Seperti kita ketahui bahwa komponen mobil sangatlah banyak. Namun ternyata, beberapa komponen juga masih memiliki jenis- jenisnya tersendiri, loh. Dimana, beda jenis biasanya beda fungsi atau harus disesuaikan dengan jenis kendaraan. Salah satu komponen yang memiliki beberapa jenis adalah suspensi.

Ternyata ada jenis suspensi mobil yang perlu Anda ketahui. Sehingga, Anda tidak salah dalam memilih atau tidak hanya ikut saja dengan mekanik bengkel. Suspensi mobil ada sebuah rangkaian komponen yang berfungsi untuk meredam getaran saat mobil melewati jalanan. Tujuan utama dari komponen mobil itu adalah demi meningkatkan kenyamanan saat sedang berkendara.

Suspensi yang diterapkan pada mobil akan meberikan efek kepada pengendara rasa nyaman ketikda berada di dalam mobil. Hal ini karena mobil bisa melaju dengan stabil. Maka heran, jika suspensi menjadi bagian penting dalam mobil.

Suspensi dapat membantu meredam getaran atau guncangan yang terjadi. Jadi, ketika Anda melewati sebuah jalan yang tidak bagus atau cenderung bergelombang mobil akan tetap stabil dan tidak terlalu terguncang.

Baca Juga: Tips Membeli Mobil Klasik: 6 Hal Yang Perlu Diperhatikan

Dengan mobil yang lengkap dengan suspensi berkualitas, maka Anda bisa berada di mobil dengan tenang dan aman. Ada 5 jenis suspensi mobil yang dapat Anda pilih. Setiap jenis dan tipe yang digunakan sesuai dengan tipe dan jenis mobil.

Saat ini , jenis mobil di seluruh dunia sangatlah banyak dan hal ini berimbas pada jenis suspensi semakin berlimpah. Bahkan penggunaan suspensi di setiap merk mobil selalu berbeda. Kali ini kami aan rangkum jenis suspensi mobil yang populer digunakan. Berikut ulasannya.

Jenis Suspensi Mobil: Macpherson

Jenis suspensi mobil yang pertama akan dibahas yaitu Macpherson. Ya, Macpherson diklaim sebagai suspensi yang paling banyak digunakan di dunia. Suspensi ini ditemukan oleh Earl Macpherson.

Banyak produsen otomotif yang menyukai suspensi ini, loh. Hal ini dikarenakan harganya yang terjangkau dan suspensi Macpherson juga memiliki komponen yang terbilang simpel. Suspensi Macpherson merupakan suspensi yang berbentuk tegak dan didukung oleh sebuah peredam kejut yang menjadi titik pusat sudut caster pada mobil.

Suspensi Macpherson memiliki bentuk yang tegak. Suspensi ini juga sangat mudah untuk diperoleh, karena penyebarannya sudah sangat luas. Kekurangan suspensi yang yang satau ini adalah kurang mampu menerima beban dan berubahnya sudut kemiringan geometri roda ketika menikung. Efeknya, daya cengkram ban menjadi kurang sempurna.

Jenis Suspensi Mobil
Jenis Suspensi Mobil (Sumber Gambar: Google)

Jenis Suspensi Mobil: Double Whisbone

Jenis suspensi mobil yang selanjutnya adalah Double Whisbone. Dengan suspensi ini, mobil bisa berjalan dengan stabil. Sehingga, hal ini menjadi keunggulan suspensi Doble Whisbone.

Keunggulan lainnya adalah Suspensi Double Whisbone memiliki desain yang independen, sehingga sudut belokan dan pergerakan suspensi tidak akan berpengaruh terhadap sudut geometri, karena sudutnya akan tetap konstan.

Dimana desain dari suspensi yang satu ini dengan dua buah lengan atau yang biasa disebut arm yang menopang bagian bawah sistem suspensi itu sendiri. Sedangkan untuk Kekurangan dari suspensi jenis ini ialah membutuhkan ruang yang lebih besar.

Sehingga suspensi ini lebih banyak digunakan di kendaraan dengan dimensi yang besar. Kekurangan lain adalah dalam hal pembongkaran. Dimana suspensi ini membutuhkan waktu yang lebih lama karena memiliki tingkat kerumitan sedang.

Kekurangan yang terakhir adalah suspensi ini terbilang mudah rusak di bagian part. Kerusakan yang terjadi seperti rusaknya balljoint pada bagian bawah atau atas, long tie rod dan end tier od. Untuk menghindarkan berbagai kerusakan pada mobil, maka Anda bisa melakukan spooring secara berkala.

Jenis Suspensi Mobil
Jenis Suspensi Mobil (Sumber Gambar: Google)

Jenis Suspensi Mobil: Multi Link

Suspensi berikutnya adalah hasil pengembangan jenis suspensi mobil Double Whisbone dan Whisbone, yaitu Multi Link. Dimana Multi Link menjadi suspensi yang memiliki desain konstruksi yang terbilang rumit. Sebab suspensi ini memiliki bagian terpisah yang disatukan oleh sendi-sendi.

Konstruksi seperti ini dibuat berdasarkan manipulasi gaya yang nantinya diperkirakan akan diterima oleh roda, baik dalam benturan vertikal seperti ketika mobil melewati jalan berlubang atau ketika terjadi benturan dari arah samping.

Kelebihan dari suspensi multi-link adalah memiliki daya cengkram sempurna dan lebih mudah dalam pengendalian di jalan rusak sekalipun. Selain itu, suspensi jenis ini juga memiliki variasi yang terbilang banyak dan lengkap.

Namun kekurangan darai suspensi yang satu ini yaitu apabila suspensi ini mengalami kerusakan, maka proses penggantiannya memerlukan waktu yang lama dan spare part-nya masih terbilang langka, sehingga harganya sangatlah tinggi atau mahal. Suspensi jenis ini juga jarang digunakan karena memiliki konstruksi yang rumit.

Jenis Suspensi Mobil: Axle Rigid

Selanjutnya adalah jenis supensi mobil bernama Axle Rigid. Suspensi ini mudah terlihat karena letaknya yang berada di belakang sebuah mobil. Ciri khas dari suspensi ini adalah roda bagian belakang, kiri dan kanan, dihubungkan menjadi satu dengan axle atau poros yang biasa disebut dengan nama gardan.

Suspensi Axle Rigid memiliki dua model sekaligus yaitu model Axle Rigid yang dilengkapi pegas daun dan model Axle Rigid yang dilengkapi dengan pegas coil atau sering disebut dengan per. Suspensi ini memiliki kualitas yang terbilang baik dan bisa diterapkan di berbagai jenis mobil.

Suspensi ini terbilang simpel, karena bisa bekerja dengan satu buah solid saja dan dilengkapi dengan 2 nit pegas. Axle Rigid juga terbilang suspensi yang kuat, sehingga bisa menopang beban yang besar dan suspensi ini bisa bekerja dengan stabil, sehingga cocok untuk berbagai jenis mobil besar.

Jenis Suspensi Mobil
Jenis Suspensi Mobil (Sumber Gambar: Google)

Jenis Suspensi Mobil: Independent

Jenis suspensi mobil yang terakhir akan kita bahas adalah suspensi independent. Dimana suspensi ini terkenal dengan memiliki konstruksi yang lebih rumit dan gerakan poros roda bisa saling terbebas.

Suspensi ini juga telah dilengkapi dengan dua flexible joint. Jenis suspensi ini masih terbilang mahal.
Maka tidak heran jika suspensi yang banyak digunakan di mobil mewah. Sehingga pantas saja jika suspensi ini didesain khusus agar kenyamanan dalam mobil kian terasa.

Baca Juga: Mengenal Komponen Kaki Mobil & Fungsinya

Ciri suspensi jenis ini adalah antara roda kiri dan kanan belakang mobil tidak dihubungkan secara langsung melainkan dihubungkan dengan sendi axle. Dimana hal ini akan memberikan efek ketika roda kiri menghantam lubang maka mobil tidak akan goyang karena hanya suspensi bagian kiri yang bergerak sedangkan yang lainnya tidak.

Itulah lima jenis supensi mobil yang perlu Anda ketahui. Sebab, jenis- jenis suspensi diatas juga telah disesuaikan dengan jenis mobilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *