Baca Juga: Jenis- Jenis Klakson Mobil & Manfaatnya!

Biasanya jok mobil berjamur biasanya muncul pada musim penghujan. Sebab, cuaca dingin dan udara lembab di dalam mobil berisiko meningkatkan pertumbuhan jamur di bagian-bagian interior mobil.

Jok yang berbahan dasar kain paling rentan berjamur jika tidak sering dibersihkan. Oleh sebab itu, membersihkannya secara rutin dan memastikan jok selalu kering dapat membantu mencegah perkembangan jamur.

Mari kita bahas mengenai cara membersihkan jok mobil berjamur. Jadi, ketika jok mobil Anda berjamur tidak usah panik. Lalu, bagaimana cara membersihkan jok mobil berjamur? Berikut adalah ulasan lengkapnya mengenai cara membersihkan jok mobil berjamur.

Yuk, simak cara membersihkan jok mobil berjamur dengan benar.

Jok Mobil Berjamur
Jok Mobil Berjamur (Sumber Gambar: Google)

Jok Mobil Berbahan Kulit

Pertama yang akan kita bahas adalah cera membersihkan jok mobil berjamur pada jok mobil berbahan kulit. Bahan kulit menciptakan kesan elegan pada interior kendaraan. Akan tetapi, bahan premium ini membutuhkan perawatan khusus, terlebih jika sampai tumbuh jamur.

Namun tenang saja, sebab cara membersihkan jok mobil yang berjamur berbahan kulit lebih mudah dibandingkan jok berbahan kain karena tidak perlu lama saat mengeringkan.

Caranya dengan menggunakan kain halus seperti microfiber. Kemudian, basuh atau lap permukaan jok mobil yang berjamur secara perlahan dengan air hangat. Apabila jamur masih tetap ada di lapisan jok mobil, kita bisa menambahkan cairan pembersih jamur yang tersedia di pasaran.

Anda bakal memerlukan cairan khusus yang harus disesuaikan dengan jenis kulitnya untuk mengangkat jamur dari permukaan kursi. Ada baiknya lagi kalau setelah pembersihan, kursi diberikan leather coating atau leather protection untuk menghindari tumbuhnya jamur. Lap bagian jok hingga jamur terangkat, lalu keringkan.

Jok Mobil Berbahan Beludru

Selanjutnya adalah cara membersihkan jok mobil berjamur dengan berbahan beludru. Cara membersihkan jok mobil yang berjamur untuk bahan beludru adalah dengan menggunakan cairan pembersih yang disemprotkan.

Setelah itu, sikat dengan sikat berbulu halus untuk mengangkat jamur dari jok mobil secara searah agar tidak merusak bahan beludru. Hindari menggosok dua arah sebab akan merusak bahan beludrunya.

Jika jamur berhasil terangkat, lap jok mobil dengan lap kering. Setelahnya jemur jok mobil di tempat panas. Pastikan, jok mobil kering dan tidak lembab sehingga jamur tidak kembali tumbuh. Sebaiknya lepas kursi mobil untuk memudahkan proses pembersihan. Untuk mempermudah, alangkah baiknya bila kursi mobil dilepas terlebih dahulu.

Jok Mobil Berjamur
Jok Mobil Berjamur (Sumber Gambar: Google)

Jok Mobil Berbahan Vinyl

Cara membersihkan jok mobil berjamur yang selnajutnya adalah berbahan Vinyl. Membersihkan jamur dari jok mobil bahan vinil amatlah mudah. Dimana, membersihkan jamur pada jok mobil berbahan vinyl cukup mudah yakni dengan menggunakan kain halus yang diberi cairan pembersih jamur.

Gunakan pembersih khusus jamur yang biasa dipakai untuk kendaraan. Alternatif lainnya adalah memakai campuran baking soda dengan air sebagai pembersihnya. Lap bagian jok mobil yang berjamur hingga jamur terangkat, kemudian lap dengan menggunakan kain kering.

Caranya, semprotkan dulu cairan pembersih ke jok yang kotor. Setelah itu, lap menggunakan kain halus atau sikat berbulu lembut. Angin-anginkan supaya kering. Jika masih ada jamur yang membandel, Anda dapat menambah cairan pemutih pakaian yang dicampur dengan air. Setelah itu, semprotkan kembali cairan pembersih dan lap dengan kain kering.

Jok Mobil Berbahan Nilon

Cara memebersihkan jok mobil berjamur selanjutnya adalah berbahan nilon. Dengan harga lumayan terjangkau dan kualitas bagus, jok nilon sayangnya memiliki kekurangan, yaitu mudah kotor.

Hal ini disebabkan pori-pori atau lubang pada bahan ini terlalu besar sehingga kotoran lebih mudah masuk. Sama dengan jok berbahan lain, cara membersihkan berbahan nilon dengan menyemprotkan cairan pembersih di bagian permukaan jok yang berjamur.

Setelah itu, sikat secara perlahan dan searah dengan sikat berbulu halus hingga jamur terangkat. Kemudian bilas jok mobil yang sudah dibersihkan, lalu keringkan. Pastikan gosok secara searah dan perlahan agar tidak merusak tekstur kain jok mobil.

Jok Mobil Berjamur
Jok Mobil Berjamur (Sumber Gambar: Google)

Jok Mobil Bahan Tenun

Cara memebersihkan jok mobil berjamur selanjutnya merupakan behan tenun. Ya, meskipun jok mobil bahan tenun memang jarang digunakan, namun tetap saja Anda harus tahu cara pembersihannya.

Jadi, jok ini dipilih biasanya menggunakannya untuk modifikasi agar tampil beda dan lebih keren. Secara kualitas, bahan tenun mirip dengan nilon, begitu juga cara membersihkannya. Kalau Anda menemui jok mobil bahan tenun yang berjamur, Anda bisa menggunakan cairan pembersih yang disemprotkan ke permukaannya.

Setelahnya, gosok perlahan menggunakan sikat bulu halus sembari dibilas tiap menggosoknya. Kalau tak kunjung hilang, bisa coba gosok menggunakan kain yang direndam air hangat.

Itulah cara membersihkan jok mobil berjamur yang disesuaikan dengan jenis bahan joknya. Harus diingat adalah tidak perlu menunggu hingga jok mobil sampai berjamur. Selain proses pembersihannya akan lebih sulit, jok berjamur juga bisa berdampak pada masalah kesehatan pengemudi maupun penumpang.

Baca Juga: Rekomendasi Mobil Tua Yang Cocok Untuk Anak Muda!

Anda dapat membersihkannya sendiri karena membersihkan jok mobil yang berjamur tidaklah sulit. Namun, jika Anda tidak memiliki waktu Anda dapat membawanya ke tempat cuci mobil. Biasanya, tempat cuci mobil sudah pengalaman membersihkan interior mobil dan juga jok mobil yang berjamur.

Selain praktis, kita juga tidak perlu keluar tenaga membersihkan interior mobil. Tetapi jangan lupa, siapkan anggaran lebih untuk ongkos cuci mobil secara berkala.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.