Helm merupakan salah satu alat keamanan yang harus digunakan oleh pengendara sepeda motor. Di pasaran sendiri, tidak hanya ada berbagai merk helm, namun juga jenis helm sendiri juga banyak. Sehingga, kita perlu diperhatikan penggunaan jenis helm sesuai dengan fungsinya.

Fungsi utama helm sendiri adalah untuk melindungi bagian kepala saat terjadi kecelakaan. Selain itu, helm juga melindungi bagian wajah saat berkendara dari terpaan angin yang kencang. helm juga menjaga pandangan dari berbagai gangguan saat mengendarai kendaraan bermotor.

Dengan fungsi yang sangat penting bagi pengendara sepeda motor, maka, produsen helm memproduksi berbagai jenis dan tipe sesuai perkembangan zaman yang disesuaikan dengan keinginan pengendara motor. Sebab, saat ini helm juga menjadi aksesoris yang mempunyai trendnya sendiri tanpa meninggalkan fungsi utamannya.

Berikut adalah uasan mengenai jenis helm yang perlu kalian ketahui. Sehingga, akan sesuai dengan kebutuhan untuk berkendara.

Jenis Helm: Full Face

Helm full face merupakan helm yang sudah tidak asing bukan ditelinga pegendara sepeda motor. Mungkin saat kalian membeli helm, penjual akan menanyakan helm full face atau half face, bukan? Ya, helm yang satu ini sangat direkomendasikan untuk kalian yang suka berpergian jauh menggunakan sepeda motor. Hal ini karena jauh lebih aman dan nyaman untuk pegendara.

Jenis Helm
Jenis Helm (Sumber Gambar: Google)

Tampilan dari helm full face ini sendiri menutup seluruh wajah pengguna. Bahkan mencapai sebagian leher juga akan tertutupi oleh helm full face ini. Helm ini dilengkapi dengan pelindung di bagian dagu dan pipi. Sehingga, tidak hanya melindungi bagian kepala namun juga dapat melindungi bagian rahang secara maksimal.

Selain itu, helm full face juga memiliki ventilasi. Hal ini untuk mencegah terjadinya pengap dan kurang nyaman bagi pengguna. Mengingat helm full face memiliki bentuk yang sangat tertutup. Selain itu, helm full face yang satu ini dengan fitur sponge yang menyerap keringat dan tahan bau agar helm ini bisa tetap nyaman digunakan walau dalam keadaan terik matahari.

Jenis Helm: Half Face

Helm half face menjadi jeis lain dari helm. Helm yang satu ini juga pasti sudah familiar di telinga pengguna sepeda motor buka,bukan? Tidak hanya familiar, namun juga sebagian banyak pengguna sepeda motor juga menggunakan helm jenis ini. Jika, helm full face memberikan perlindungan maksimal pada bagian kepala dan rahang, hem half face ini lebih berfokus dalam perlindungan bagian kepala saja. Sehingga, perhatikan material helm sebelum kalian membeli helm jenis ini.

Selain itu pastikan material yang dipakai cukup kuat terhadap benturan. Pastikan juga busa di bagian dalam yang juga wajib empuk. Meskipun helm ini tidak memberikan perlindungan maksimal pada bagian muut dan rahang, namun helm ini sering menjadi helm standar yang diberikan pabrikan sepeda motor saat Anda membeli motor baru.

Keunggulan lain dari helm yang satu ini adalah mudah untuk dilepas dan dipakai. Sehingga, tipe helm yang satu ini dapat digunakan untuk berkendara jarak jauh maupun dekat.

Jenis Helm: Open Face

Helm yang selanjutnya merupakan helm yang cukup modis. Sehingga tidak jarang helm yang satu ini selalu menjadi trend di kalangan pengguna sepeda motor. Helm open face sangat cocok apabila digunakan dnegan menggunakan dengan motor jenis klasik, baik yang matik atau yang manual. Bagian yang paling menarik dari jenis helm ini adalah penuh dengan motif dan banyak aksesorinya. Selain itu, kaca pada helm juga daoat dipasang dengan berbagai variasi. Maka tidak heran bukan, jika helm open facee menjadi favorite dikalangan pengendara sepeda motor.

Baca Juga: 5 Cara Memakai Sabuk Pengaman: Fitur Keamanan Pada Mobil

Dikarenakan helm ini tidak terdapat pelindung dagu pada helm ini. Seperti namanya, helm ini akan membiarkan wajah anda terbuka dengan bebas. Maka, jenis yang satu ini hanya memberikan perlindungan pada area kepla terutama bagian vital. Karena hanya terdapat visor di bagian depan saja, helm ini sering dikeluhkan karena bisa membuat wajah tetap kotor. Di sisi lain, helm ini lebih ringan dibandingkan dengan jenis helm yang lain. Bagi anda para pemula yang baru menggunakan helm, bisa mencoba menggunakan helm open face terlebih dahulu. Helm open face juga biasa disebut dengan helm 3/4. Jadi, jika ada penjual yang menawarkan helm ¾, jangan bingung ya?

Jenis Helm: Shorty

Jenis helm yang terakhir merupakan helm yang tidak dianjurkan untuk dipilih dari jenis- jenis helm sebelumnya, apalagi untuk berpergian jauh. Sebab, helm shorty memiliki bentuk yang hanya nempel di kepala. Sehingga, fungsinya untuk melindungi bagian kepala yang paling atas. Sehingga, helm shorty dianggap kurang maksimal dalam melindungi bagian kepala secara optimal. Penggunaan helm ini sangat populer pada tempo dulu khususnya untuk pengendara motor bebek atau naked bike klasik. Selain itu beberapa pengendara moge (motor gede) biasanya juga suka memakai helm jenis ini.

Jenis Helm
Jenis Helm (Sumber Gambar: Google)

Dikarenakan bentuknya yang sederhana biasanya hel short terbuat dari material yang sangat keras. Selain itu, kalian yang menggunakan helm yang satu ini disarankan untuk memakai pakai buff atau pelindung mulut dan hidung untuk mencegah polusi terhirup langsung.

Jenis Helm: Cross

Jenis helm terakhir yang akan kita bahas mungkin akan sedikit berbeda. Jika jenis- jenis dari helm sebelumnya umum digunakan untuk motor jenis apapun. Berbeda dengan helm yang satu ini, dimana digunakan khusus untuk pengguna motor trail. Sehingga, helm ini tidak dianjurkan untuk digunakan di jalan raya, apalagi untuk mengebut. Sebab, helm yang satu ini memiliki bentuk aerodinamis. Dimana saat kecepatan tinggi dan angin kencang helm ini cukupmembahayakan pengendaranya, karena angin akan terasa menekan kepala anda dari depan hingga bisa saja anda jatuh terpental ke belakang.

Cross Helmet mempunyai bentuk yang sangat khas dengan penutup di bagian atas seperti topi dan bagian pelindung dagu yang lebih panjang. Keamanan memang jadi yang dikedepankan dari helm ini karena memang biasa digunakan di jalanan tanah dan bebatuan.

Baca Juga: Fungsi dan Jenis Kaca Spion Mobil yang Penting Untuk Diketahui

Itulah beberapa jenis helm yang perlu kalian ketahui fungsi dan jenisnya. Sehingga, kalian tidak salah dalam memilih jenis helm. Sebenarnya masih ada beberapa jenis helm di pasaran. Seperti helm kustom. Namun, secara umum helm yang dapat digunakan untuk kendaraan jenis apapun adalah beberapa jenis helm diatas.

Selain memastikan jenis helm yang sesuai dengan penggunaan, kalian juga harus memastikan bahwa helm kalian telah sesuai standar yang ditentukan. Baik untuk mode maupun bahan material helm itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *