Yuk, Kenali Jenis Stang Motor Sebelum Memodifikasinya!

  • by
  • 6 min read

Jenis Stang Motor – Memodifikasi kendaraan bukanlah sesuatu yang asing. Apalagi bagi Anda pengemar otomotif, pasti ada saja bagian kendaraan yang diubah. Salah satu bagian yang sering dimodifikasi adalah stang motor.

Hayo, apakah Anda yang termasuk sudah atau ada niatan untuk meodifikasi stang motor? Hal ini tentu saja boleh dilakukan, selama sesuai dengan aturan serta tetap mengutamakn kemanan dan kenyamanan ketika sepeda motor digunakan.

Jadi, tidak sembarangan dalam melakukan modifikasi. Tidak hanya agar kendaraan terlihat lebih keren, namun tetap memperhatikan nilai gunanya, ya. Hal ini termasuk stang motor. Dimana ada banyak jenis stang motor.

Sehingga, Anda perlu mengetahui jenis stang motor terlebih dahulu sebelum memodifikasi. Sehingga, hasil modifikasinya tidak hanya keren namun juga sesuai dengan motor Anda.

Jenis- Jenis Modifikasi Stang Motor

Apabila berbicara tentang jenis-jenis stang motor, ternyata ada banyak jenisnya. Berbagai jenis tang motor tersebut menempel pada gaya modifikasi yang sering terlihat. Semua tergantung dari pilihan pemilik kendaraan.

Jenis Stang Motor
Jenis Stang Motor (Sumber Gambar: Google)

Namun yang menjadi masalah adalah banyak pengguna sepeda motor yang tidak mengetahui nama dari jenis stangnya, sehingga bingung saat akan membelinya. Bahkan banyak juga yang mungkin belum paham dengan jenis bentuk stang motor.

Untuk itu, telah kami rangkum mengenai jenis- jenis modifikasi stang motor yang dapat emnambah pengetahuan Anda seputar dunia otomotif. Berikut adalah ualsan lengakpnya untuk Anda.

Baca Juga: Rekomendasi Motor Bebek Bekas Berkualitas & Harga Terjangkau

Stang Jepit

Jenis modifikasi stang motor adalah stang jepit. Jenis stang ini sangat familiar, loh. Jika kalian asing dengan nama ini stang jenis jepit ini juga disebut dengan stang model clip on. Biasanya jenis stang ini digunakan oleh motor sport atau mereka yang melakukan modifikasi cafe racer atau modifikasi degan tema racing dapat menggunakan stang jenis ini.

Terkait:  Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Motor Vespa: Waspadai Kerusakannya!

Ciri khas jenis stang ini yaitu dijepit ke suspensi depan dan menjorok pada bagian dalam kendaraan. Nah, itulah yang menajdi kelebihan dari stang ini. Dengan model seperti itu maka pengendara akan mudah mendapatkan pengendalian yang lebih baik.

Tapi stang jenis ini juga memiliki kekurangan. Yaitu, karena posisi riding menunduk maka tubuh mudah letih ketika melakukan perjalanan jauh.

Jenis Stang Motor
Jenis Stang Motor (Sumber Gambar: Google)

Stang Motocross

Jenis stang motor selanjutnya yang dapat Anda pilih untuk mempercantik kendaraan Anda adalah jenis stang motorcross. Jenis motocross cocok untuk modifikasi kendaraan pada area jalan offroad. Stang model ini lebih dikenal dengan stang baplang.

Sebab desainnya mirip stang cruiser namun mempunyai sudut lebih panjang dan lebar. Dimana model stang yang satu ini biasa memiliki modifikasi dengan gaya minor fighter. Bentuknya yang lebar dan panjang banyak terlihat dengan gaya minor fighter yang satu ini.

Kelebihan stang ini pengendalian yang lebih baik di jalanan yang ekstrim. Namun akan menimbulkan kesulitan saat bermanuver jika digunakan untuk jalanan ibukota yang penuh kemacetan.

Ya, kekurangan dari stang jenis ini adalah terasa tidak nyaman saat berada pada wilayah jalan yang sempit.

Beach Bar

Jenis modifikasi stang motor yang selanjutnya adalah beach bar. Mungkin jenis stang ini termasuk jenis stang modifikasi yang paling nyaman. Dengan desain lingkaran yang terlihat mampu memberikan rasa nyaman saat berkendara.

Dengan demikian, pengendara tidak akan merasa kesulitan untuk menjangkaunya. Selain itu, jenis ini cocok digunakan untuk jenis motor apapun yang Anda miliki.

Drag

Jenis modifikasi stang motor yang selanjutnya adalah Drag. Jika, jenis Beach Bar menjadi jenis stang motor yang paling nyaman, Drang adalah jenis stang selain nyaman juga merupakan stang yang paling sederhana diantara jenis stang lainnya.

Terkait:  3 Tanda V Belt Motor Matik Harus Diganti

Maka tidak heran jika membuat stang ini mejadi paling banyak dipilih. Meskipun memiliki odel yang sederhana Anda tidak perlu khawatir sebab Drag menjadi jenis stang yang bisa membantu modifikasi kendaraan anda lebih menarik.

Stang Cruiser

Jenis modifikasi stang motor selanjutnya adalah jenis Cruiser. Stang model ini biasanya digunakan untuk aliran modifikasi sport cruiser atau naked bike. Model ini memiliki bentuk lebih tinggi dari stang standar, sehingga posisi pengendara akan lebih tegak. Sehingga itu menjadi kelebihannya, dimana posisi berkendara jauh lebih nyaman saat melakukan perjalanan jauh.

Jenis Stang Motor
Jenis Stang Motor (Sumber Gambar: Google)

Ape Hangers

Jenis stang motor yang lainnya adalah Ape Hangers. Stang satu ini mampu memberikan kesan yang lain pada motor gilmoters. Modifikasi stang jenis ini memang tidak menonjol pada sisi kenyamanan, namun dari sisi stylenya. Nah, Desain unik ini lah yang justru menjadi pilihan sebagian besar pemilik sepeda motor.

Itulah beberapa jenis tang motor yang dipilih untuk modifikasi. Masih ada beberapa jenis stang lain seperti jenis stang “Z” dimana stang ini berbentuk huruf “Z.” stang model ini banyak digunakan untuk motor dengan modifikasi chopper dan moge.

Selain itu juga ada jenis Stang ape handle. Dimana bentuknya menjulang tinggi ke atas dengan tiang yang panjang. Stang model ini banyak dipakai untuk modifikasi chopper atau moge. Atau Anda juga dapat memilih jenis stang Chumps apabila digunakan untuk memodifikasi motor sport atau motor cruiser.

Baca Juga: Kredit Mobil Baru atau Beli Cash Mobil Bekas. Lebih Baik Yang Mana?

Ya, yang penting utamakan kemanan dan keselamatan saat akan memutuskan modifikasi bagian stang. Selain itu, jangan sampai melangar peraturan dan berakibat ditilang. Jika, Anda tidak paham maka Anda dapat menanyakan kepada yang ahli. Sehingga mengurangi risiko dalam modifikasi.

Terkait:  Rekomendasi 5 Merek Spion Motor Untuk Modifikasi Keren

Memodifikasi stang motor sebenarnya sudah bukan hal yang aneh. Hal ini sudah banyak terlihat pada motor saat ini, bahkan milik para kaum muda. Sebab memodifikasi mampu membuat kendaraan terlihat lebih keren dan sporty.

Pada sepeda motor ada beberapa bagian yang sering berubah atau modif, namun tetap masih dalam standar. Sebagian besar orang pilih melakukan hal ini untuk memaksimalkan performa kendaraan dan membuat tampilan yang semakin kece.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *