Jenis Pengharum Mobil – Pengharum mobil merupakan sesuatu yang penting. Benda yang mempunyai ukuran kecil ini dapat memberikan kenyamanan pada kabin mobil Anda. Namun, taukah kalian bahwa pengharum mobil mempunyai banyak jenis? Ya, tersedia beberapa jenis pengharum mobil yang dapat menjadi pilihan Anda dalam menciptakan kenyamanan dalam mobil Anda.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis pengharum mobil dengan bahan yang berbeda. Anda harus memilihnya dengan baik agar nyaman saat berkendara. Selain itu, bahan yang digunakan di dalam pengharum tersebut juga bermacam-macam. Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki mobil harus teliti dalam memilih pengharum yang cocok, dan ini informasi seputarnya.

Ada lima jenis pengharum mobil yang akan kita bahs kai ini. Jadi, selamat menyimak mengenai lima jenis pengharum mobil yang dapat menjadi reverensi Anda.

Baca Juga: Merawat Mobil Manual Agar Tetap Awet: 8 Tips Yang Mudah Dilakukan

Jenis Pengharum Mobil: Gel

Mari kita bahas dengan jenis pengharum mobil yang mungkin banyak digunakan oleh pemilik mobil. Jenis gel mungkin sering kita temui. Selain itu dipasaran juga banyak yang telah menyediakan jenis pengharum mobil yang satu ini. Ketika menggunakan pengharum jenis ini Anda tidak perlu khawatir akan tupah. Ini merupakan salah satu kelebihan dari jenis gel sebagai pengharum mobil Anda.

Kelebihan selanjutnya dari pengharum jenis gel ini adalah aromanya. Dimana jenis pengharum yang satu ini memiliki aroma yang lebih kuat dari tipe padat dan memiliki kandungan deodoran yang mampu mengharumkan sekaligus menghilangkan aroma tidak sedap pada kabin mobil. Jadi, tidak hanya berfungsi untuk mengharumkan mobil, pengharum mobil jenis gel ini juga memiliki kandungan deodoran sehingga mampu mengharumkan, sekaligus menghilangkan aroma tak sedap pada kabin mobil.

Namun disisi lain tentu saja pengharum yang satu ini memiliki kekurangan. kekurangan dari pengharum mobil gel yaitu akan meninggalkan bercak pada interior mobil jika terkena panas atau sinar matahari secara langsung. Untuk mengatasinya, Anda bisa menaruh pengharum mobil di bawah jok mobil agar terhindar dari sinar matahari.

Jenis Pengharum Mobil
Jenis Pengharum Mobil (Sumber Gambar: Google)

Jenis Pengharum Mobil: Cair

Jenis pengharum mobil selanjutnya adalah jenis cair. Berkebalikan dengan jenis pengharum padat dan gel, dimana Anda tidak perlu khawatir pengharum mobil tumpah untuk jenis pengharum mobil cair Anda perlu berhati- hati agar tidak tumpah. Ini merupakan slah satu kekurangan dari jenis yang satu ini. Sebab jika tumpah dapat mengotori interior mobil Anda. Kekurangan lainnya adalah pengharum ruangan yang satu ini mudah menguap. Sehingga dalam penggunaanya akan sedikit boros sebab akan mudah habis. Oleh sebab itu, bagi Anda yang menggunakan jenis pengharum cair akan cukup sering mengeluarkan biaya untuk membeli pengharum tersebut.

Baca Juga: Penyebab Mobil Terbakar Saat Dikemudikan: 5 Hal Yang Dapat Memicu

Untuk penggunaannya, Anda dapat meletakkannya pada kisi-kisi AC atau cukup dengan cara digantung. Karakter aroma dari jenis pengharum cair tersebut cukup kuat sehingga mampu menyebar ke seluruh bagian mobil dengan cepat.

Jenis Pengharum Mobil: Padat

Jenis pengharum mobil yang ketiga adalah jenis padat. Pengharum jenis ini pasti banyak juga digunakan oleh para pemilik mobil. Selain mudah ditemukan dipasaran, jenis ini juga mempunyai banyak varian baru yang dapat disesuaikan dengan keinginan pemilik mobil. Selain itu, pengharum mobil padat jadi tipe parfum mobil yang paling sering digunakan karena aroma wangi yang dihasilkan bisa bertahan lama. Itu sebabnya, pengharum mobil jenis padat cocok untuk Anda yang tidak terlalu suka berganti-ganti wangi mobil dan bisa membuat Anda menghemat biaya pengeluaran bulanan.

Pengharum mobil padat biasanya dibuat dari campuran beberapa bahan, mulai dari resin, keramik, plastik, serta berbagai bahan lain yang diberi pewangi. Selain tahan lama, karena bentuknya yang padat Anda jadi tidak perlu takut isinya akan tumpah saat terjadi guncangan mobil. Meski begitu tetap saja jenis pengharum yang satu ini juga memiliki kekurangan. Ada satu kekurangan yang dimiliki pengharum mobil padat, yakni tidak menghasilkan aroma yang kuat karena bahannya yang tidak mudah menguap.

Jika Anda termasuk orang yang hemat maka pengharum jenis ini sangat cocok untuk Anda. Hal tersebut dikarenakan pengharum padat akan lebih awet sehingga tidak memaksa Anda untuk sering mengganti pengharum.

Jenis Pengharum Mobil: Spray

Jenis pengharum ke empat yang akan kita bahas adalah jenis spray. Seperti namanya artinya Anda perlu menyemprotkan pengharum ruangan jenis ini pada kabin mobil Anda. Jadi, yang perlu dilakukan adalah menyemprotkan parfum secukupnya sesaat sebelum Anda memasuki mobil. Seketika itu juga wanginya bisa langsung diminati oleh pengemudi dan penumpangnya. Artinya waktu yang diperlukan parfum spray untuk mengharumkan mobil Anda juga tidak perlu terlalu lama.

Kelebihan pengharum yang satu ini adalah wanginyayang mudah menyebar ke seluruh kabin mobil. Sedangkan kekurangannya adalah aroma yang disemprotkan tidak bertahan lama. Dimana harus sering menyemprot dan perlu membeli pengharum yang baru lagi karena akan cepat habis. Jadi, Jenis pengharum mobil ini juga cocok untuk Anda yang senang berganti wangi mobil.

Jenis Pengharum Mobil: Diffuser

Jenis pengharum yang kelima adalah jenis diffuser. Mungkin, dari semua jenis pengharum mobil jenis ini yang paling baru. Cara kerja pengharum yang satu ini adalah dengan cara mengambil sumber panas dari soket atau port rokok mobil untuk menyebarkan aroma ke seluruh kabin mobil.
Kelebihan dari pengharum mobil yang satu ini adalah fungsinya yang tidak hanya mengharumkan kabin mobil. Namun jenis pengharum mobil yang satu ini yaitu jenis diffuser juga mampu menyegarkan dan mensterilkan udara di dalam kabin mobil kesayangan kamu. Menariknya, begitu pengharum mobil ini terpasang, kamu bisa langsung merasakan segarnya aroma yang dihasilkan.

Baca Juga: Cara Mencuci Mobil di Rumah Dengan Hasil Seperti di Carwash

Dimana ada kelebihan tentu disitu juga ada kelemahannya. Dimana pengharum mobil yang satu ini yaitu pengharum mobil jenis diffuser punya harga sedikit lebih mahal dari jenis parfum lainnya. Selain itu, pengharum mobil jenis diffuser punya aroma yang tidak tahan lama.
Itulah lima jenis pengharum mobil yang dapat Anda pilih. Seesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran bulanan Anda. Jika, Anda orang yang hemat jenis padat dapat menjadi pilihan Anda. Namun jika Anda mudah bosan dengan wewangian jenis spray dapat jadi pilihan yang tepat. Begitu pula dengan jenis pengharum mobil yang lain tentu mempunyai keunggulan masing- masing. Dari lima jenis pengharum mobil diatas, jenis mana yang palaing Anda sukai?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *