Jenis Motor Gede – Motor gede merupakan salah satu pilihan kendaraan yang banyak diminati oleh masyaraka. Meskipun bentuknya yang besar, namun hal ini malah menjadi daya tariknya sendiri.

Namun, taukah kalain bahwa motor ini memiliki beberapa jenis di pasaran?. Tepatnya ada tiga jenis yang ada di pasaran untuk motor gede. Tentu tiga jenis motor ini memiliki banyak sekali mrek yang akan membuat Anda kebingungan saat akan membelinya. Harganya pun sangat bervariasi.

Tiga jenis motor gede ini dibedakan berdasarkan kapasitas mesin. Ketiga jenis tersebut adalah sportbike, street fighter, dan cruiser. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan ulasannya untuk Anda.

Jenis Motor Gede: Sportbike

Jenis motor gede yang pertama adalah sportbike. Motor gede yang satu ini lebih mengutamakan performa dibandingkan dengan tampilan fisik. Sehingga, jika Anda lebih membutuhkan performa kendaraan, motor jenis yang satu ini dapat menjadi pilihan. Sebab, motor gede yang satu ini memiliki banyak pilihan harga.

Jenis Motor Gede (Sumber Gambar: Google)
Jenis Motor Gede (Sumber Gambar: Google)

Ya, motor ini tersedia dari harga puluhan juta sampai milrian. Sehingga, Anda dapat menyesuaikan dnegan budget keuangan yang dimiliki. Meskipun penampilannya tidak semenarik seperti kebanyakan moge lainnya,tenaga serta kecepatan yang dihasilkan jauh lebih special dibanding “jual tampang” belak. Sangat handal dan juga stabil saat di kecepatan tinggi.

Sebelum memutuskan membelinya, Anda perlu mengetahuinya bahwa ketika mengendarai motor yang satu ini badan selalu merunduk. Sehingga lebih cepat terasa pegal. Hal ini akan sangat berkaitan dengan kenyamana Anda saat berkendara. Motor gede jenis sportbike ini juga memiliki beberapa type. Masing- masing dibedakan sesuai kapasitas mesin kendaraan.

Ada beberapa jenis Sport Bike bila dilihat dari besar CC-nya yakni : 125cc masuk ke dalam kategori Light sportbike. 400cc-600cc masuk dalam kategori Supersport. Dan 750cc-1000cc disebut sebagai Superbikes.

Jenis Motor Gede: Street Fighter

Jenis selanjutnya adalah street fighter. Motor gede yang satu ini memiliki tubuh yang lebih tinggi. Selain itu, motor ini juga akan semakin berat ketika sedang berada dalam posisi berdiri. Sehingga, motor ini akan kurang cocok bagi pegendara yang mempuyai badan kecil.

Jenis Motor Gede (Sumber Gambar: Google)
Jenis Motor Gede (Sumber Gambar: Google)

Badannya yang gagah juga diikuti dengan tenaga yang besar. Jenis street fighter merupakan motor dari kelas supersports dan superbikes tetapi tanpa menggunakan fairing serta hal lain yang membuat ciri kelas ini adalah mempunyai tenaga besar diputaran menengah.

Umumnya di gemari oleh para biker yang menginginkan motor berperforma tinggi tetapi cukup nyaman untuk dipakai dijalan umum. Contoh-contoh motornya adalah : Aprilia tuono, Benelli TNT, Cagiva V raptor, Ducati monster, MV Agusta Brutalle dan KTM super Duke. Motor Street fighter memiliki mesin yang terlihat atau Naked bike, jenis yang satu ini berperforma tinggi hingga tidak terlalu sering berpindah gigi, dan juga cukup ramah terhadap punggung si pengendara itu sendiri.

Jenis Motor Gede: Cruiser

Jenis yang terakhir adalah jenis cruiser. Motor cruiser adalah motor touring yang identik dengan mesin 2 silinder. Selain itu motor ini juga identik dengan torsi mesin yang besar, dan posisi mengendarai yang lebih santai, nyaman, bila di gunakan untuk berkendara jarak jauh.

Baca Juga: Membersihkan Jok Mobil: Beda Bahan Jok, Beda Cara Membersihkannya!

Contoh dari motor yang satu ini adalah Harley Davidson. Dengan kisaran harga antara 200juta hingga milyaran rupiah, terdapat beberapa pilihan seperti Softail, Road king, V-Rod, Ultraglide, Electra Glide, atau Nightster.

Kelebihan dan Kekurangan Memilih Motor Gede

Setelah mengetahui jenis motor gede yang berada dipasaran. Berikut akan kami uraikan mengenai kelebihan dari memilih motor gede. Seperti yang kita ketahui, bahwa motor gede memiliki fisik yang tinggi dan cenderung berat. Tentu hal ini berbanding terbalik dengan kebanyakan orang dinegara kita, dimana memiliki tubuh yang cenderung kecil.

Namun jika melihat kelebihannya, tentu menjadi pertimbangan tersendiri untuk dibeli. Kelebihan yang pertama adalah mengenai tarikan dan kecepatan dari motor gede. Tarikan dan kecepatan merupakan keunggulan yang pasti ada di motor yang satu ini. Apalagi jika dibandingkan dengan motor matic. Performa motor gede diatas rata – rata.

Kapasitas mesin besar, lincah, gesit, dan akselerasi yang luar biasa juga merupakan keunggulan tersedniri dari motor gede. Selain itu, motor gede juga terkenal tangguh. Meskipun motor gede memiliki tubuh yang berat apalagi jika dikendarai, namun motor ini sangat tangguh. Untuk itu, motor ini sering digunakan untuk kegiatan touring.

Dengan jarak yang ditempuh saat touring pasti kendaraan yang sesuai adalah kendaraan yang memiliki ketahanan, mesin yang mumpuni, stabil, dan juga gesit. Untuk hal ini, memang sepertinya tidak ada pilihan lain kecuali motor sport yang sanggup memenuhi kebutuhan tersebut.

Kelebihan selanjutnya terletak pada desain body. Dimana motor gede identik dengan body yang stylish dan gagah. Motor gede pada umumnya memang lebih menonjolkan sisi-sisi maskulinitasnya. Hal itu bisa dilihat mulai dari ukuran, spesifikasi, dan desain khusus yang dimilikinya seperti striping yang keren, ukuran ban yang lebih lebar dan tebal, dan jok yang bertipe racing atau single seat. Desain tangki yang ada di depan membuat kamu terlihat gahar saat menaiki motor sport.

Namun, dibalik kelebihan yang telah disebutkan tentu motor gede juga memiliki beberapa kekurangan. Hal ini juga dapat menjadi pertimbangan Anda ketika memutuskan untuk membelinya.

Kekuranga yang pertama adalah terkait dengan urusan kemacetan dan konsumsi bahan bakar yang bisa dibilang tidak murah untuk bisa menghidupi jagoan ini, penting juga untuk kamu mengetahui harga motor. Umumnya motor sport dibanderol dengan harga yang relatif lebih tinggi dengan jenis motor lainnya. Akan tetapi harga tersebut sepadan dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki.

Kekurangan selanjutnya yaitu mengenai suku cadangnya. Untuk beberapa kasus sering terjadi kelangkaan suku cadang jenis motor sport seperti ini. Hal tersebut dikarenakan memang motor ini memiliki daya tahan kuat sehingga permintaan suku cadang menjadi rendah. Oleh sebab itu, bengkel biasanya melayani pembelian suku cadang dengan cara indent alias memesan. Hal tersebut tidak perlu dipusingkan karena produsen akan mencarikan suku cadang yang Anda butuhkan.

Baca Juga: Servis Secara Berkala Untuk 4 Komponen Mobil

Kesimpulannya, motor gede merupakan tunggangan yang sangat ideal bagi orang-orang yang menganggap bahwa performa dan ketahanan itu penting. Selain itu, karena harganya yang selangit motor gede juga baisanya juga banyak diminati oleh pecinta motor. Dimana tidak hanya digunakan untuk touring bersama komunitas, namun juga untuk dikoleksi. Sebab beberapa motor gede diproduksi secara terbatas.

Pastikan kenyamana saat memutuskan membelinya. Sebab motor gede diproduksi dengan ukuran yang lebih tinggi dan berat saat dikendarai. Hal ini nantinya juga akan menyangkut kemanan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *