7 Jenis Virus Komputer yang Sering Mondar Mandir

Pada artikel sebelumnya sudah saya bahas tentang kapan pertama kali virus komputer muncul & cara antisipasi agar komputer atau laptop anda terinfeksi virus.

Agar anda lebih mengenal & lebih sigap mengatasi jika suatu saat komputer atau laptop terinfeksi salah satu jenis virus komputer tersebut, simak yuk penjelasan tentang 7 jenis virus komputer yang sering mondar mandir di hard drive anda.

jenis virus komputer

Jenis Virus Komputer Yang Sering Muncul

Secara garis besar virus komputer adalah kesalahan coding yang sengaja atau tidak pada proses pembuatan suatu software komputer. Kesalahan coding tersebut mengakibatkan kerusakan data yang sudah tersimpan rapi pada hard drive komputer.

Virus tersebut seperti pada umumnya virus yang menginfeksi manusia, mereka dapat berkembang biak dan meregenerasi menjadi jenis virus komputer yang baru.

Pada level yang lebih tinggi virus komputer bahkan dapat mengunci sistem operasi yang anda gunakan, dan akan terbuka jika anda menebusnya dengan sejumlah uang yang diminta oleh pembuat virus komputer tersebut.

Untuk jumlah jenis virus komputer yang sudah beredar tak terhitung jumlahnya karena memang sudah banyak sekali jenisnya. Tapi ada beberapa jenis virus komputer yang sering muncul pada hard drive anda. Apa saja kah itu? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Virus Jenis Direct Action

Anda pernah mengalami tiba tiba file dalam folder menjadi ganda semua? Jika sudah pernah, itu artinya komputer anda sedang terinfeksi jenis virus direct action.

Cara kerja jenis virus komputer ini adalah dengan meniru dan bertindak apapun yang anda lakukan pada komputer. Kemudian jika virus sudah menemukan target dari meniru tindakan anda tersebut, barulah virus akan menggandakan secara masif.

Target awal dari virus ini adalah file patch Autoexect.bat yang terdapat dalam direktori atau folder file system anda. Lokasi dari direktori ini ada di drive C>>Windows>>System32, setelah file tersebut ditemukan oleh si virus tanpa menunggu lama virus akan masif beredar sampai hard drive penuh.

Induk virus ini akan selalu berpindah jika drive awal sudah penuh, maka dari itu virus ini cukup sulit terdeteksi jika anda melakukan scan bukan dengan antivirus yang rutin ter update.

2. Virus Jenis Worms

Jenis virus komputer yang ini pada dasarnya tidak merusak atau menghapus file file anda, namun dia akan membuat lambat akses anda ke beberapa file yang sudah terinfeksi virus ini.

Bahkan, jika anda tidak segera bertindak untuk menghapus virus ini yang terjadi selanjutnya adalah komputer anda akan mulai melambat ketika meng akses jaringan internet.

Teknik penyebaran dari virus ini adalah menggunakan email dengan meninggalkan pesan berupa link yang harus anda buka, ketika anda buka link tersebut tanpa anda sadari file induk virus ini akan terkirim ke drive penyimpanan anda.

Proteksi yang dapat anda lakukan dengan cara jangan sembarangan membuka email yang masuk dari pengirim yang tidak anda kenali. Aktifkan anti virus yang terintegrasi dengan browser untuk meminimalisir perkembangan virus ini.

3. Virus Jenis Trojans

Jenis kuda perang ini sangatlah lihai dalam menyamar, dan itu membuat anda tidak akan mengenali bahwa yang anda operasikan adalah jenis virus komputer trojans.

Virus ini berkembang biak dengan cara menyerupai aplikasi pada komputer yang sering anda gunakan. Dengan mengggunakan teknik tersebut virus dengan leluasa menguasai sistem operasi yang anda gunakan.

Jika anda saat ini sedang menggunakan software bajakan nah virus ini biasanya ada pada file crack dari software tersebut. Fungsi crack disini adalah membuka secara paksa blokir yang dilakukan pihak pembuat software tersebut.

Blokir dilakukan karena anda belum mendaftar atau membayar sebagai pengguna ke perusahaan pembuat software tersebut.

Proteksinya gunakan selalu software resmi dan aktifkan anti virus yang selalu rutin ter update pada komputer anda.

4. Virus Jenis Multipartite

Jenis virus komputer yang ini agak berbeda dengan jenis yang lainnya. Jenis ini lebih sering menginfeksi RAM & Harddisk.

RAM sebagai hardware untuk meningkatkan kecepatan performa komputer adalah sasaran empuk virus komputer jenis ini.

Cara kerjanya, virus ini akan memperbanyak diri ketika sudah menemukan driver RAM dari komputer anda.Saat target sudah terpenuhi yang terjadi selanjutkanya performa dari RAM komputer anda akan menurun secara drastis.

Jika hal anda biarkan maka RAM akan mati dan komputer anda tidak bisa digunakan. Pencegahannya, rutin scan dengan antivirus terbaik yang sudah update dan selalu defragment harddisk agar pergerakan virus ini mudah terdeteksi oleh antivirus,

5. Virus Jenis Directory

Nah untuk yang jenis ini cukup sulit untuk dibedakan karena virus ini menyerang data data pada komputer yang ber extension .exe

Sekedar tambahan pengetahuan untuk pemula, program pada komputer yang anda gunakan jika sudah terinstal maka akan ada file .exe pada directory atau folder penyimpanannya.

Virus ini sangat suka dengan file yang ber extensi .exe, biasanya induk dari virus ini didapatkan ketika anda download file tanpa melakukan scan anti virus dulu.

Maka dari itu, penambahan anti virus pada browser yang sering anda gunakan untuk berselancar di dunia maya sangatlah penting untuk meminimalisir masuknya virus ke dalam file yang anda download tersebut.

6. Virus Jenis Macros

Jenis virus komputer ini tidak berbeda jauh dengan virus directory, yang membedakan dari virus ini hanya menyerang file .exe program Macro.

Program macro terdapat pada Microsoft Office (.doc, .xls, .ppt), jika file tersebut sudah terinfeksi maka akan ada kloning dari file aslinya.

Cara agar anda dapat mengetahui kloning tersebut silahkan anda hilangkan opsi hidden pada folder option, kemudian hilangkan ceklist pada 3 opsinya, cek gambar di bawah ini.

jenis virus komputer

Penyebaran nya pun serupa dengan virus directory yaitu melalui file yang anda download dari internet.

Pencegahannya, instal antivirus pada browser dan hard drive anda, lakukan scan virus secara rutin pada hard drive komputer atau laptop.

7. Virus Jenis Ransomware

Virus ini termasuk kategori mematikan dan benar benar ada niat perampasan data dari si pembuat. Masih ingat dengan maraknya virus WannaCry pada pertengahan tahun 2017 ?

Jika komputer anda sudah terinfeksi maka akan muncul kotak dialog yang isinya meminta anda untuk mentransfer dalam bentuk bitcoin ke akun pembuat virus, jika tidak maka data anda akan terhapus dan tidak dapat di recovery.

Pencegahan yang dapat anda lakukan, rutin backup data anda pada drive yang lain, rutin lakukan scan virus dengan anti virus yang sudah ter update.

Demikian tentang 7 jenis virus komputer yang sering muncul pada komputer atau laptop. Bagi anda yang ingin lebih mengetahui mulai kapan virus komputer muncul silahkan anda simak disini.

Semoga artikel tersebut bermanfaat & menambah pengetahuan anda tentang perawatan komputer dan laptop agar kondisinya selalu terjaga dengan baik. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.