Seiring berkembangnya duani otomotif, kini kendaraan baik motor maupun mobil juga semakin canggih. Tidak hanya bagian mesin yang mengalami upgrade, namun inetrior dan exterior yang mengalami peningkatan.

Kali ini kita akan membahas mengenai jenis velg sepeda motor. Ya, vleg juga yang mengalami perubahan seiring berkembangnya dunia otomotif. Velg sendiri merupakan komponen motor yang sering disebut dengan rim. Komponen ini berperan penting guna menahan beban vertikal dan beban samping pada sepeda motor.

Velg berbentuk lingkaran luar desain logam yang tepi bagian dalam dari ban sudah terpasang pada kendaraan. Sampai saat ini ada sekitar 3 jenis vleg sepeda motor. Masing- masing dari jenis vleg sepeda motor ini dibedakan dengan model dan material bahan pembuatannya.

Jika, dilihat dari bahan pembuatannya, velg sepeda motor dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu velg besi, velg aluminium, dan velg yang dibuat dengan cara cetak atau biasa disebut cast wheel. Berikut adalah 3 jenis velg sepeda motor yang perlu Anda tahu.

Jenis Velg Sepeda Motor: Velg Besi

Velg besi atau biasanya juga velg jari- jari. Ya, Jenis velg sepeda motor ini merupakan jenis velg yang umum digunakan pada produk sepeda motor sejak dulu.Jenis velg yang satu ini terbuat dari bahan logam besi yang bagian luarnya telah dilapisi dengan krom. Sehingga vleg ini tidak mudah berkarat dan mudah dibersihkan.

Velg jenis besi ini terkenal dengan kemampuannya yang kuat menahan beban berat. Sehingga sering digunakan pada motor tipe enduro atau motocross. Velg jenis ini juga cocok digunakan pada jalan berlubang karena bahannya yang terbuat dari logam sehingga tidak mudah penyok dan dapat meminimilkan getaran pada mesin dan roda.

Baca Juga: 5 Merek Oli Mobil Terbaik Yang Merawat Mesin

Selain kuat, biaya produksi velg jenis ini juga paling murah jika dibandingkan dua velg lainnya. Sehingga Sehingga harga dari velg ini juga relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis lainnya.

Namun kekurangannya, velg besi ini mudah terserang karat jika tidak dirawat dengan baik dan teratur. Ya, meskipun sudah dilengkapi dengan anti karat, namun Anda tetap saj harus meperhatikan kondisi vleg.
Kekurangan lainnya adalah velg ini juga cenderung tidak stabil jika digunakan hard breaking dan tidak cocok untuk pemakaian ban tubeless. Kekurangan lainnya yaitu velg jenis ini tidak cocok untuk dipasang dengan tipe ban tubeless.

Jenis Velg Sepeda Motor
Jenis Velg Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Jenis Velg Sepeda Motor: Velg Aluminium

Jensi velg sepeda motor yang selanjutnya adalah velg alumunium. Jika dilihat dari bentuk, velg alumunium ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan velg besi yang mana sama menggunakan jari-jari. Yups, yang membedakan antar kedua velg ini hanyalah bahan pembuatan dari velg jenis ini. Yaitu besi dan alumunium.

Velg jenis ini terkenal karena memiliki bobot yang ringan jika dibandingkan velg lainnya. Hal ini karena vleg yang satu ini terbuat dari bahan alumunium. Selain itu, velg aluminium ini juga lebih tahan terhadap karat . Sehingga, Velg jenis ini sering digunakan pada drag race karena bebannya yang ringan sehingga dapat memacu akselerasi motor secara maksimal.

Namun, karena terbuat dari aluminium, velg ini juga memiliki biaya produksi yang lebih besar dibandingkan velg besi. Selain itu, velg aluminium juga tidak terlalu kokoh untuk menahan benturan keras dan ketika digunakan untuk menahan bobot motor yang berat.

Selain itu, vleg jenis alumunin ini juga tidak tahan terhadap goncangan sehingga membuatnya mudah penyok jika terkena goncangan.

Jenis Velg Sepeda Motor: Velg Cast Wheel

Jenis velg yang terakhir adalah velg cast whell atau disingkat dengan velg CW. Sekedar informasi bahwa vleg ini juga mempunyai nama lain, loh.

Velg cast wheel biasa disebut juga velg racing atau velg palang. Hal ini dikarenakan sering digunakan untuk kepentingan motor balap (racing). Sehingga, Anda akan sering menemukan velg cast whell pada ajang balap motor.

Jadi, apakah karena hal ini menjadi alasan kenapa velg ini disebut velg racing? Ya, mungkin karena salah satu keunggulan dari velg ini yaitu bentuknya yang kokoh dan kuat. Sehingga mampu bermanuver dengan baik dan membuat akselerasi motor menjadi stabil. Selain itu, dapat digunakan untuk kebut- kebutan.

Jenis Velg Sepeda Motor
Jenis Velg Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Selain itu, karena memiliki palang yang sedikit, velg ini juga lebih mudah dibersihkan, selain sangat cocok dipasangkan dengan ban tubeless.

Velg jenis ini juga cocok untuk penggunaan ban tipe Tubeless karena bentuknya yang tidak menggunakan jari-jari. Namun, velg ini juga rawan penyok atau retak apabila menghantam lubang besar karena bahannya yang terbuat dari logam magnesuim.

Untuk bobotnya, velg ini rata-rata memiliki bobot yang sama dengan velg besi, meski ada yang lebih ringan karena menggunakan bahan dasar logam magnesium. Sementara untuk biaya produksi, relatif lebih mahal dibandingkan dua model velg lainnya. Di samping itu, velg racing juga lebih rentan mengalami kerusakan, terutama jika sering menghantam lubang.

Itulah 3 jenis velg yang umum digunakan. Masing-masing jenis velg sepeda motor memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Anda wajib mengetahuinya agar tidak salah penerapannya. Pasalnya, untuk motor harian maupun balap direkomendasikan untuk menggunakan jenis velg yang berbeda.

Jenis Velg Sepeda Motor
Jenis Velg Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Selalu gunakan velg berkualitas untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara. Selain kualitas velg, perhatikan pula penggunaan sparepart pada motor anda. Selalu gunakan pula sparepart berkualitas untuk menunjang performa sepeda motor anda. Selain itu, pahami kemampuan menggunakan beban dan medan yang bisa dilewati velg.

Baca Juga: Kopling Mobil Bermasalah: Ini Penyebab Kopling Tidak Berfungsi

Hal ini juga termasuk dalam upaya merawat velg. Bagi Anda yang menggunakan velg besi, jangan lupa untuk selalu membresihkannya. Terutama jika terkena lupur ataupun air hujan. Sehingga, velg tidak akan cepat berkarat.

Ya, pastikan Anda memilih velg yang sesuai dengan ban motor yang akan digunakan. Jika Anda ingin menganti velg yang berbeda dari pabrik, tanyakan pada ahlinya. Hal ini menyangkut kemanan dan kenyamanan saat berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *