Seiring berkembangnya dunia otomotif, maka kini semakin juga bertambahnya jenis- jenis lampu mobil yang digunakan. Ya, ternya ada beberapa jenis lampu yang biasa digunakan pada mobil zaman sekarang. Ditambah saat ini lampu pada mobil tidak hanya berfungsi sebagai penerang, Namun juga sebagai aksesoris pada untuk mobil. Selain sebagai sarana penerangan, aksesoris atau untuk mempercantik mobil, lampu mobi ternyata juga mempunyai berbagai fungsi, baik bagi pengendara maupun bagi orang lain.

Banyak prang yang melakukan modifikasi lampu pada mobil mereka. Jadi, berikut ini akan kami ulas mengenai jenis- jenis lampu mobil. Sehingga, dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin menganti lampu mobil. Berikut adalah ulasannya.

Jenis Lampu Mobil: Halogen

Jenis lampu mobil yang pertama adalah halogen. Jenis lampu yang satu ini mungkin merupakan jenis lampu yang paling banyak digunakan. Cara kerja dari lampu jenis ini adalah dengan mengoperasikan filamen layaknya lampu pijar pada suhu tinggi. Dengan suhu yang tinggi, jeni halogen akan menghasilkan cahaya yang lebih terang dan suhu warna lebih tinggi dari lampu pijar rumahan.

Biasanya lampu halogen ini dipasang pada penerang utama (headlamp), yaitu pada bagian depan mobil. Kekuatan yang dihasilkan oleh lampu halogen ini memiliki daya berkisar antara 35 hingga 55 watt.

Jenis Lampu Mobil: High Intensity Discharge (HID)

Jenis lampu mobil yang kedua adalah jenis high intensity discharge atau biasanya disebut dengan lampu HID. Berbeda dengan lampu halogen, lampu HID dibuat tanpa menggunakan filamen. Jenis lampu ini bekerja dengan memanfaatkan pengapian gas Xenon yang ada di dalam tabung. Sehingga, cahaya yang ada dihasilkan dari pengapian gas Xenon yang berada di dalam tabung.

Meskipun tanpa filamen, lampu jenis ini memiliki intensitas cahaya yang lebih terang dan ketahanan lebih lama tanpa membutuhkan watt yang tinggi dibanding lampu halogen. Normalnya sebuah lampu HID memiliki daya 35 watt. Tetapi sayangnya, penggantian lampu jenis ini membutuhkan arus listrik yang berbeda, sehingga prosesnya agak rumit karena harus menggunakan ballast untuk menyeimbangkannya.

Banyak masyarakat yang menggunakan lampu HID sebagai bohlam lampu utamanya. Lampu HID sendiri adalah lampu dengan nyala yang sangat terang seperti sinar matahari. Karena terangnya itu, menurut Divisi Humas Polri, lampu ini bisa membahayakan pengendara maupun kendaraan lain yang ada di depan. Penggunaan lampu mobil ini pun pada dasarnya telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 pasal 23 dan 24. Dalam peraturan tersebut, telah jelas disebutkan jenis bahkan jarak pemasangan lampu secara detail.

Penggunaan lampu mobil high intensity discharge (HID), yang konon memiliki sinar putih memang bisa membuat tampilan kendaraan Sahabat Garasi lebih mewah. Namun perlu diingat, pada saat musim hujan penggunaan lampu mobil HID justru bisa berbahaya loh Sahabat Garasi. Meski terlihat terang dalam cuaca panas, namun ketika berkendara di bawah guyuran hujan, sinar putih HID justru lemah. Artinya, pancaran sinar tidak sanggup menembus derasnya hujan yang menurunkan visibilitas pengendara.

Cahaya putih pada lampu mobil HID memiliki sifat buruk karena memantulkan cahaya saat hujan. Mobil yang menggunakan lampu mobil HID ketika mobil tersebut menerobos hujan atau kabut, sinar putih yang keluar dari lampu utama akan memantul seperti cermin sehingga cahaya tidak fokus dan membuat jarak pandang terganggu.

Baca Juga: Yuk, Kenali Jenis Ban Untuk Mobil Yang Sering Digunakan!

Jenis Lampu Mobil: High Emitting Diodes (LED)

Jenis Lampu Mobil
Jenis Lampu Mobil (Sumber Gambar: Google)

Jenis lampu selanjutnya adalah jenis lampu yang belakang ini juga semakin populer yaitu, high emitting diodes atau biasa disebut dengan lampu LED. Lampu LED sudah lama dikenal sebagai lampu penerang dalam ruangan. Pada kendaraan bermotor, lampu jenis ini biasa digunakan untuk rem dan juga pada plat motor.

Namun, saat ini sudah banyak digunakan sebagai lampu utama berkat teknologi yang semakin berkembang. Lampu LED mobil ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya, dengan daya yang lebih kecil, intensitas cahaya yang dihasilkan jauh lebih terang dan kuat, dibandingkan dengan lampu HID. Lampu ini juga mempunyai ketahanan yang lebih baik, sehingga cenderung tahan lama.

Alasan lampu ini banyak digunakan, karena dalam pemasangannya tidak ribet, tidak membutuhkan ballast pada pemasangannya. Namun demikian, untuk pemasangannya membutuhkan penambahan relay dan conversion kit yang biasanya sudah merupakan satu paket dalam pembelian lampu LED. Di pasaran lampu LED masih dibagi dalam beberapa jenis. Tepatnya ada tida jenis lampu LED yangdigunakan sebagai lampu mobil. Jenis lampu LED tersebut adalah sebagai berikut.

Selain itu, perlu diketahui bahwa lampu jenis ini memiliki beberapa kekurangan. Salah sau kekurangannya yaitu terletak pada harganya yang terbilang cukup tinggi hanya untuk sebuah lampu saja. Tentu beberapa orang mungkin akan memikirkan ulang untuk membeli lampu HID untuk mobil mereka.

Kekurangan selanjutnya adalh, cahay tidak cukup terang saat terjadinya hujan. Meskipun penerangan yang dihasilkan lampu HID cukup terang, namun hal ini akan berbeda jika digunakan berkendara saat hujan. Hal ini karena nyala lampu yang tidak terang saat kondisi hujan ataupun tidak dapat menembus hujan di jalanan.

Baca Juga: Ganti Ban Mobil: 5 Ciri- Ciri Ban Mobil Harus Segera Diganti

Jenis Lampu Mobil LED Lumiled

Jenis lampu mobil LED Lumiled merupakan divisi khusus pengembangan lampu LED berdaya tinggi dan merupakan anak perusahaan dari Phillips. Jenis lampu mobil LED ini jamak digunakan sebagai lampu utama dalam dunia otomotif. Biasanya digunakan sebagai lampu utama karena memiliki daya yang tinggi.

Jenis Lampu Mobil LED Cree

Jenis lampu mobil ini merupakan salah satu jenis dari lampu tambahan berupa LED yang tersusun sesuai kebutuhan dan kapasitas dilengkapi modul di dalamnya. Biasanya LED Cree Biasanya digunakan sebagai lampu utama karena memiliki daya yang tinggi.

Jenis Lampu Mobil LED COB

Sesuai namanya COB (Chip On Board), jenis lampu ini merupakan susunan deretan chips dalam satu papan, dan biasa digunakan sebagai lampu kabin platform. LED yang satu ini lebih sering digunakan sebagai pengganti lampu.

Tiga jenis lampu diatas merupakan jenis lampu mobil yang sering digunakan. Nmaun, apabila Anda ingin menganti mobil Anda dengan jenis lampu yang berbeda dari pabrik, maka pastikan terlebih dahulu bahwa jenis tersebut aman untuk mobil Anda dan tidak membahayakan.

Baca Juga: Merawat Ban Mobil: Tips Mudah Melakukannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *