Berbagai Jenis Soket Lampu Mobil Yang Perlu Diketahui

Soket merupakan tempat dudukan lampu. Dimana soket mempunyai fungsi untuk menyalurkan lampu dengan kawat-kawat jaringan listrik. Sama seperti lampu pada umumnya, fungsi lampu mobil juga idealnya dilengkapi dengan soket.

Selain itu, perlu diketahui bahwa soket memiliki banyak jenis, loh. Dimana setiap jenis soket lampu mobil mempunyai fungsinya masing- masing. Soket berperan sebagai “rumah” yang melindungi lampu mobil Anda.

Beda jenis lampu, maka beda pula jenis soket lampu mobil yang digunakan. Mengingat fungsinya yang krusial, segera lakukan pengecekan jika Anda menemukan gangguan pada soket.

Biasanya soket yang bermasalah akan berdampak pada kelistrikan mobilJangan sampai soket sampai terbakar. Sebab, soket yang terbakar biasanya disebabkan karena aliran listrik yang besar sehingga membuat soket tidak dapat menahan panas yang disebabkan besarnya arus listrik yang mengalir.

Jika soket terlalu kecil dan digunakan sebagai penghubung arus listrik yang menuju beban yang arusnya lebih besar maka akan menyebabkan komponen meleleh dan menjadi terbakar. Artikel kali ini akan mengupas tuntas mengenai bagian dari lampu mobil yang satu ini. Apa saja sih jenis soket lampu mobil?

Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Jenis Soket Lampu Mobil: H4

Jenis soket lampu mobil yang pertama adalah soket lampu Mobil H4. Jadi, dibandigkat dengan jenis sonket lampu mobil yang lainnya, jenis soket lampu ini paling banyak dipasang pada mobil di Indonesia.

Nah, fungsi dari sonket ini juga sesuai dengan namanya, Yaitu digunakan sebagai dudukan untuk lampu H4 pula. Jadi, sonket ini biasanya dipasang sebagai lampu jauh atau headlight. Hal ini karena sonket H4 untuk lampu H4, dimana lampu H4 merupakan lampu auh atau headlight.

Baca Juga: Perawatan Area Roda Mobil: Apa Saja Yang Harus Dilakukan?

Soket lampu Mobil H4 ini mempunyai ciri dimana ada dua filamen di dalamnya. Satu filamen dilengkapi reflektor agar dapat memantulkan pijaran kawat ke arah bawah. Selanjutnya dipantulkan reflektor rumah lampu ke arah atas.

Sementara itu, filamen lainnya akan berpijar ke segala arah dan reflektor soket akan memantulkan pijaran tersebut dengan pengaturan tertentu. Hal ini bertujuan agar pijaran dapat “jatuh” antara 4-8 meter di depan mobil.

Maka idealnya, jenis soket lampu mobil H4 juga dilengkapi tiga plat pipih yang membentuk huruf “U”. Dimana pada plat pertama memiliki fungsi sebagai satu massa. Sedangkan dua plat lain berfungsi masing-masing sebagai sumber tegangan untuk tiap filamen.

Lalu, pijaran pada tiap filamen tergantung pada daya yang dimiliki lampu. Umumnya, kebanyakan daya standar pada H4 adalah 90/100 Watt atau 45/55 Watt.

Jenis Soket Lampu Mobil
Jenis Soket Lampu Mobil (Sumber Gambar: Google)

Jenis Soket Lampu Mobil: H11

Soket Lampu Mobil H11 adalah jenis sonket lampu mobil yang kedua. Jenis soket lampu mobil yang sau ini juga disebut dengan lampu kabut atau fog lamp. Jadi, di mobil selain ada lampu headlight, juga ada lampu kabut. Nah, lampu kabut sendiri menggunakan lampu H11.

Sehingga, sonket yang digunakan haruslah H11 juga. Lampu kabut berfungsi untuk membantu pencahayaan saat Anda sedang mengendarai mobil di tengah medan yang berkabut, berasap tebal, atau hujan deras.

Jadi, meski hanya fog lamp atau lampu kabut, namun fungsinya begitu krusial. Mengingat fungsinya yang begitu krusial, maka soket lampu mobil H11 biasanya terbuat dari bahan yang kuat dan tahan panas.

Terlebih, lampu yang digunakan untuk dipasang pada soket jenis ini pun memiliki daya cukup besar, yaitu sekitar 55 Watt, sehingga tingkat panas yang dihasilkan cukup tinggi pula. Dimana kekuatan cahaya lampu H11 bisa mencapai 1.350 lumen dengan sumber tegangan 12 Volt. Itulah fungsi dari sonket lampu mobil H11.

Jenis Soket Lampu Mobil
Jenis Soket Lampu Mobil (Sumber Gambar: Google)

Perlu diingat bahwa jenis soket lampu mobil H11 berbeda dengan yang dipasang pada H4, sehingga kamu tidak bisa memasang fog lamp pada soket H4 dan juga sebaliknya headlight pada soket H11.

Jenis Soket Lampu Mobil: H16

Jenis soket lampu mobil yang terakhir adalah H16. Apa fungsi dari lampu H16? Jadi, selain lampu H11 yang digunakan untuk lampu kabut, ada beberapa mobil juga yang menggunakan 16 sebagai lampu kabut juga.

Loh apa bedanya H11 dan H16 jika fungsinya sama? Kedua jenis onket lampu mobil ini hanya mempunyai perbedaan pada dayanya saja. Dimana lampu H16 yang cenderung lebih rendah, yaitu sekitar 19 Watt dengan menghasilkan tegangan 12 Volt dan serta kekuatan cahaya sebesar 500 lumen.

Dayanya yang tidak terlalu besar, membuat soket lampu H16 bisa relatif lebih fleksibel. Bahkan cukup aman dipasang pada soket lampu mobil H16 yang terbuat dari material mika sebagai kacanya.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir soket H16 akan meleleh karena tingkat panas yang dihasilkan lampu tidaklah begitu tinggi. Keunggulan ini juga yang membuat banyak mobil memasang soket lampu mobil H16.

Jenis Soket Lampu Mobil
Jenis Soket Lampu Mobil (Sumber Gambar: Google)

Itulah jenis- jenis sonket lampu mobil berserta fungsinya. Nah, masalah yang sering terjadi pada sonket sendiri adalah melelh. Hal inilah yang mengharuskan Anda mengganti sonket. Sonket meleleh mungkin akan kita temui pada mobil yang menggunakan lampu bohlam.

Namun, bukan berati jenis lampu yang lain tidak dapat membuat soket bermasalah, ya. Jadi, baik itu bola lampu yang telah mengganakan halogen atau bola lampu biasa untuk lampu kepala, sering kita lihat bermasalah pada soket lampunya.

Baca Juga: Rekomendasi Merk Sarung Jok Mobil: Bagus dan Berkualitas

Soket lampu adalah komponen terakhir penyalur arus listrik sebelum ke filamen atau bola lampu. Karena tumpuan daya listrik terakhir sebelum masuk ke bola lampu, jika soket mengalami masalah dan kita biarkan lama maka yang akan kemudian rusak adalah bola lampu.

Bola lampu dapat saja putus seketika dan lampu jelas akan mati. Lampu mobil yang mengalami soket yang bermasalah ini bila didiamkan akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah seperti reflektor meleleh atau bohlam lampu putus.

Hal ini kerap kali dialami pemilik mobil yang sudah memiliki jam terbang tinggi dan umur yang tidak muda lagi.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.