Di Indonesia banyak sekali jenis kendaraan yang ada di jalan raya. Salah satunya adalah kendaraan truk. Kendaraan ini terkenal dengan kapasitas barang bawaan yang berat, sehingga, biasanya sebuah truk akan didesain dengan tubuh yang besar.

Truk sendiri adalah jenis kendaraan yang digunakan untuk mengangkut barang dengan bentuk yang lebih besar dibanding dengan jenis jenis mobil penumpang. Selain itu beberapa jenis truk juga rata-rata mempunyai tenaga yang lebih besar yang menggunakan mesin diesel.

Soal kecepatan, truk jelas kalah jauh dibanding dengan mobil – mobil jenis penumpang, karena memang sejatinya truk didesain dengan mengutamakan tenaga yang besar untuk memuat beban yang sangat berat.

Jenis-jenis Truk yang Ada di Indonesia

Tapi taukah kalain bahwa truk mempunyai banyak jenis? Jenis kendaraan ini cukup banyak. Karena jenisnya yang banyak, maka pengemudi juga harus memperhatikan jenis SIM. Lalu apa saja jenis truk yang ada di Indonesia? Berikut ulasannya.

Pick Up

jenis truk

Jenis truk yang pertama adalah jenis pick up. Pasti kalian sudah tidak asing bukan dengan mobil jenis ini?. Ya.. ternyata mobil pick up tergolong sebagai jenis truk. Pick up ialah kendaraan Sewa truk ringan yang mempunyai kabin tertutup serta bak terbuka dibelakang untuk membawa barang bawaan atau kargo.

Kendaraan ini umumnya dipakai untuk mengantarkan barang pindahan dengan rute yang tidak terlalu jauh dan tidak terlalu memiliki resiko kerusakan yang tinggi. Selain itu biasanya digunakan untuk kepentingan komersial/niaga. Mobil ini tersendiri mempunya dua tipe yakni Single cabin serta double cabin. Pick up mrupakan jenis truk yang paling kecil, dimana hanya memiliki 2 jumlah sumbu dan 4 jumlah roda.

Grand max

Berikutnya adalah mobil Grand Max. Mobil Grand Max sendiri ialah kendaraan Sewa truk ringan yang memiliki kabin tertutup serta mempunyai box dibelakang untuk membawa barang bawaan atau kargo.

Umumnya grand max, digunakan untuk pemaketan barang yang harus terhindari dari sinar matahari dan air hujan. Biasanya kepentingan komersial ataupun niaga serta biasa dipakai untuk beberapa pekerjaan yang membutuhkan antar-jemput barang maupun muatan. Truk yang satu ini memiliki kapasitas muatan grand max lebih kecil dibandingkan pick up.

Truk Box CDE (Engkel)

jenis truk

Truk CDE adalah sebuah singkatan dari Colt Diesel Engkel, yakni sebuah tipe truk berkapasitas tergolong kecil. Tipe truk ini seringkali Anda lihat di gang kecil sebab memang masih dapat masuk ke jalan kecil serta truk ini bisa diperbolehkan untuk lewat di tol dalam kota.

Jenis truk yang memiliki 2 jumlah sumbu dan 4 jumlah roda seperti pick up. Akan tetapi, kapasitas truk CDE berbeda dengan kapasitas pick up. Rata-rata, 1 truk CDE memiliki kubikasi 6 CBM dan kapasitas muatan maksimalnya 2 Ton, kecuali CDE bak dengan volume maksimal 12 CBM.

Karena namanya terlalu panjang, Cold Diesel Engkel lebih sering disebut dengan truk engkel.Tidak hanya untuk pengiriman barang berat, jika ingin digunakan untuk kebutuhan lain, kapasitas truk engkel bak memiliki volume rekomendasi untuk volume truk sampah

Truk Box CDD (Double)

Jenis truk berikutnya adalah truk box CDD. Jenis truk ini memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan dengan truk Box CDE (Engkel). Truk CDD box adalah segelintir nama panggilan atau istilah untuk truk berkapasitas 4 ton ini. Namanya adalah singkatan dari Colt Diesel Double. Di Indonesia, tidak jarang truk ini dipanggil dengan sebutan truk canter.

Truk ini adalah tipe truk yang masuk dalam kategori truk berukuran kecil. Perbedaan mendasar di antara engkel serta truk double engkel adalah jumlah ban serta kapasitasnya. Ukurannya sedikit lebih besar dibandingkan truk engkel, yakni volume muatan 12 CBM dan berat muatan maksimal 4 Ton. Kelebihan dari truk CDD dibandingkan CDE adalah mampu membawa muatan yang lebih banyak karena dapat dimodifikasi menjadi truk CDD Long. Sehingga dalam 1 cold diesel mampu membawa barang 30 kubikasi.

Truk Fuso

jenis truk

Selanjutnya ada truk fuso. Fuso adalah truk keluaran dari produsen Mitsubishi yang fokus pada pengeluaran produk kendaraan niaga di kelas light dan medium truck. Truk fuso adalah salah satu tipe truk yang hampir seperti dengan truk CDD (non-long) tetapi kapasitas fuso tambah lebih besar, yaitu 25 CBM dengan berat maksimal 7 Ton.

Truk Tronton

Jenis truk selanjutnya adalah jenis truk tronton. Tentu sudah tidak asing bukan dengan nama truk ini. Ya, mungkin karena truk ini adalah salah satu kendaraan yang paling di wapadai oleh pengguna jalan raya. Sebab, klakson nya saja sering mengagetkan untuk sebagian orang.

Tronton menjadi salah satu truk yang cukup digemari oleh pelaku bisnis ekspedisi truk, karena selain harganya murah, dalam 1 tronton mampu membawa barang yang cukup banyak. Kapasitas truk tronton mampu membawa barang sebanyak 30 kubikasi / CBM dengan berat maksimal 10 Ton.

Truk Wingbox

Tidak kalah dengan truk tronton yang sudah cukup membuat deg –degan ketika berpapasan. Selanjutnya ada truk wingbox.Wingbox sendiri banyak disukai sebab mempunyai banyak kelebihan, diantaranya ialah pada 3 sisi (kanan, kiri serta belakang) bisa dibuka semuanya hingga bisa mempercepat waktu pekerjaan bongkar muat barang dalam muatan.

Berat maksimal serta kemampuan muatan wingbox sangat beragam, semua sebab jenis karoseri wingbox ialah jenis built-up (bukan bikinan produsen truk). Sebab mempunyai 2 tipe sumbu, karena itu tidak jarang wingbox seringkali dikatakan dengan truk tronton wingbox atau truk engkel wingbox.

Truk Trailer

Truk berikutnya adalah truk trailer. Truk Trailer salah satu tipe armada transportasi yang mempunyai daya angkut sangatlah kuat, dari 20 Ton hingga 60 Ton. Ini lantaran truk trailer memang dibuat jadi kargo untuk pengiriman alat serta kendaraan berat. Trailer 20 feet mempunyai banyaknya sumbu 4 dan 5. Jenis truk yang satu ini mempunyai jenis yang lebih banyak, seperti trailer lowbed, flatbed, flat track, box, bak serta yang lain.

Truk Container

Jenis yang terakhir adalah Container. Truk jenis ini merupakan sebuah peti kemas yang didesain agar bisa menaruh barang memiliki ukuran besar yang fleksibel bisa dibawa atau dikirim dimanapun sesuai kemauan.

Sebenarnya armada truk, kontainer tidak bisa dipisah dengan truk trailer.
Sebab sebetulnya, container tidak mempunyai roda atau mesin, hingga siapa saja yang akan lakukan persewaan container direferensikan untuk menyewa sekaligus juga dengan armada trailer.

Baca Juga: Mobil Toyota Kijang Innova: Kelebihan dan Kekurangan

Itulah jenis truk yang ada di Indonesia. Setiap jenis truk tidak hanya dibedakan dengan ukurannya, namun juga dengan kemampuan kapasitas yang dapat di bawanya. Tentu, semakin besar kapasitas truk akan di imbangin dengan semakin besarnya tubuh truk. Jadi, truk jenis apa yang sering membuatmu seperti jantungan ketika berpapasan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *